SERBA SERBI SUNGAI NIL YANG MUNGKIN BELUM SAHABAT TAU

SERBA SERBI SUNGAI NIL YANG MUNGKIN BELUM SAHABAT TAU

1. Sungai Nil adalah Sungai Terpanjang Kedua di Dunia, panjangnya mencapai 6853 km (4258 mil) dengan kedalaman 8 -11 m. Panjang sungai nil dikalahkan oleh sungai Amazon yang panjangnya mencapai 6992 Km.
2. Sungai Nil bermula dari Laut Mediterania Alexandria, dan bermuara di danau Victoria, Tanzania.
3. Beberapa negara yang dilalui oleh sungai Nil adalah Mesir, Sudan, Eritrea, South Sudan, Ethiopia, Uganda, Republik Congo, Kenya, Rwanda, Burundi, dan Tanzania.
4. Sungai Nil merupakan sumber pengairan utama di NorthEast Afrika Seperti Mesir dn Sudan.
5. Menurut sejarah, Nil ikut berperan dalam pembangunan Piramida. Baik sebagai sumber perairan maupun sebagai jalur lalu lintas pendistribusian bahan baku.

6. Nama sungai Nil diambil dari kata ‘Neilos’ yang berarti Sungai. Orang Mesir memberi julukan sungai Nil sebagai sungai Kehidupan.

7. Pada zaman dahulu sungai Nil digunakan sebagai jalur perdagangan masyarakat Mesir dengan orang Yunani atau Mesopotamia.

8. Karena Sungai Nil merupakan sumber kehidupan dan kebutuhan penduduk setempat. Maka, penduduk sekitar tidak membuang sampah dan kotoran lainnya di sungai Nil, hal ini untuk menjaga kebersihan sungai Nil.

9. Buah jeruk dan anggur melimpah di Mesir. Bahkan di jual dengan harga yang murah. Hal ini karena lembah sungai Nil yang terkenal dengan kesuburannya.

10. Al Kindi pernah mengatakan, “Sebagian orang-orang berilmu mengatakan bahwa di dunia tidak ada pohon, kecuali ia jumpai di Mesir.”

11. Perayaan wafa’an Nil dilakukan penduduk setempat saat air sungai Nil melimpah sebagai wujud rasa syukur.

12. Nil adalah salah satu sungai surga di mana Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, ”Nil, Sihan, Jihan, Eufrat dari sungai-sungai surga. (Riwayat Muslim).*

13. Salah satu penghuni sungai Nil yang cukup terkenal adalah spesies Buaya yang mematikan, yakni Buaya Nil, yang bertempat tinggal di tepi sungai Nil. Buaya Nil dapat mencapai panjang 6 meter dengan berat 750 Kg.

14. Dan yang terakhir adalah bahwa sungai Nil adalah satu-satunya sungai, yang disebut di dalam Al-Quran.

Berikut adalah firman Allah Swt

وَأَوْحَيْنَا إِلَى أُمِّ مُوسَى أَنْ أَرْضِعِيهِ فَإِذَا خِفْتِ عَلَيْهِ فَأَلْقِيهِ فِي الْيَمِّ وَلَا تَخَافِي وَلَا تَحْزَنِي إِنَّا رَادُّوهُ إِلَيْكِ وَجَاعِلُوهُ مِنَ الْمُرْسَلِينَ [القصص: 7]

Artinya: “Dan Kami ilhamkan kepada ibu Musa; “Susuilah Dia, dan apabila kamu khawatir terhadapnya Maka jatuhkanlah Dia ke sungai (Nil). dan janganlah kamu khawatir dan janganlah (pula) bersedih hati, karena Sesungguhnya Kami akan mengembalikannya kepadamu, dan men- jadikannya (salah seorang) dari Para rasul” (QS. Al-Qashash: 7).

إِذْ أَوْحَيْنَا إِلَى أُمِّكَ مَا يُوحَى * أَنِ اقْذِفِيهِ فِي التَّابُوتِ فَاقْذِفِيهِ فِي الْيَمِّ فَلْيُلْقِهِ الْيَمُّ بِالسَّاحِلِ يَأْخُذْهُ عَدُوٌّ لِي وَعَدُوٌّ لَهُ وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِنِّي وَلِتُصْنَعَ عَلَى عَيْنِي[طه: 38, 39].

Artinya: “Yaitu ketika Kami mengilhamkan kepada ibumu suatu yang diilhamkan, Yaitu: “Letakkanlah ia (Musa) didalam peti, kemudian lemparkanlah ia ke sungai (Nil), Maka pasti sungai itu membawanya ke tepi, supaya diambil oleh (Fir’aun) musuh-Ku dan musuhnya. dan aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku; dan supaya kamu diasuh di bawah pengawasan-Ku” (QS. Thaha: 38, 39).

229 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini