Adakah Hikmah di Balik Fenomena Menyebarnya Virus Corona?

Adakah Hikmah di Balik Fenomena Menyebarnya Virus Corona?

Sahabat Rihaal yang dimuliakan oleh Allah –subhaanahu wata’aalaa-.

Corona, menjadi kata yang selama ini mengisi setiap layar televisi di negara kita. Kata yang membuat bayak negara risih dan khawatir. Bahkan belum lama ini Corona memberikan hadiah besar untuk dunia dengan diterbitkannya darurat global terhadap kata ini. Corona menjadi sebuah momok yang menghantui dunia beberapa waktu kebelakang. Dengan nama Novel Coronavirus (2019-nCov), virus baru ini menjadi penyebab penyakit saluran pernapasan dan masih satu keluarga dengan virus penyebab penyakit SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) atau infeksi saluran pernapasan berat dan MERS (Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus).

Saudi Tutup Sementara Akses Jamaah Umrah

Belum lama ini, setelah sekitar sebulan lebih virus corona tipe baru menyebar hingga ke lebih dari 20 negara. Negara Arab Saudi melalui pernyataan resminya mengeluarkan pelarangan sementara bagi beberapa negara tersebut untuk memasukkan jama’ah umroh ke Arab Saudi dan dari sekian negara tersebut Indonesia termasuk dalam daftar pelarangan itu.

Tentu kita tidak bisa menyalahkan Arab Saudi atas langkah besar yang diambilnya, karena mereka juga sangat memikirkan kondisi di dalam negerinya dari mewabahnya virus corona ini. Dan tentu kita berharap semoga pelarangan sementara ini bisa dicabut secepatnya sehingga para perindu baitullah bisa menebus kerinduannya bersimpuh menyembah Allah -subhaanahu wata’aalaa- ditempat mulia tersebut.

Tapi apakah dengan kejadian ini malah mengendurkan semangat dan azam kita mengunjungi tanah haram? Tentu sebagai orang yang beriman kepada ketentuan dan takdir Allah -azza wa jalla– hal tersebut tidak akan menyurutkan niat kita, dengan berbekal firman -subhaanahu wata’aalaa-  :

مَا أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِّن قَبْلِ أَن نَّبْرَأَهَا ۚ إِنَّ ذَٰلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ

“Dan tidaklah musibah yang menimpa muka bumi dan yang menimpa diri kalian melainkan Allah sudah tertulis didalam kitab (lauhul mahfuzh) sesungguhnya itu semua bagi Allah merupakan hal yang mudah” (Q.S Al-Hadid : 22).

Seharusnya kita sebagai seorang mukmin menganggap hal ini adalah mendung gelap yang akan hilang berganti mentari cerah bersinar dibaliknya. Bahkan fenomena corona ini bisa menjadi berkah yang tidak menambah apapun kecuali kebaikan diatas kebaikan bagi kita semua. Karena bukankah Allah memiliki sifat al hakim (الحكيم) yang berarti Dzat Yang Memiliki Hikmah?! Yang semakin meyakinkan kita bahwa ada pelajaran yang bisa diambil dari fenomena corona ini.

Baca Juga

Empat Golongan Manusia Ketika Menghadapi Musibah

Mari Menyambung Ukhuwah, Agar Lebih Dekat dengan Baitullah

4 Hal Yang Perlu Kita Lakukan, Tatkala Musibah Datang Menimpa

Mengambil Hikmah dan Berbaik Sangka Pada Allah

Bisa jadi Allah -subhaanahu wata’aalaa- ingin kita semua menahan rindu lebih lama lagi sehingga pertemuan dengan ka’bah nantinya menjadi sebuah perjalanan yang sangat berkesan karena sebelumnya kita ditempa dengan hal yang mengasah kesabaran kita lebih tajam lagi. Atau bisa jadi Allah menjadikan Corona yang membuat takut sebagian besar manusia ini malah menjadi perantara bagi kita untuk lebih berserah diri kepadaNya, dan hanya menyandarkan rasa takut dan khawatir hanya kepadaNya.

Dan kalaupun amat sulit kita mencari hikmah dan pelajaran dari ini semua, maka cukuplah bagi kita untuk berhusnuzhon atau berbaik sangka kepada Allah -Subhaanahu Wata’aalaa- bahwa dibalik ini semua ada mutiara hikmah dan pelajaran yang bisa kita jadikan sebagai penambah keimanan kita.

Sayyidul Anbiyaa Muhammad –shollallahu ‘alaihi wa sallam- :

لَا يَمُوتَنَّ أَحَدُكُم إِلَّا وَهُوَ يُحسِنُ الظَّنِّ بِاللهِ عزَّ وَجَلَّ

“Janganlah salah satu kalian mati kecuali dia dalam keadaan berbaik sangka kepada Allah azza wa jalla” (H.R. Muslim).

Oleh karena itu sahabat rihaal, mari kita terus bersemangat dan berdoa semoga Allah memudahkan niat dan usaha yang kita lakukan, sehingga saat musibah ini berlalu, kerinduan yang begitu besar bisa kita curahkan kepada Allah –shollallahu ‘alaihi wa sallam- di rumahNya yang senantiasa kita muliakan, dan semoga Allah menjaga kita semua dari segala musibah. Aamiin yaa robbal ‘aalamiin.

Info Paket Umroh & Wisata

2,047 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini