Benarkah Sedekah Air Merupakan Sedekah Yang Paling Utama?

Sedekah Air

Pernah nggak sahabat membayangkan hidup tanpa air? Atau hidup dalam keterbatasan air?. Jika pernah, apa yang sahabat rasakan atau bayangkan?. Tentu kita akan dilanda kesengsaraan seperti kekeringan, kehausan, kegersangan dan lain sebagainya. Iya bukan?

Nah sekarang pertanyaannya, jika keterbatasan air dan kekeringan ini terjadi pada saudara kita? Apa yang akan sahabat lakukan?

Berdasarkan data dari BPBD Gunungkidul, 8 kecamatan yang mengalami kekeringan dan mengalami keterbatasan dalam memperoleh air diantaranya Panggang, Tanjungsari, Purwosari, Tepus, Paliyan, Rongkop, Girisubo dan Nglipar. Sedangkan jumlah jiwa yang mulai mengalami krisis air sebanyak 46 ribu jiwa.

Untuk memenuhi kebutuhan air, sejumlah warga mulai mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli air dari swasta. Bahkan, tidak sedikit warga setempat dengan terpaksa menjual ternak miliknya.

Pentingnya Air Dalam Kehidupan Manusia

Mengenai sub judul ini, ada dua pertanyaan yang saya yakin jawabannya akan sama jika ditanyakan kepada setiap orang, termasuk di dalamnya jika ditanyakan kepada sahabat.

Pentingkah air bagi kita? Dan seberapa pentingkah air dalam kehidupan kita?

Semua pasti sepakat, air sangatlah penting dalam kehidupan kita. Jika tanpa makanan manusia dapat bertahan hidup mungkin lebih dari sebulan. Akan tetapi, manusia hanya dapat bertahan hidup beberapa hari saja tanpa air. Kenapa demikian? Karena kurang lebih 60% dari tubuh kita terdiri dari cairan. Cairan atau air ini tidak dapat digantikan oleh senyawa lainnya. Oleh karenanya, setiap orang dewasa membutuhkan paling tidak 8 liter perhari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya. Jika tidak? Tubuh akan mengalami dehidrasi dan kematian. Dan sedekah air berarti memberikan sumber kehidupan.

Air adalah kebutuhan utama. Air adalah sumber kehidupan makhluk Allah Suhanahu wa Ta’ala. Dengannya, pepohonan tumbuh, bunga-bunga bermekaran indah dan buah-buahnya dapat dinikmati daging dan rasanya. Demikianlah firman Allah dalam kitabNya

أَلَمْ تَرَ أَنَّ ٱللَّهَ أَنزَلَ مِنَ ٱلسَّمَآءِ مَآءً فَسَلَكَهُۥ يَنَٰبِيعَ فِى ٱلْأَرْضِ ثُمَّ يُخْرِجُ بِهِۦ زَرْعًا مُّخْتَلِفًا أَلْوَٰنُهُۥ

Artinya: “Apakah kamu tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang bermacam-macam warnanya,….” (azzumar:39)

Melihat ayat di atas bahwa tak hanya manusia, pada kenyataannya hewan dan tumbuhan juga membutuhkannya (air). Maka dari itu, berdasarkan pada kegunaan dan kemanfaatanya kedudukan air sangatlah penting bagi kehidupan kita sebagai makhluk hidup di alam semesta.

Lantas, bagaimana reaksi kita, ketika ada saudara kita yang kekurangan air dalam kehidupannya?

Keutamaan Sedekah Air

Sahabat pernah dengar sebuah riwayat hadits yang mengisahkan tentang seseorang yang sedang kehausan dan ia melihat anjing dalam keadaan haus. Kemudian dengan iba, ia memberikan anjing tersebut air ( sedekah air )?. Jika sahabat belum mendengarkannya, demikian riwayat haditsnya:

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Suatu saat ada seorang laki-laki berjalan dan di tengah-tengah perjalanan ia mengalami kehausan. Kemudian, ia mendapatkan sebuah sumur, lalu turun ke dalamnya dan minum darinya. Lantas ia keluar dan tiba-tiba ada seekor anjing yang menjulur-julurkan lidahnya menjilat-jilat tanah karena kehausan, lalu orang itu berkata, ‘Anjing ini benar-benar telah kehausan seperti saya tadi juga kehausan.

Ia pun turun ke sumur lagi dan mengisi sepatunya dengan air sampai penuh. Kemudian, ia menggigit sepatunya sehingga ia naik ke atas dan memberi minum anjing itu. Allah pun memuji perbuatan orang itu dan mengampuni dosanya.”

Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kalau kita menolong binatang juga mendapatkan pahala?” Beliau menjawab, “Menolong setiap makhluk yang mempunyai limpa yang segar itu mendatangkan pahala.”

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dikatakan, “Kemudian Allah memuji perbuatan orang itu dan memberi ampunan kepadanya serta memasukkannya ke dalam surga.” (Muttafaq ‘Alaih)

Atau, mungkin sahabat sudah pernah dengar riwayat hadits tentang seorang wanita pekerja asusila yang diampuni dosa-dosanya karena ia memberikan minum ( sedekah air ) seekor anjing yang sedang kehausan?.

Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim: “Suatu saat ada seekor anjing yang berputar-putar di sekitar sumur yang hampir mati karena kehausan. Kemudian, ada seorang pelacur dari Bani Israil yang melihat anjing itu, lalu ia melepas sepatunya dan mengambilkan air untuk anjing itu, dan ia pun meminumkannya kepada anjing itu. Maka, diampunilah dosa orang itu lantaran perbuatannya itu.”

Pada kedua hadits di atas menjelaskan betapa mulianya seorang yang mau ber- sedekah air kepada siapa saja (baik hewan ataupun manusia) yang membutuhkannya. Melihat pentingnya kedudukan air dalam kebutuhan hidup manusia, maka bersedekah air sama saja memberikan kehidupan kepadanya. Oleh karenanya, Allah sangat memujinya. Bahkan dengan sedekah air Allah akan mengampuni dosa-dosa serta memasukkan ke surgaNya bagi para pelakunya. MasyaAllah

Terakhir sebagai penutup, dalam suatu kesempatan, Saad bin Ubadah ra. bertanya kepada Rasulullah Saw, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Memberi air ( sedekah air ).” (Shahih Abu Daud).

Demikian dalam hadits lainnya. Dari Anas : Sesungguhnya Sa’id Ubadah datang kepada Nabi Saw, lalu ia berkata : Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal, tetapi beliau tidak memberiku wasiat. Apakah bermanfaat bagi dirinya kalau aku mengeluarkan sedekah atas namanya? Nabi bersabda : “ Ya. Dan hendaklah engkau memberikan sedekah dengan air (sedekah Air) .” ( HR Thabrani)

Demikianlah keutamaan dari sedekah air, tak hanya pujian, melainkan ampunan dan surga yang Allah berikan. Semoga Allah selalu memberikan kita limpahan rizki berupa air dan hujan yang berkah dan bermanfaat bagi semua makhlukNya. Amiin

*Rihaal Berbagi*

Donasi : 200 rb / tangki

Untuk Sahabat yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan Rihaal Berbagi Air, bisa hubungi Ibu wanti rihaal 0822 50000 756

1,249 total views, 4 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini