Tak Berkategori

Mempelajari Kota Thaif dan Sejarah Nabi Muhammad ﷺ Di Thaif

Mempelajari Kota Thaif dan Sejarah Nabi Muhammad ﷺ Di Thaif

Pengenalan Kota Thaif

Letak kota thaif berada persis di tenggara kota Mekkah, dan kota thaif merupakan kota yang berada di provinsi Mekkah.

Hari ini kota tersebut seringkali dijadikan sebagai destinasi dalam serangkaian perjalanan ibadah umroh. Yang mana kota thaif itu sendiri berjarak 90 kilo meter dari Masjidil Haram.

Setiap kota pasti memiliki julukan. Kota thaif sendiri memiliki julukan kota mawar karena dikota ini banyak memproduksi bunga mawar.

Kota thaif sendiri berada di wilayah Hijaz dan Suhunya lumayan cukup dingin dikarenakan di wilayah tersebut ada pegunungan Ghazwan.

Sejarah Nabi Muhamad Di Thaif

Jika kita mengulik lebih dalam lagi sejarah kota thaif. Kota ini menjadi tempat perjuangan dari dakwah Nabi Muhammad.

sampai dengan hari ini penduduk di kota thaif adalah bani tsaqif. karena merekalah yang merupakan penduduk asli dari kota thaif ini sejak dulu.

Telah disebutkan juga sejarah perjalanan dakwah Rasulullah di kota thaif dalam Al Quran. Sejarah tersebut disebutkan di dalam az-Zukhruf ayat 31, yang artinya “Dan mereka berkata mengapa Al Quran ini tidak di turunkan kepada seseorang yang besar kepada salah satu dua negeri ( Mekkah Thaif ).”

Tafsir ayat tersebut adalah menjelaskan tentang keangkuhan orang orang musyrik, yang mempertanyakan apakah Al Quran benar datangnya dari Allah Lantas mengapa tidak diturunkan kepada kaum orang orang yang besar dari kota Mekkah atau Thaif, Malah justru Al Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad yang mana beliau mempunyai kehidupan yang sangat sederhana dan juga yatim piatu.

Berawal dari Nabi Muhammad ditinggal kan dua orang tersayang yaitu Abu Thalib (pamannya) dan Siti Khadijah (istrinya) pada tahun kesepuluh masa kenabian

Melihat keadaan Rasulullah dalam keadaan lemah orang orang kafir quraisy di mekkah semakin leluasa dan semena mena melakukan penganiayaan terhadap Rasulullah dan juga umat islam pada saat itu.

Baca juga : https://sekolahumroh.com/layanan-visa-transit-arab-saudi-untuk-umroh/

Nah dari situ Nabi Muhammad memutuskan untuk berhijrah dari Mekkah ke Thaif agar dakwah nya terlindungi dan terbantu oleh Bani Tsaqif. yang mana Rasulullah memilih kota tersebut bukan tanpa alasan yaitu karena masih mempunyai hubungan keluarga dari ibu beliau (Ummu Hasyim Atikah binti Abdul Manaf) dan juga dengan beberapa orang Bani Tsaqif yang akan membantu Nabi Muhammad dalam menyebarkan dakwah islam di kota thaif.

Kesimpulan

Itulah bahasan yang bisa kita pahami terkait mempelajari kota thaif dan juga sejarah penyebaran dakwah Nabi Muhammad yang pada saat itu hijrah ke kota tersebut dengan tujuan menyebarkan agama islam. Semoga Bermanfaat.

Sumber : https://umroh360.com/blog/mengenal-kota-thaif-dan-sejarah-nabi-muhammad-di-thaif

Penulis : Mohammad Dzilli Assajad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *