Benarkah Hagia Sophia Akan Diubah Kembali Menjadi Masjid?

Benarkah Hagia Sophia Akan Diubah Kembali Menjadi Masjid?

Hagia Sophia yang selama ini kita kenal sebagai Museum, kini akan dirubah kembali menjadi sebuah Masjid. Kabar mengejutkan ini dinyatakan langsung oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Hal ini sontak menjadi perbincangan di khalayak ramai. Lalu, apa alasan yang dimiliki oleh Pemerintahan Turki, sehingga mengeluarkan pernyataan tersebut? Yuk simak info selengkapnya di artikel berikut..

Sejarah Pembangunan Hagia Sophia

Sebelum ditetapkan menjadi sebuah Museum, tahukah kalian jika Hagia Sophia dulunya adalah sebuah Gereja yang dibangun pada masa pemerintahan Kaisar Konstantius II. Akan tetapi, sejak adanya peperangan yang kemudian dimenangkan oleh Sultan Al Fatih atau Sultan Mehmet II, Hagia Sophia pun dirubah fungsi menjadi sebuah Masjid.

Namun pada masa pemerintahan Mustafa Kemal Attaturk pada tahun 1935, Hagia Sophia dialih fungsikan menjadi sebuah museum yang terbuka untuk umum. Dan ditetapkan juga oleh UNESCO sebagai warisan kesenian dunia pada tahun 1985.

Alasan Dikembalikan Menjadi Masjid

Pada Kamis, 28 Maret yang lalu Presiden Turki menyatakan jika “Hagia Sophia tidak akan lagi disebut museum. Status itu akan dicabut. Kita akan menyatakan Hagia Sophia adalah Masjid. Mereka yang berkunjung ke Hagia Sophia akan datang ke sebuah Masjid. “

Alasan yang membuat Erdogan mengambil keputusan tersebut, yaitu karena menurut dia membuat bangunan bersejarah itu sebagai museum adalah langkah yang keliru. Kemudian, sumber lain juga menyatakan jika keputusan ini diambil atas dasar permintaan rakyat.

Baca juga :

Fakta Menarik Masjid Biru (Blue Mosque) Turki yang Perlu Kita Tahu

Cek Pilihan Paket dan Objek Wisata Apa Saja Jika Berkunjung ke Selat Bosphorus

Keindahan Hagia Sophia

Sampai saat ini, Hagia Sophia tetap menjadi salah satu objek wisata yang terkenal di Istanbul. Lokasinya berseberangan dengan Masjid Biru (Blue Mosque). Museum ini dibuka mulai dari pukul 09.00 sampai pkl 19.00 waktu setempat. Sedangkan untuk tiket masuknya sekitar 60 TL (Lira Turki) atau 155 ribu.

Nah untuk pengunjung yang ingin naik ke lantai dua, harga tiketnya berbeda yaitu 300 ribu. Harga tiket 300 ribu itu bisa digunakan untuk memasuki banyak museum dan berlaku selama lima hari. Usahakan datang di pagi hari sebelum terlalu ramai wisatawan atau bisa juga pada sore hari saat hagia Sophia sepi oleh pengunjung.

Bagi sahabat yang tertarik untuk menjelajah PERADABAN ISLAM di Turki, yukk buruan segera daftar ke Rihaal Umroh & Edukasi. Ada banyak pilihan Trip Turki yang bisa anda temukan. Umroh Plus Turki, Trip Turki-Bursa, Trip Turki-Cappadocia, Trip Turki-Istanbul, dan lainnya..

 

sumber : CNN Indonesia

264 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini