Tiada Lelah, Tim Gerak Cepat Siap 24 Jam Layani Jamaah Haji Indonesia

Tiada Lelah, Tim Gerak Cepat Siap 24 Jam Layani Jamaah Haji Indonesia

“Yakin bahwa jika kita memudahkan hajat orang lain, maka Allah pun akan memudahkan segala urusan kita” mungkin itulah ungkapan yang tepat untuk para pahlawan kita yang sekarang berada di Tanah Suci. Siapakah mereka? Ialah Tim Gerak Cepat atau biasa disebut dengan TGC.

Peran Tim Gerak Cepat

Tim Gerak Cepat memang sudah sejak awal dipersiapkan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Peran dari TGC ini sangatlah penting. Sebab mereka sangat membantu permasalahn yang dialami oleh Jemaah, khususnya masalah kesehatan.

sumber : halallifestyle

Mengutip dari website republika, bahwasannya Tim Gerak Cepat ini akan bersinergi dengan petugas Perlindungan Jemaah (Linjam) dan Sektor Khusus Masjid Nabawi. Mereka akan membantu pelayanan terhadap Jemaah haji Indonesia. Selain area masjid, TGC juga bergerak ke pemondokan Jemaah jika ada yang membutuhkan pertolongan.

Hingga Rabu, 25 Juli pukul 12.00 waktu Arab Saudi, TGC telah mendeteksi sekitar 79 kasus. Terbanyak adalah dehidrasi dan kelelahan. Selain itu, TGC juga telah melakukan tindakan darurat sebanyak 82 kasus. Ada kasus dehidrasi sedang-berat, heartstroke, penurunan kesadaran, serangan jantung, dan strok akut. TGC juga sering menemukan kasus seperti gangguan pencernaan seperti mual muntah, nyeri ulu hati hebat, gangguan pernafasan dan jantung.

Dalam kerjanya, TGC bergerak ke mana-mana membawa tas ransel sesuai dengan wilayah kerja. Tas berisi obat-obatan utnuk emergency. Salah satunya adalah infus. Berat tas sekitar 5 kg. “Misalnya ada jamaah yang pernah mengalami nyeri dada. Kita bantu tangani.” Kata Dahri, salah seorang TGC PPIH Madinah.

Ikhlas Melayani Jemaah Haji Indonesia

Tidak mudah menjadi seorang TGC. Mereka harus kerja ekstra karena harus melayani banyak jamaah. Bahkan ada dari mereka yang baru beristirahat 1 menit, sudah mendapat perintah jika ada jamaah yang meminta pertolongan.  Meskipun begitu, mereka semua tetap menjalankan tugasnya dengan ikhlas. Sebab, mereka ingin membantu memudahkan perjalanan ibadah para jamaah haji Indonesia di Tanah Suci. Masya Allah…

 

 

referensi : republika.co.id dan merdeka.com

4 total views, 2 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini