Begini Pemandangan Rumah Nabi Muhammad Zaman Dahulu

Begini Pemandangan Rumah Nabi Muhammad Zaman Dahulu

Sobat Rihaal – Kali ini mimin akan bercerita mengenai salah satu destinasi wisata di Madinah yang bisa jamaah kunjungi saat berangkat umroh bersama Rihaal. Ialah Muhammad The Messenger of Allah Exhibition. Sebuah museum Rasulullah yang lokasinya berada tidak jauh dari pintu gerbang no.8 Masjid Nabawi. Museum ini buka setiap hari dari pukul 08.00-12.00 kemudian istirahat dan buka kembali pukul 16.30-20.00. Penasaran? Yuk simak cerita mimin…

Mengenal Museum Rasulullah

Banyak cara untuk mempelajari kisah Nabi Muhammad SAW. Selain dengan membaca literatur dari berbagai sumber terpercaya, kita juga dapat berkunjung ke museum. Di dalam Museum Nabi Muhammad ini tersimpan diorama yang menggambarkan kehidupan Rasulullah dalam setiap fasenya.

Untuk masuk ke dalam museum, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Saat berada dalam museum, pengunjung juga akan ditemani oleh seorang tour guide yang biasanya berbicara dalam bahasa inggris. Atau jika jamaah pergi umroh dengan Rihaal, anda tidak perlu khawatir karna Insha Allah muthawwif kami yang akan menjelaskan setiap diorama dan sejarahnya.

Pembentukan Museum Rasulullah

Dalam membuat Museum Nabi Muhammad tentu saja tidak sembarangan. Museum ini dikelola oleh Al Madinah Al Munawwarah Research & Studies Center. Jadi, semuanya sudah melalui riset dan kajian mendalam, bukan asal-asalan. Museum Nabi Muhammad menjelaskan segala sesuatu tentang Rasulullah. Akan tetapi, tidak ada barang atau artefak peninggalan Rasulullah yang dipajang di sini. Yang ditampilkan lebih kepada gambar dan beberapa diorama bersejarah.

Rute Perjalanan dalam Museum

Sobat Rihaal, pertama kita akan diajak mengenal biografi dan perjalanan hidup Nabi Muhammad yang disusun dari aneka catatan sejarah dan literatur. Mulai dari garis keturunan Nabi Ibrahim, sampai kisah hijrahnya.

  • Melihat Rumah Nabi Muhammad

Sobat penasaran seperti apakah tempat tinggal Nabi Muhammad? Rumah beliau ternyata adalah sebuah bangunan persegi panjang yang berada di atas hamparan padang pasir yang gersang. Bangunan sederhana dengan bahan tanah liat dan memanfaatkan pelepah kurma sebagai atapnya. Ukuran rumah beliau sekitar 8 x 4 meter. Rumah nabi hanya terbagi dalam dua ruangan. Ruangan pertama memiliki luas 5×4 meter yang digunakan sebagai ruang sitirahat sekaligus ruang serbaguna. Satu ruang yang lain digunakan untuk halaman rumah.

  • Melihat Bangunan Masjid Nabawi Zaman Dahulu

Tidak jauh dari diorama rumah Nabi Muhammad, terdapat diorama Masjid Nabawi. Dari sini kita dapat melihat jika dahulu, bangunan Masjid nabawi sangat sederhana. Hanya berupa bangunan kotak seperti benteng dengan tembok setinggi pagar. Masjid ini juga hanya berlantaikan tanah.

Di bagian depan terdapat atap yang terbuat dari daun kurma. Sedangkan batang penyangganya terbuat dari batang pohon kurma. Bagian masjid yang beratap adalah bagian terdepan dari syaf, da nada juga sebuah mimbar sederhana untuk Nabi Muhammad.

  • Melihat Kondisi Madinah di Zaman Nabi Muhammad SAW

Di dalam museum terdapat maket besar yang menggambarkan tentang kondisi dan kehidupan Madinah di saat zaman nabi dahulu. Dari maket ini, kita bisa melihat beberapa lokasi seperti letak rumah para sahabat. Dan menurut penelitian, luas kota Madinah dahulu adalah seluas Masjid Nabawi hari ini. Bisa dibayangkan perbedaan yang sangat besar jika dibandingkan dengan kondisi Madinah saat ini.

  • Mengenal Asmaul Husna

Lewat museum ini kita tidak hanya belajar tentang kisah Nabi Muhammad, tetapi juga pengetahuan lain seperti Asmaul Husna. Seperti yang kita ketahui, jika Asmaul Husna adalah 99 nama Allah yang menggambarkan keagungan dan kebesaran Allah SWT.

Baca juga:

Marwan bin Muhammad, Khalifah Terakhir Dinasti Umayyah

Di Tempat Ini Aku Mengenang Kesaksian Kenabian Rasulullah SAW

Info Paket Umroh & Wisata

8,094 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini