Tips: Agar Puasa Terasa Lebih Ringan

Tips: Agar Puasa Terasa Lebih Ringan

Lebaran sebentar…lagi

lebaran sebentar …lagi #nyanyi

Puasa aja belum udah lebaran aja… Heheh

Udah H- 4 nih sahabat kita bakal kedatangan tamu Istimewa,,, siapa itu? Tidak lain tidak bukan ya… bulan Ramadhan. Selain dikenal sebagai bulan suci, dan bulannya al-quran. Bulan Ramadhan sudah barang tentu identik dengan puasa. Iyaa… puasa…!!!

Pasti seneng dong bakal puasa lagi….ya kan sahabat? Atau… ada yang khawatir? Buat sahabat yang masih khawatir, bakal bisa atau nggak… tenang… kami akan berbagi tips untuk menjalani puasa kita lebih ringan.

  1. Niat

Loh kok niat.? Iya dong… niat itu faktor terpenting dan utama dalam setiap aktivitas yang akan kita lakukan, tak terkecuali puasa. Kalo tidak ada niat bagaimana puasa kita mau terlaksana. Niat itu bagai pemandu kita dalam sebuah perjalanan. Agar kita dapat segera sampai pada sebuah tujuan.

  1. Mengakhirkan sahur

Tips yang kedua adalah dengan mengakhirkan sahur. Mengakhirkan sahur, merupakan sunnah Rasulullah Saw, yang pastinya sayang untuk ditinggalkan. Terlepas dari sunnah Rasul, sahabat tau nggak sih kalau ternyata mengakhirkan sahur tuh ada manfaatnya?. Ya.. dengan mengakhirkan sahur, energi yang bersumber dari makanan sahur tadi akan lebih lama bertahan, sehingga saat menjalani puasa tubuh kita juga akan terasa lebih kuat.

  1. Tidak berlebihan saat buka maupun sahur

Makanan yang terlalu banyak dikonsumsi saat sahur dan berbuka, akan membuat energi kita terkuras, kenapa, karena akan lebih banyak energi yang dibutuhkan untuk mencerna makanan yang sudah kita konsumsi. Maka, efek yang akan timbul setelahnya adalah perut merasa lelah, tubuh terasa letih, dan cepat merasa mengantuk. Yang pada akhirnya menggangu produktivitas harian kita. dan tak hanya itu, ibadah kitapun tentunya akan terganggu. Lebih lanjut, sahabat taukan…? Jika Allah melarang umatnya untuk bertindak berlebihan.

  1. Memilih makanan berkarbohidrat komplek dan tinggi protein

Apa sih karbohidrat komplek? Simpelnya, karbohidrat komplek akan membuat kita merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak mudah merasa lapar meskipun kita berpuasa seharian. Lebih lengkapnya pengertian karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang tidak langsung dicerna oleh tubuh, karena membutuhkan proses pemecahan glukosa sebagai sumber energi tubuh kita. proses pencernaan inilah yang membuat jenis makanan berkarbohidrat kompleks ini membutuhkan waktu lebih lama daripada karbo biasa. Karbohidrat komplek juga memiliki kandungan serat tinggi yang berfungsi sebagai stabilisator kadar gula dalam darah. Nah buat bunda dan sahabat yang pengen tau apa aja sih jenis makanan yang memiliki karbohidrat komplek, di antaranya adalah: beras merah, gandum, oat, jeruk, apel, anggur, brokoli, wortel, selada, bayam, ubi, kentang, kacang merah, kedelai, kacang polong, dan masih banyak lagi..

Adapun untuk makanan berprotein tinggi, juga dapat bermanfaat agar tidak mudah lapar. Protein juga dapat berfungsi sebagai pencegah katabolisme (penyusutan ) masa otot. Makanan berprotein tinggi juga cocok loh buat bunda dan sahabat yang mau diet. Heheh.

Untuk jenis makanan yang berprotein tinggi, di antaranya adalah putih telur, ikan, dada ayam, daging, dan kacang-kacangan.

  1. Mengurangi kandungan garam

Yup garam. Kenapa? Karena makanan yang memiliki kandungan garam tinggi akan menyebabkan tubuh kita cepat merasakan dehidrasi dan menimbulkan rasa haus berlebih. Tak hanya itu, makanan yang memiliki kadar garam tinggi juga dapat menyebabkan rasa lapar lebih cepat. Oleh karenanya, buat bunda dan sahabat di rumah, alangkah baiknya, kurangi konsumsi garam berlebih. Agar puasa kita nanti lebih ringan dan mudah terkendali. 😀

  1. Cukup air putih

Kalau yang ini tidak perlu penjelasan ya. Syaa yakin sahabat sudah tau.

  1. Segerakan berbuka

Dan ini yang terakhir dari saya, segeralah berbuka. Menyegerakan berbuka juga merupakan sunnah Rasulullah Saw. Namun yang perlu diperhatikan bagi sahabat dan bunda di rumah adalah, berbukalah dengan yang ringan. Cukup dengan jus, teh atau air putih dan manisan pembuka seperti kurma dan buah. Untuk makanan beratnya bisa sahabat makan setelah sahabat usai melaksanakan sholat tarawih. J

Menyegerakan berbuka bertujuan untuk mengembalikan energi yang terkuras seharian. Dan pembuka dengan makanan yang ringan, dimaksudkan agar tubuh kita tidak kaget setelah seharian kosong tanpa asupan makanan.

Nah, sahabat… itu tadi beberapa tips biar puasa terasa lebih ringan. Intinya jaga pola makan dan makanan yang kita konsumsi. Semoga bermanfaat dan puasa kita lebih berkah karena selain menahan lapar dan haus, kita juga bisa optimal beribadah yang lainnya. Aamiin… Wallahu’alam bishowab.

 

93 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini