Ujian atau Cobaan Adalah Tanda-tanda Kasih Sayang Allah SWT

Ujian atau Cobaan Adalah Tanda-tanda Kasih Sayang Allah SWT

Sahabat, masyarakat Indonesia kembali berduka. Gempa dengan kekuatan 6,4 Skala Richter yang terjadi pada 29 Juli 2018 berhasil mengguncang daerah Nusa Tenggara Barat. Sepekan kemudian, gempa dengan kekuatan lebih besar yaitu 7 SR kembali mengguncang pada Minggu petang, 5 Agustus 2018. Ada puluhan bahkan ratusan korban luka-luka dan meninggal dunia.

Beberapa bala bantuan pun akhirnya berdatangan. Dari mulai komunitas, organisasi masyarakat, dan lain sebagainya. Terlepas dari faktor alam yang menjadikan adanya gempa, kita sebagai masyarakat perlu mengetahui juga, apa makna dibalik peristiwa gempa yang terjadi di Lombok kemarin.

Peristiwa Gempa Dalam Islam

Apabila memang suatu bencana dikaitkan dengan dosa manusia karena banyaknya kemaksiatan yang terjadi, perintah agama yang dilalaikan dan orang-orang miskin yang ditelantarkan, maka Allah berfirman dalam QS. Al-Isra’ : 17 yang berbunyi,

“Jika Kami berkehendak untuk menghancurkan negeri, Kami memerintah orang-orang yang hidup mewah, namun mereka berdurhaka dalam negeri tersebut, maka sudah sepantasnya Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya”

Tetapi, apabila kejadian kemarin dikaitkan dengan gejala alam yang memang harusnya terjadi, maka merujuklah pada hukum alam yang sudah menjadi ketetapan Allah. Allah berfirman, “Dan kamu sangka gunung-gunung itu tetap ada di tempatnya, padahal gunung-gunung itu bergerak seperti awan yang bergerak. Allah telah membuat segala sesuatu dengan kokoh. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Bersegeralah Bertaubat dan Memohon Ampunan pada Allah

Saat terjadi gempa atau bencana lain seperti gerhana, angin ribut dan banjir, hendaklah setiap orang bersegera bertaubat kepada Allah SWT. Merendahkan diri kepada-Nya dan memohon keselamatan dari-Nya. Memperbanyak dzikir dan istighfar (memohon ampunan pada Allah). Rasulullah SAW ketika terjadi gerhana bersabda, “Jika kalian melihat gerhana maka bersegeralah berdzikir kepada Allah, memperbanyak doa dan bacaan istighfar.” (HR. Bukhari dalam Al-Jumu’ah No. 999)

Peristiwa gempa di Lombok memang menimbulkan kesedihan yang mendalam bagi masyarakat Indonesia, khususnya warga Lombok. Tidak hanya sedih karena kehilangan anggota keluarganya, namun juga menimbulkan trauma mendalam bagi setiap korbannya. Oleh karena itulah, bantuan sekecil apapun dari kita, entah itu berupa makanan, uang, pakaian dan fasilitas kesehatan, akan sangat berarti bagi mereka.

Sabar Dalam Ujian

Dan hendaknya, kita juga tidak perlu menghakimi dan membuat spekulasi sendiri tentang apa yang menjadi faktor penyebab gempa. Yang perlu kita lakukan adalah terus berdoa, memohon ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang dilakukan, serta bersabar dalam setiap ujian maupun yang Dia berikan.

“Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangna, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya.” (HR. Muslim no. 2999)

 

248 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini