Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajak Anak Pergi Umroh

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengajak Anak Pergi Umroh

Sobat Rihaal – Menyenangkan sekali ya melihat fenomena banyaknya orang tua yang mulai sadar memperkenalkan dan megajarkan anak untuk rajin beribadah sedini mungkin. Menurut kami sih, salah satu cara agar anak mengalami langsung bagaimana proses beribadah adalah dengan mengajak mereka pergi umroh bersama, ya gak? hihi. Tapi, tak dipungkiri masih ada beberapa ayah dan bunda yang khawatir untuk membawa anak pergi umroh karena harus melalui perjalanan jauh dan cukup panjang. Hmmm kira-kira apa yang harus dilakukan ya? Yuk simak tips dari kami untuk para ayah dan bunda yang ingin mengajak anak berangkat umroh…

  1. Waktu untuk berangkat umroh

Untuk para ayah dan bunda yang berniat mengajak si kecil berangkat ke Tanah Suci, sebaiknya ayah dan bunda cari tahu dulu kira-kira kapan bulan yang tepat untuk melaksanakan umroh. Saran kami, saat low season adalah waktu yang tepat karena jamaah tidak terlalu ramai sehingga si kecil tidak perlu berdesak-desakan. Sekitar bulan Syawal biasanya kondisi Tanah suci jauh lebih lenggang dari pada bulan-bulan lainnya. Begitu pula saat musim haji telah berakhir. Ayah dan bunda dapat memanfaatkan momen ini untuk beribadah dengan nyaman tanpa berdesak-desakan dengan banyak jamaah lain.

Kemudian perhatikan juga musim yang sedang berlangsung di Arab Saudi pada saat itu. Berhubung Arab Saudi memiliki iklim yang sangat berbeda dengan tanah air. Maka kami menyarankan bulan Maret hingga Mei adalah waktu yang tepat untuk mengajak si kecil karena cuaca di Arab Saudi pada bulan-bulan tersebut tidak terlalu berbeda dengan di Tanag Air, tidak terlalu panas ataupun dingin.

  1. Kondisi kesehatan anak

Terkait dengan kondisi udara di Tanah Suci yang cukup ekstrim, maka kita perlu melakukan pengecekan terhadap kesehatan sang anak sebelum berangkat. Berhubung tingkat daya tahan tubuh setiap anak itu berbeda-beda, maka pastikan ayah dan bunda memantau apakah si kecil sudah mampu diajak berpergian jauh.

Selain itu si kecil juga wajib untuk diberi vaksin meningitis yang disyaratkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Menurut BabyCenter Medical Advisory Board, vaksin meningitis biasanya diberikan pada anak berusia 11-12 tahun. Akan tetapi jika ayah dan bunda ingin mengajak bayi ataupun anak usia lainnya, pemberian vaksin meningitis juga sangat direkomendasikan. Dengan catatan si kecil harus dalam kondisi sehat ya, jadi bila anak sedang sakit sebaiknya tunggu sampai ia sembuh total untuk mendapatkan vaksinnya tersebut.

  1. Syarat dan kelengkapan umroh

Seperti calon jamaah umroh dewasa lainnya, jamaah usia anak-anak pun harus disiapkan berbagai kelengkapannya dengan baik. Mulai dari akta kelahiran anak, KTP orang tua, paspor dan visa. Ayah dan bunda bisa mempersiapkan hal ini jauh-jauh hari agar tidak terburu-buru dan tidak kekurangan suatu apapun.

  1. Perlengkapan pribadi anak

Tak dipungkiri setiap anak memiliki keperluan khusus yang berbeda. Ada yang perlu membawa bantal kesayangannya, obat-obat khusus dan lain sebagainya. Oleh karena itu, ayah dan bunda janga lupa membuat list barang bawaan yang dibutuhkan oleh si kecil. Bisa juga membawa mainan kesukaannya agar anak tidak jenuh saat sampai sana. Membawa makanan-makanan yang bergizi dan bervitamin juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Terakhir pastikan si kecil merasa nyaman dan sehat dari berangkat hingga pulang kembali ke Tanah Air ya.

Baca juga:

Umroh Menyenangkan Bersama Anak? Kenapa Tidak? Catat Tipsnya!\

Enam Nasihat Luqman Al-Hakim Kepada Anaknya

CARA MUDAH MENANAMKAN DISIPLIN KEPADA ANAK

Nah, berikut tadi adalah tips untuk ayah dan bunda yang ingin mengajak anak ikut serta ibadah umroh. Jadi bagaimana apakah ayah dan bunda masih ragu untuk membawa anak ke Tanah Suci? Semoga tips dari kami dapat membantu ya. Semoga kita juga semua diberikan kesehatan dan kemudahan untuk segera berkunjung ke Baitullah ya, aaamiiin…

Info Paket Umroh & Wisata

1,779 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini