Setiap Jengkal Bumi Adalah Tempat Beribadah Kepada Allah

Setiap Jengkal Bumi Adalah Tempat Beribadah Kepada Allah

Sahabat, islam memandang bahwa seluruh muka bumi adalah tempat layak huni sekaligus tempat beribadah kepada Allah SWT. Tidak ada satu negeri atau tempat tertentu yang diharuskan menjadi tempat tujuan untuk pindah dan menetap. Yang menjadi pijakan adalah adanya kemudahan untuk beribadah.

Seorang Muslim tidak dianjurkan untuk berpindah ke tempat lain, kecuali jika dia terhalang untuk dapat beribadah. Dalm kondisi demikian, maka dia mesti mencari tempat yang kondusif untuk beribadah. Allah SWT berfirman, “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman, sesungguhnya bumu-Ku luas, maka sembahlah aku saja.” (Al-‘Ankabut:56)

Bumi Tempat Beribadah

Dari Abu Sa’id Al-Khudriy r.a, Rasulullah SAW bersabda,

الْأَرْضُ كُلُّهَا مَسْجِدٌ إِلَّا الْمَقْبَرَةَ وَالْحَمَّامَ

“Bumi ini semuanya merupakan masjid (tempat sujud untuk sholat) kecuali kuburan dan kamar mandi.” Dari hadits ini kita dapat menyimpulkan bahwasannya, semua bagian di muka bumi ini bisa kita jadikan sebagai tempat untuk beribadah kecuali kuburan dan kamar mandi. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi kita untuk meninggalkan ibadah kepada Allah SWT, khususnya ibadah sholat.

Bumi Akan Bersaksi

Tahukah sobat, jika nanti bumi akan menjadi saksi amalan kita. Bumi akan berbicara dan mengabarkan mengenai amalan setiap manusia di muka bumi, semua itu atas izin Allah. Dari Abu Hurairah r.a, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,

إِنَّ أَخْبَارَهَا أَنْ تَشْهَدَ عَلَى كُلِّ عَبْدٍ أَوْ أَمَةٍ بِمَا عَمِلَ عَلَى ظَهْرِهَا أَنْ تَقُولَ عَمِلَ كَذَا وَكَذَا يَوْمَ كَذَا وَكَذَا قَالَ فَهَذِهِ أَخْبَارُهَا

“Sesungguhnya yang diberitakan oleh bumi adalah bumi jadi saksi terhadap semua perbuatan manusia, baik laki-laki maupun perempuan yang telah mereka perbuat di muka bumi. Bumi itu akan berkata, “Manusia telah berbuat begini dan begitu, pada hari ini dan hari itu.” (HR. Tirmidzi no. 2429).

Anjuran Perbanyak Dzikir dan Sholat Sunah

Ayat diatas mengingatkan kepada kita untuk memperbanyak dzikir kapan pun dan dimana pun. Faedahnya disebutkan oleh Ibnul Qayyim rahimahullah, di mana ia berkata, “Sungguh orang yang senantiasa berdzikir ketika berada di jalan, di rumah, di saat safar, atau di berbagai tempat, itu akan membuatnya mendapatkan banyak saksi di hari kiamat. Karena tempat-tempat tadi, rumah gunung, dan tanah akan menjadi saksi bagi seseorang di hari kiamat.” (Al Wabilush Shoyyib, hal. 197)

291 total views, 5 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini