Selain Masjid Biru, Ada Satu Lagi Masjid Unik Di Wilayah Turki

Selain Masjid Biru, Ada Satu Lagi Masjid Unik Di Wilayah Turki

Sobat Rihaal – Jika di Istanbul ada Masjid Sultan Ahmed yang terkenal dengan nama Masjid Biru, maka lain lagi jika di Bursa. Di Bursa terdapat sebuah masjid yang warna interior masjidnya di dominasi dengan warna hijau dan toska. Masjid apakah itu? Yup ini dia Masjid Hijau atau Yesil Cami. Masjid ini berdiri di atas sebuah bukit di kota Bursa yang dikenal dengan kawasan Yesil atau kawasan Hijau.

Sejarah Pembangunan

Masjid Hijau ini dibangun atas perintah Sultan Mehmed I Celebi antara tahun 1419-1421 M. Di arsitekuri oleh arsitek berbakat dari Kesultanan Utsmani yaitu Vezir Haci Ivaz pasha. Dan untuk seniman dekorasi pewarnaan masjid adalah Ali bin Ilyas dan Mehmed el Mecnun. Selain itu, nama Masjid Hijau diambil dari kata Yesil Cami yang diartikan sebagai Yesil (Hijau). Yesil merupakan lokasi tempat bangunan masjid ini dibangun.

Fakta Menarik

Seperti yang kita ketahui jika Masjid Hijau ini tentulah dihiasi dengan berbagai ornamen yang di dominasi dengan warna hijau. Lalu hal lain apa yang menarik dari Masjid ini? Ternyata Masjid Hijau ini merupakan masjid megah dengan kapasitas dua ribu orang tidak seperti masjid Turki yang lain, dan juga digunakan sebagai rumah pemerintah.

sumber: yokosoeropa.com

 

 

 

 

 

 

 

Kemudian Mihrab Masjid Yesil terbuat dari ribuan keramik hias buatan tangan dari para seniman. Area khusus untuk Muazin (Mehfil) termasuk juga area khusus untuk Sultan juga dihias dengan keramik buatan tangan. Pada area khusus untuk Sultan, keramik yang digunakan bermotif bunga. Dengan begitu banyaknya keramik buatan tangan di masjid ini menjadikannya sebuah mahakarya dari para seniman keramik pada masa itu.

sumber: yokosoeropa.com

 

 

 

 

 

 

Fakta selanjutnya adalah ternyata denah bangunan dari masjid ini berbentuk huruf “T” terbalik, sehingga secara artifisial membagi ruang sholat di dalam masjid ini menjadi tiga bagian, yakni ruang utama disekitar mihrab dan mimbar kemudian ruangan di sayap kiri dan ruangan di sayap kanan. Kemudian arah kiblat sholat, di negara nEropa termasuk Turki, arah kiblat sholatnya tidak mengarah ke barat seperti di Indonesia, akan tetapi mengarah ke selatan. Karena wilayah Turki berada di sisi utara Ka’bah.

 

 

Referensi:

http://www.tourketurki.com

81 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini