3 Syarat Agar Ibadah Umroh Diterima – Ust. H. Sholihuddin Al Hafidz

3 Syarat Agar Ibadah Umroh Diterima – Ust. H. Sholihuddin Al Hafidz

Sobat Rihaal, tujuan dari ibadah Haji dan Umroh sejatinya adalah untuk mendidik jiwa manusia menjadi jiwa yang zuhud terhadap dunia dan cinta serta rindu kepada akhirat. Lalu, bagaimana sih agar ibadah kita di tanah suci diterima oleh Allah?

Pertama-tama, hal yang perlu diketahui sebelum melakukan perjalanan ibadah ke tanah suci adalah niat yang lurus. Seperti firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 196 : “Wa atimmul hajja wal ‘umrata lillah“, yang berarti sempurnakanlah haji dan umrah itu karena Allah semata-mata. Dalam ayat tersebut Allah mengakatan agar kita menyempurnakan ibadah haji dan umroh hanya demi mengharap ridho Allah SWT. Oleh karena itu, niat yang lurus karena Allah SWT merupakan bekal utama sebelum kita memutuskan pergi ke tanah suci dan melaksanakan serangkaian ibadah.

Selain meluruskan niat, ada tiga poin penting yang perlu sobat persiapkan sebelum berangkat menuju Baitullah untuk melaksanakan ibadah haji ataupun umr0h menurut Ustadz H. Sholihuddin Al Hafidz. Tiga poin tersebut adalah:

  • Takzim pada Allah SWT

Poin pertama yang bisa kita persiapkan sebelum berangkat menuju Baitullah adalah membiasakan diri untuk mengagungkan Allah SWT dengan berbagai syiar-syiar yang indah. Hal tersebut dilakukan agar jiwa ini terbiasa menyebut dan merayu asma Allah SWT dalam setiap kesempatan, serta mensucikan segala sesuatu yang diagungkan oleh Allah SWT. Selain itu, karena tanah suci adalah tempat yang mustajab untuk berdoa dan beribadah, maka sebaiknya kita terbiasa pula untuk memperbanyak shalat shunah, menyisihkan rejeki untuk bersedekah, merutinkan tilawah Al Qur’an, serta berdzikir dan berdoa.

  • Ridho dan ikhlas dalam melakukan ibadah

Setelah itu, poin kedua adalah menanamkan sikap ridho. Ridho kepada Allah SWT bahwa sesungguhnya segala sesuatu yang terjadi pada diri kita sepenuhnya atas kehendakNya. Tak lupa melatih diri untuk ikhlas dalam melakukan ibadah semata-mata karna Allah Ta’ala. Dengan mempersiapkan sikap yang ridho dan melatih keikhlasan dalam diri, Insya Allah kita akan selalu berusaha yang terbaik saat melakukan ibadah di tanah suci nanti.

  • Yakin akan terkabulnya doa dan terampuninya segala dosa

Selanjutnya setelah melakukan usaha yang terbaik, poin terakhir yang perlu kita persiapkan adalah meyakini bahwa segala ibadah yang kita lakukan di tanah suci adalah ibadah terbaik yang bisa kita persembahkan. Lalu, kita harus meyakini bahwa doa yang kita panjakan di tanah suci akan terkabul dan terampuni pula segala dosa-dosa kita.

Nah, berikut tadi adalah tiga poin yang dapat dipersiapkan agar ibadah umroh kita dapat diridhoi oleh Allah SWT. Semoga kita semua diberikan kesehatan dan kelancaran rejeki agar segera tercapai niat mulia menuju Baitullah. Aamiin ya Rabbal’aalamiin..

Baca Juga:

Tanda-Tanda Umroh dan Haji Mabrur, oleh Ust. Kris Abdurrahman

Amalan Ibadah Umroh yang Perlu Kamu Ketahui

Info Paket Umroh & Wisata

476 kali dilihat, 10 kali dilihat hari ini

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini