Tips Memilih Transportasi Saat Di Istanbul Turki

Tips Memilih Transportasi Saat Di Istanbul Turki

Sobat Rihaal – Jika di Indonesia kita mengenal Kereta, Bus, Becak, Taksi dan Motor sebagai alat transportasi umum di jalan, maka berbeda jika di Istanbul, Turki. Di Istanbul ada Metro dan Tram sebagai alat transportasi umum yang sering digunakan oleh para wisatawan asing jika berkunjung ke Turki. Nah kali ini akan diberikan informasi mengenai alat transportasi berikut, dan juga tips jalan-jalan untuk sobat yang ingin berkunjung ke Istanbul, Turki.

Apa Itu Metro?

sumber: Turkey Travel

Metro adalah alat transportasi berupa kereta listrik bawah tanah yang berada di Istanbul Turki. Jika akan menggunakan Metro, setelah turun di bandara, kita dapat mencari stasiun metro yang letaknya berada di basement dan hanya 5 menit berjalan kaki dari bandara. Cara pembayarannya dengan menggunakan token seharga 2 TL (Turkish Lira) yang bisa dibeli di mesin-mesin Jetonmatik di depan stasiun. Tarif Metro adalah flat atau jauh dekat sama biayanya.

Apa Itu Tram?

sumber: Turkey Travel

Hampir sama dengan Metro, Tram juga merupakan kereta listrik yang tetapi jalurnya berada di jalan-jalan raya. Biasanya wisatawan menggunakan Tram untuk peralihan setelah menggunakan Metro. Sama seperti Metro, tiket untuk Tram juga dapat dibeli di mesin-mesin Jetonmatik yang ada stasiun Metro/Tram. Untuk tarif Tram ditentukan flat (jauh-dekat sama). Biasanya Tram datang tiap 5-10 menit atau lebih cepat pada jam sibuk.

Tips

Untuk sobat yang akan berjalan-jalan di Istanbul, alat transportasi paling aman adalah dengan menggunakan dua kendaraan seperti yang disebutkan diatas yaitu Tram dan Metro. Pasalnya 2 jenis angkutan umum tersebut melewati tempat-tempat wisata menarik di seputar kota Istanbul. Sedangkan untuk bus kota, hanya melewati jalan-jalan utama saja. Begitu juga dengan taxi. Biasanya banyak supir taxi ‘nakal’ yang memanfaatkan ketidaktahuan wisatawan untuk membuat tarif taxi menjadi mahal. Untuk itu metro dan tram adalah alat transportasi pilihan terbaik jika akan menjelajahi Istanbul.

Rute Trem dan Metro di Istanbul
sumber: elly’s.blog
sumber: ellys.blog

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber: Ellys-blog dan gurukelana.com

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp