Beberapa Fakta Tentang Ka’bah yang Sebaiknya Kamu Ketahui

Beberapa Fakta Tentang Ka’bah yang Sebaiknya Kamu Ketahui

Sobat Rihaal –  Tidak ada tempat lain di muka bumi ini yang sakral, sentral, dan dihormati oleh umat muslim seperti Kota Makkah. Lembah yang terletak di wilayah Hijaz, Arab Saudi, ini merupakan salah tempat paling terkenal di muka bumi. Jika berbicara tentang kota Makkah, tak lengkap rasanya jika kita tidak membahas tentang Ka’bah yang merupakah pusat dari kota Makkah. 

Setiap hari hampir milyaran umat muslim menghadap ke arah Ka’bah untuk menunaikan sholat fardhu. Sebagai umat muslim  dapat dipastikan kita memajang foto Ka’bah di dinding rumah dan berharap suatu saat dapat melihatnya secara langsung. Akan tetapi, sebenarnya apakah kita benar-benar mengetahui tentang bangunan suci berbentuk kubus yang terletak di tengah-tengah Masjidil Haram di Makkah ini? 

Fakta Ka’bah yang Tidak Banyak Diketahui 

1. Ka’bah Tidak Pernah Dirancang dalam Bentuk Kubus

Tahukah sobat, sebenarnya dulu Ka’bah tidak pernah dirancang dalam bentuk kubus lho! Dimensi asli Ka’bah sebenarnya hanya mencakup daerah setengah lingkaran yang dikenal sebagai Hijr Ismail.

Ketika Ka’bah dibangun kembali, beberapa tahun sebelum Nabi menerima wahyu pertama, tokoh-tokoh Quraisy sepakat hanya menggunakan penghasilan dari sumber-sumber yang halal untuk menyelesaikan pembangunannya, tidak ada uang dari hasil judi, penjarahan, prostitusi, riba dan lain-lain. 

Pada saat itu masyarakat Quraisy yang hidup di masa Jahiliyah, tidak mampu mengumpulkan uang bersih selain dari perbuatan dosa, padahal mereka hidup di kota perdagangan yang sangat kaya. Mereka tidak mampu membangun kembali Ka’bah ke ukuran dan bentuk aslinya. Oleh karena Mereka memutuskan membangun versi yang lebih kecil dari Ka’bah dan menempatkan dinding bata lumpur yang disebut Hijr Ismail. 

Sebenarnya menjelang akhir hidup Nabi Muhammad SAW, beliau bermaksud membangun kembali Ka’bah di atas pondasi aslinya, tetapi takdir berkata lain dan beliau meninggal sebelum bisa memenuhi keinginannya.

2. Dulunya Ka’bah Terbuka untuk Semua Orang

Mungkin banyak dari kita yang bertanya-tanya sebenarnya apa sih yang ada di dalam Ka’bah? Mengapa kita hanya bisa melihat Kiswahnya dari luar saja?

Tahukah sobat, dulunya Ka’bah asli memiliki dua pintu; satu untuk masuk dan lainnya untuk keluar. Selain itu, terdapat juga satu jendela di salah satu sisinya. Akan tetapi renovasi yang terjadi membuat Ka’bah yang sekaharang hanya memiliki satu pintu dan tidak ada jendela sama sekali.

Mengungkap cerita dari salah satu orang yang beruntung masuk dan mengabadikannya melalui kamera ponsel, bagian dalam Ka’bah yang sekarang dilapisi oleh marmer di setiap sisi dan kain hijau untuk dinding bagian atas. Di bagian dinding samping terdapat plakat yang berisikan tahun renovasi atau pembangunan kembali Baitullah.

Sebenarnya pada masa lalu, Tempat Suci di Bumi ini digunakan dan dibuka secara dua kali seminggu, lalu setiap orang bisa masuk dan berdoa di dalamnya. Akan tetapi, karena adanya peningkatan pesat jamaah dan beberapa alasan lainnya, kini pihak Arab Saudi hanya membuka Ka’bah selama dua kali dalam setahun untuk para jamaah VIP dan beberapa tamu eksklusif saja.

Baca juga:

Mengenal Berbagai Tempat Mustajab untuk Berdoa di Baitullah

Begini Kondisi di Makkah-Madinah Menjelang Shalat Jumat

Wajib Tahu!! Tips Agar Mudah Menghafal Letak Pintu Masjidil Haram

3. Kiswah Ka’bah yang Berwarna-warni

Jika biasanya kita terbiasa melihat Ka’bah  dalam tampilan Kiswah berwarna hitam dengan pita emas, akan sangat aneh kita membayangkan tampilah Ka’bah dalam warna lain. Sebenarnya tradisi menutup Ka’bah dengan Kiswah berwana hitam baru dimulai pada masa Abbasiyah, sebelum itu dulunya Ka’bah pernah ditutupi dengan Kiswah beberapa warna seperti hijau, merah dan bahkan putih, lho!

4. Ka’bah Dengan Dua Pintu dan Jendela

Hal tersebut berbeda dengan bangunan asli Ka’bah memiliki dua buah pintu lho sobat, satu untuk pintu masuk dan lainnya untuk pintu keluar. Selain itu, dulunya Ka’bah juga memiliki jendela di salah satu sisi yang dipergunakan beberapa waktu. Akan tetapi sekarang, kini hanya ada satu pintu dan tidak ada jendela sama sekali.

5. Melewati Beberapa Kali Proses Pembangunan

Perlu sobat ketahui bangunan Ka’bah saat ini tidak sama dengan yang ada di zaman Nabi Ibrahim AS dan Ismail. Dari waktu ke waktu, diperlukan berbagai pembangunan kembali setelah terjadi kerusakan akibat bencana alam dan perbuatan manusia. Konstruksi utamanya berlangsung selama kehidupan Muhammad (SAW) sebelum beliau menjadi seorang nabi. Di masa itu, kebijakan seorang Muhammad bisa menghindari pertumpahan darah besar. Saat itu Muhammad berpikir cepat tentang bagaimana caranya menempatkan Hajar Aswad (Batu Hitam) dengan menggunakan kain yang setiap ujungnya dipegang oleh pemimpin suku Quraisy yang bertikai.

Sejak peristiwa itu, telah terjadi rata-rata satu rekonstruksi utama setiap beberapa abad. Renovasi terakhir terjadi pada tahun 1996 yang sangat menyeluruh, mengganti banyak batu, kembali memperkuat pondasi dan membangun atap baru. Rekonstruksi terakhir menggunakan teknik modern setelah berabad-abad lamanya yang membuat bangunan lebih aman dan stabil dibandingkan sebelumnya.

Sumber:

  • https://arabnewsnow.com/5-lesser-known-facts-about-kaaba/
  • https://minanews.net/sepuluh-hal-yang-mungkin-tidak-anda-tahu-tentang-kabah/
  • https://muslimmatters.org

Info Paket Umroh & Wisata

472 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini