Tidak Dikenal Oleh Penduduk Bumi, Namun Sangat Dikenal Penduduk Langit. Siapakah Dia?

Tidak Dikenal Oleh Penduduk Bumi, Namun Sangat Dikenal Penduduk Langit.  Siapakah Dia?

 

“Sesungguhnya akan datang kepadamu seorang laki-laki dari Yaman yg biasa dipanggil dgn Uwais. Dia tinggal di Yaman bersama Ibunya. Dahulu pada kulitnya ada penyakit belang (berwarna putih). Lalu dia berdo’a kepada Allah, & Allahpun menghilangkan penyakit itu, kecuali tinggal sebesar uang dinar atau dirham saja. Barang siapa di antara kalian yg menemuinya, maka mintalah kepadanya untuk memohonkan ampun kepada Allah untuk kalian. Telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb & Muhammad bin Al Mutsanna keduanya berkata; Telah menceritakan kepada kami ‘Affan bin Muslim; Telah menceritakan kepada kami Hammad yaitu Ibnu Salamah dari Sa’id Al Jurairi melalui jalur ini dari ‘Umar bin Al Khaththab dia berkata; Sungguh aku telah mendengar Rasulullah bersabda:
Sebaik-baik tabi’in, adl seorang laki-laki yg dibiasa dipanggil Uwais, dia memiliki ibu, & dulu dia memiliki penyakit belang ditubuhnya. Carilah ia, & mintalah kepadanya agar memohonkan ampun untuk kalian.”’ [HR. Muslim No.4612].

Di zaman Rasulullah Saw. ada seorang pemuda bermata biru, rambutnya merah, bidang dadanya, berpenampilan cukup tampan,  warna kulitnya kemerah-merahan. Dagunya menempel di dada karena selalu melihat pada tempat sujudnya, dia senantiasa membaca al-Quran dan menangis saat membacanya. Pakaian yang ia miliki hanya dua helai saja. Keduanya sudah terlalu lusuh untuk dipakai. Dan tiada manusia yang menghiraukannya. Nama nya tidak dikenal oleh penduduk bumi, namun sangat terkenal oleh penduduk langit. Dia adalah Uwais al-Qarni.

Uwais merupakan pemuda yang berasal dari Yaman. Dan ia merupakan anak yatim, yang hanya tinggal bersama ibunya yang tua renta dan lumpuh serta penglihatannya kabur. Untuk mencukupi kehidupan sehari-harinya, Uwais al-Qarni mencari nafkah sebagai pengembala kambing.Upah yang ia terima hanya cukup untuk menopang kehidupan dia dan ibunya. Jika ada kelebihan rizki, ia pergunakan untuk bersedekah kepada tetangganya yang juga serba kekurangan seperti dirinya.

Kegiatan kesehariannya ia penuhi dengan beribadah. Meski ia juga disibukkan dengan mengembala. Di sepanjang hidupnya ia melakukan puasa di siang hari dan bermunajat di malam harinya. Ia juga tak pernah lalai dari membaca al-Quran.

Uwais al-Qarni  memeluk Islam saat negeri Yaman mendengar seruan Nabi Muhammad Saw. dan mengetuk hatinya untuk menyembah Allah SWT. Peraturan-peraturan yang terdapat di dalamnya menarik hati Uwais, sehingga setelah seruan Islam datang ke negri Yaman, ia segera memeluknya. Karena selama ini, hati Uwais selalu merindukan kebenaran. Banyak dari tetangganya yang memeluk Islam dan pergi ke Madinah untuk mendengarkan ajaran Nabi Muhammad Saw. secara langsung. Sekembalinya ke Yaman, mereka memperbarui rumah tangga mereka dengan cara kehidupan yang Islami. Menyaksikan kejadian itu, hati Uwais merasa sedih, karena ia belum bisa menemui Rasulullah Saw. sebagaimana para tetangganya. Kecintaannya kepada Rasulullah Saw. menumbuhkan kerinduan yang kuat untuk bertemu dengan kekasih Allah, namun apalah daya ia tak mempunyai bekal untuk pergi menemui Rasulullah Saw.

Tak hanya bekal yang ia risaukan. Melebihi kerisauan itu, Uwais merisaukan tentang kondisi Ibunya. Uwais sangat mencintai ibunya, mana mungkin ia meninggalkan Ibu nya yang tua renta dan lumpuh seorang diri. Hari berganti dan musimpun berlalu, kerinduan Uwais kepada Rasulullah tak dapat dibendung lagi. Bahkan ia selalu merenung tiap hari dan malam. Kapankah ia bisa menziarahi Rasulullah dan memandang wajahnya dari dekat?. Sampai akhirnya, pada suatu hari Uwais mendekati ibunya, mengeluarkan isi hati dan memohon izin kepada ibunya agar diperkenankan pergi menziarahi Nabi Saw. di Madinah. Sang ibu memakluminya, dan berkata :”pergilah wahai anakkku, temuilah Nabi di rumahnya. Dan bila telah berjumpa, segeralah engkau kembali pulang”. Dengan rasa gembira ia berkemas untuk berangkat dan tak lupa menyiapkan keperluan ibunya yang akan ditinggalkannya serta berpesan kepada tetangganya untuk menemani ibunya selama ia pergi.

Setibanya Uwais di Madinah, segera ia menuju rumah Nabi Saw. sesampainya di rumah Rasulullah Saw. diketuklah pintu rumah Rasulullah Saw. sambil mengucapkan salam. Tak lama kemudian, keluarlah Sayyidah Fathimah binti Muhammad, sambil menjawab salam Uwais. Segera saja Uwais menanyakan Nabi yang ingin ia jumpai. Namun ternyata Rasulullah Saw. sedang tidak berada di rumah, melainkan sedang berada di medan perang. Mengetahui hal itu, betapa hancurnya hati Uwais, yang sudah sangat merindukan Rasulullah. Dalam hatinya bergejolak perasaan antara ingin menunggu kedatangan Rasulullah dan ingin pulang untuk segera menemui Ibunya. Tapi kapankah Rasulullah akan pulang? Sedangkan terngiang oleh Uwais pesan Iibunya yang sedang sakit dan sudah tua, agar ia cepat pulang ke Yaman.

Karena kecintaan Uwais kepada ibunya, Uwais memilih untuk mentaati permintaan ibunya dan mengalahkan kemauannya untuk menunggu dan berjumpa dengan Nabi Saw. dan akhirnya ia pamit kepada sayyidah Fatimah ra. untuk segera pulang ke negrinya. Dia hanya menitipkan salam untuk Rasulullah dan melangkah pulang dengan rasa haru.

Sepulangnya Nabi dari berperang langsung menanyakan tentang kedatangan orang yang mencarinya. Nabi menjelaskan bahwa Uwais al-Qarni adalah seorang anak yang taat kepada ibunya.Ia adalah penghuni langit (bahkan sangat terkenal di langit). Mendengar perkataan Rasulullah, Sayyidah Fatimah a.s dan para sahabatnya tertegun. Dan Sayyidah Fatimah ra. mengatakan bahwa memang benar ada yang mencari Rasulullah dan segera pulang kembali ke Yaman, karena ibunya sudah tua dan sakit-sakitan, sehingga ia tidak dapat meninggalkan ibunya terlalu lama.

Rasulullah Saw. bersabda: “kalau kalian ingin berjumpa dengan Uwais al-Qarni, perhatikanlah, ia mempunyai tanda putih di tengah-tengah telapak tangannya”. Sesudah itu Rasulullah memandang kepada Ali bin Abi Thalib dan Umar bin Khatab dan bersabda: “suatu ketika, apabila kaian bertemu dengan dia (Uwais

135 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini