Tips Mempersiapkan Anak Sebelum Pergi Umroh

Tips Mempersiapkan Anak Sebelum Pergi Umroh

Sobat Rihaal – Di era sekarang banyak dari orangtua muslim yang ingin mengajarkan pengalaman ibadah sedini mungkin kepada anak-anak mereka. Salah satunya adalah dengan mengajak berumroh. Akan tetapi, yang menjadi kekhawatiran terbesar bagi orangtua ketika membawa anak berumroh ialah ketidaknyamanan sang anak ketika melaksanakan umroh. Belum lagi jika anak akan rewel dan justru membuat kita tidak fokus dalam beribadah.

Lalu hal apa yang harus kita lakukan? Nah berikut beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar perjalanan umroh kita bersama anak dapat berjalan dengan lancar.

  1. Waktu untuk berangkat umroh

Hal pertama yang perlu kita perhatikan adalah waktu. Sebelum memutuskan untuk berangkat ke Tanah Suci, cari tahu dulu bulan yang tepat untuk melaksanakan umroh. Semisal saat low season sehingga tidak terlalu ramai dan berdesak-desakan. Kemudian perhatikan juga musim di Arab Saudi pada saat itu. Usahakan untuk memilih perjalanan pada saat udara di Arab Saudi tidak terlalu dingin saat malam hari dan panas saat siang hari.

  1. Kondisi Kesehatan dan Usia Anak

Berkaitan dengan kondisi udara di Tanah Suci yang cukup ekstrim, maka kita perlu melakukan pengecekan terhadap kesehatan sang anak. Salah satunya adalah melakukan vaksin khusunya vaksin meningitis yang disyaratkan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia. Pastikan juga jika usia sang anak memang sudah mampu untuk diajak berperjalanan jauh. Karena pada dasarnya tingkat ketahanan tubuh setiap anak itu berbeda-beda, maka pastikan kita sebagai orang tua untuk memantau kondisi kesehatan anak.

  1. Persiapkan syarat dan kelengkapan umroh

Seperti halnya calon jamaah umroh dewasa, anak-anak juga harus diurus segala kelengkapannya dengan baik. Mulai dari akta kelahiran anak, KTP orang tua, paspor dan visa. Lakukan hal ini jauh-jauh hari agar bisa berangkat saat kondisi anak dalam keadaan terbaiknya dan juga tidak terburu-buru.

  1. Persiapkan Barang Pribadi Anak

Mungkin bagi setiap anak ada yang perlu membawa bantal kesayangannya, obat-obat khusus dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kita perlu membuat list barang bawaan yang dibutuhkan oleh anak kita. Jangan lupa membawa mainan kesukaannya agar anak tidak jenuh saat disana dan membawa makanan-makanan yang bergizi dan bervitamin untuk menjaga daya tahan tubuh anak.

10 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini