5 Tanda Jika Seseorang Memperoleh Predikat Haji Mabrur

5 Tanda Jika Seseorang Memperoleh Predikat Haji Mabrur
Doa Dari Al-Qur’an Agar Cepat Naik Haji

Sahabat, para calon Tamu Allah mulai diberangkatkan ke Tanah Suci. Setiap tahun jutaan kaum Muslimin dari seluruh penjuru dunia berkumpul di Tanah Suci Makkah untuk mengikuti rangkaian pelaksanaan ibadah haji. Peristiwa itu menjadi momentum paling dinanti-nanti oleh setiap jamaah. Yang pasti mereka semua berharap semoga haji mereka diterima oleh Allah SWT. Lantas, apa saja tanda jika haji kita mabrur? Yuk simak info berikut.

Rasulullah SAW pernah bersabda kepada para sahabat dan umatnya kala itu, “Ikutilah cara ibadah hajiku.”. Cara ibadah haji Rasulullah itu sudah barang tentu merupakan tuntunan paling afdal bagi umat Islam dalam melaksanakan ibadah haji.

Pengertian Haji Mabrur

Haji mabrur menurut bahasa adalah yang baik atau yang diterima oleh Allah SWT. Sedangkan menurut istilah syar’i, haji mabrur ialah haji yang dilaksanakan sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasul-Nya, dengan memperhatikan berbagai syarat, rukun, dan wajib, serta menghindari hal-hal yang dilarang (muharramat) dengan penuh konsentrasi dan penghayatan semata-mata atas dorongan iman dan mengharap ridha Allah SWT.

Dalam hadits riwayat Bukhari, Rasulullah SAW memberikan penjelasan terkait pahala atau balasan bagi jamaah haji yang mendapatkan predikat mabrur. Yaitu  “Tidak ada balasan (yang pantas diberikan) bagi haji mabrur kecuali surga.” (HR. Bukhari)

Tanda-Tanda Haji Mabrur

Nah, bagaimana mengetahui mabrurnya haji seseorang? Para ulama menyebutkan ada tanda-tanda mabrurnya haji, berdasarkan keterangan Al Qur’an dan Al Hadits, namun itu tidak bisa memberikan kepastian mabrur tidaknya haji seseorang. Di antara tanda-tanda haji mabrur yang telah disebutkan para ulama adalah,

  1. Harta yang Digunakan Adalah Harta yang Halal

Sebagaimana ditegaskan oleh sabda Nabi SAW,

إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّبًا

“Sungguh Allah baik, tidak menerima kecuali yang baik.” (HR. Muslim No. 1015). Maka dapat disimpulkan, jika orang yang ingin hajinya mabrur harus memastikan bahwa seluruh harta yang ia pakai untuk haji adalah harta yang halal. Jika tidak, maka haji mabrur bagi mereka hanya wacana semata.

  1. Amalan-amalannya dilakukan dengan ikhlas dan baik, sesuai dengan tuntunan Nabi SAW.

Paling tidak, rukun-rukun dan kewajibannya harus dijalankan, dan semua larangan harus ditinggalkan. Jika terjadi kesalahan, maka hendaknya segera melakukan penebusan. Kita bisa merenungkan dari perkataan dari Syuraih Al-Qadhi, “Yang (benar-benar) berhaji sedikit, meski jamaah haji banyak. Alangkah banyak orang yang berbuat baik, tapi alangkah sedikit yang ikhlas karena Allah.” (Lathaiful Ma’arif 1/257)

  1. Saat Haji, Banyak Melakukan Amalan Baik

Amalan baik yang dimaksud ialah seperti dzikir, shalat di Masjidil Haram, shalat tepat waktu dan membantu teman seperjalanan. Di antara amalan khusus yang disyariatkan untuk meraih haji mabrur adalah bersedekah dan berkata-kata baik selama haji. Nabi SAW pernah ditanya tentang maksud haji mabrur, maka beliau menjawab

إِطْعَامُ الطَّعَامِ وَطِيبُ الْكَلاَمِ

“Memberi makan dan berkata-kata baik.”

  1. Tidak Berbuat Maksiat Selama Ihram

Berbuat maksiat adalah satu perkara yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Tidak hanya saat haji saja. Di antara yang dilarang selama haji adalah rafats, fusuq dan jidal. Allah berfirman, “(Musim) haji adalah beberapa bulan yang diketahui, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan-bulan itu untuk mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, fusuq dan berbantah-bantahan selama mengerjakan haji.” (QS. Al Baqarah : 197)

  1. Setelah Haji Menjadi Lebih Baik

Salah satu tanda diterimanya amal seseorang di sisi Allah adalah diberikan taufiq untuk melakukan kebaikan lagi setelah amalan tersebut. Sebaliknya, jika setelah beramal saleh melakukan perbuatan buruk, maka itu adalah tanda bahwa Allah tidak menerima amalannya.

Dari semua penjelasan diatas, tetap kualitas haji dari seseorang itu mabrur atau tidak tetap menjadi rahasia dari Allah SWT.

1,390 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini