Turki. Negri Yang Dulu Sempat Ingin Saya Singgahi.

Turki. Negri Yang Dulu Sempat Ingin Saya Singgahi.

Akhir tahun 2013, merupaka tahun dimana saya lulus studi di Al Azhar University, Mesir. Meskipun bukan sebuah pencapaian tertinggi. Tapi saya rasa perlu utk diapresiasi. Akhirnya saya mencoba merancang sendiri perjalanan ke luar negeri sebagai bentuk apresiasi diri. Dan negeri yang saya pilih adalah Turki.

Namun, siapa sangka. Disaat saya sudah merancang itu semua. Orang tua saya meminta saya untuk segera pulang ke Indonesia. Dan akhir tahun 2013 saya kembali Indonesia. Tetapi, Mimpi itu tetap tertanam rapih dalam tumpukan mimpi-mimpi lainnya di dalam benak saya. Hingga akhirnya menjadi nyata. Alhamdulillah, di tahun 2018 ini saya dapat berangkat menuju Turki.

Kejadian Tak Terduga

Ketika berada di Turki, saya dan sahabat saya pernah mengalami dua kali kejadian di mana ada seorang turis yang ditipu oleh penjualnya, dan kejadiannya sama, meski lokasi, korban dan pelakunya berbeda.

Jadi, ketika saya dan teman saya membeli chessnuts di taman dekat dengan Hagia Sophia, masing masing dari kami hanya membeli seberat 100 gr dengan harga 10 TL. Saya kebetulan punya pecahan 10 TL dan sayangnya cuma satu lembar saja. Sedangkan teman saya membayarnya dengan uang 100 TL. Sebelum kami mendapatkan uang kembalian, kami menanyakan harga jajanan lainnya. Tapi kami tidak tertarik. Dan saat kami meminta uang kembalian kepada penjual, mereka bilang uang yang kita  bayarkan pas, dan tidak ada kembalian. Dan hal itu di saksikan dan disetujui oleh pedagang sekitar. Dan meyakinkan kalau yang kita bayarkan pas 10 TL, bukan 100 TL.

Di hari yang sama sahabat saya lainnya mengalami kejadian yang serupa. Tapi saya yakin, tidak semua penjual di Turki demikian. Untuk itu saran dari saya, sebelum belanja jajanan di pinggir jalan, sahabat bisa mempersiapkan uang recehan. Jadi, tidak perlu lagi menggunakan uang pecahan yang besar.

Yaa..mungkin itu sedikit cerita tentang kejadian yang kurang menyenangkan selama di Turki. Tetapi untuk selebihnya, perjalanan kami ke tempat-tempat wisata yang ada di Turki menyenangkan.

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp