Arsitektur Kokoh dan Megah Masjid Ayyub Al-Anshari

Arsitektur Kokoh dan Megah Masjid Ayyub Al-Anshari

Sobat Rihaal – Masjid Ayyub Al-Anshari atau Masjid Sultan Ayyub merupakan masjid pertama yang berdiri di Istanbul. Sebuah kompleks masjid yang terletak di luar dinding-dinding kota Konstantinopel, condong ke sudut Eropa dari Istanbul. Masjid Sultan Ayyub terletak di dekat Tanduk Emas, dan selalu ramai tiap Jumat dan bulan Ramadhan, terutama saat senja ketika akan berbuka puasa seperti halnya di masjid daerah kita bukan?

Arsitektur yang Indah

Sobat Rihaal tahu tidak? Masjid tersebut mengusung bangunan kuno namun terlihat kokoh dan megah. Betapa hebatnya arsitek jaman dahulu untuk memperkirakan suatu bangunan padahal masih minim alat bantu seperti layaknya jaman sekarang. Karpet-karpet tebal, lampu gantung, dan kubah arsitektur khas Turki menghiasi bangunan berusia ratusan tahun tersebut. Namun, selain shalat di masjid ini, pengunjung tentu tidak boleh melewatkan kesempatan berziarah ke makam Abu Ayyub yang berada di halaman dalam masjid. Di sana, biasanya banyak pengunjung berkumpul untuk melihat makam sahabat Rasulullah tersebut dari kaca yang disediakan. Bangunan makam Abu Ayyub sendiri sangat kontras dengan masjid, di mana bangunan itu penuh dengan keramik beraneka warna.

Interior megah Masjid Ayyub Al-Anshari Turki (Source : tourketurki.com)

Tidak Dipungut Biaya

Bagusnya lagi, pengunjung masjid tersebut tidak hanya orang muslim aja loh. Orang non muslim juga boleh berkunjung ke masjid tersebut karena masjid itu juga menjadi suatu destinasi wisata di negara Turki. Namun pada saat waktu sholat fardhu, masjid ini tertutup untuk umum. Kunjungan kepada komplek masjid ini tidak dipungut biaya sama sekali, namun jika ada donasi dari para pengunjung akan diterima dengan baik. Betapa bagusnya toleransi yang tumbuh pada negara Turki yaaa.

Terus kalau ada yang berpakaian tidak menutup aurat bagaimana dong???

Info Paket Umroh & Wisata

Tenang, disana sudah tersedia pakaian untuk orang yang tidak menutup aurat kok. Usai mengunjungi masjid, wisatawan dapat mampir ke toko-toko di sekitarnya yang menjual berbagai macam cenderamata. Selain itu, ada kafe-kafe tak jauh dari Masjid Sultan Ayyub yang menyediakan teh khas Turki, menemani wisatawan menikmati pemandangan kompleks Tanduk Emas yang terkenal. Sangat menggoda bukan?

Baca juga :

Menikmati Pesona Indah Galata Bridge Istanbul, Turki

Catat! Tips Liburan Menyenangkan Selama di Istanbul, Turki

Ayo tunggu apalagi, banyakin do’a dan menabung, semoga tidak lama lagi bisa berkunjung dan berziarah ke makam sahabat nabi.

Artikel Ini ditulis oleh Rahmat Kurnia Najich. Mahasiswa Fakultas Dakwah, Program Studi Manajemen Dakwah, Universitas Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta.

99 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini