ARSITEKTUR INDAH MASJID PUTRA, LANDMARK PUTRAJAYA MALAYSIA

ARSITEKTUR INDAH MASJID PUTRA, LANDMARK PUTRAJAYA MALAYSIA

Sahabat Rihaal, Malaysia atau biasa kita kenal dengan Negeri Jiran adalah negara dengan penduduk mayoritas muslim. Biasanya yang kita tahu landmark Malaysia hanya Petronas Twin Towers (KLCC) dan KL Tower. Namun siapa sangka di Kota Putrajaya yang berjarak sekitar 35km dari Kuala Lumpur itu, kita akan menjumpai Masjid Putra yang sangat indah dan menjadi landmark di Putrajaya Malaysia.

Putrajaya, Pusat Administratif Malaysia

Putrajaya adalah pusat administratif Malaysia menggantikan posisi Kuala Lumpur. Sebelumnya Kuala Lumpur adalah ibu kota sekaligus pusat administratif. Namun sejak didirikan 19 Oktober 1995, Putrajaya menjadi pusat administratif. Banyak bangunan pemerintahan di sana. Namun tidak mengubah Kuala Lumpur sebagai ibu kota negara Malaysia.

on pict : jamaah rihaal 11 November 2018

Masjid Putra, Landmark Putrajaya

Ada salah satu hal yang menarik di Putrajaya Malaysia, yaitu adalah bangunan masjid yang indah bernama Masjid Putra. Masjid ini menjadi simbol khas di Putrajaya. Namanya diambil dari Perdana Menteri (PM) Malaysia pertama, Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj. Pembangunan Masjid Putra dimulai pada tahun 1997 dan selesai pada tahun 1999. Letaknya di bibir danau Putra membuatnya tampak seperti terapung diatas danau. Masjid ini juga terletak bersebelahan dengan bangunan Perdana Putra, kantor Perdana Menteri Malaysia.

Baca juga :

Kisah Menyentuh Dibalik Keistimewaan Air Zamzam

Terimakasih Bapak, Karna Engaku Wujudkan Impian Sang Ibu

INI DIA KEUTAMAAN SOLAT DI MASJID QUBA

Arsitektur Masjid Putrajaya

Sebelum memasuki bangunan masjid berkapasitas 15.000 jamaah ini, Sahabat Rihaal akan dihadapkan dengan gerbang yang sangat tinggi dan megah. Arsitektur bercirikan Islam dengan seni kaligrafi yang sangat indah ini dibentuk secara geometris. Gerbangnya mirip seperti gerbang Masjid Raja Hassan II di Casablanca, Maroko. Gerbang tersebut dibuat dengan material granit berwarna merah dengan kayu cengal bercorak cokelat. Hal ini untuk meningkatkan dekoratif pada bagian pintu, jendela, dan panel. Sahabat Rihaal jangan khawatir. Gerbang ini juga dilengkapi ruang informasi dan tangga menuju tempat wudhu di lantai dasar. Jadi tenang nggak akan kesasar pastinya…

Bangunan Masjid didominasi dengan ciri khas warna merah dengan menggabungkan ciri arsitektur modern dengan arsitektur tradisional. Tampak terlihat adopsi percampuran seni arsitektur Persia zaman Kerajaan Safawi dan beberapa elemen yang berasal dari budaya Muslim lainnya.

Nah Sahabaat Rihaal, perjalanan Umroh biasanya akan singgah di Malaysia. Jika ada waktu, Sahabat bisa mengunjungi Masjid Putra di Putrajaya, Malaysia. Jangan lupa siapkan kamera karena banyak spot menarik di sekitar Masjid Putra yaa…

 

writer : Zelvitasanny

sumber : republika.co.id

209 total views, 2 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini