Sahabat, Kenali Perilaku Phubbing dan Cara Untuk Menghentikannya

Sahabat, Kenali Perilaku Phubbing dan Cara Untuk Menghentikannya

Di era modern saat ini, perkembangan teknologi yang sangat pesat memberikan dampak yang sangat besar terhadap setiap pelakunya. Ada 2 dampak, yaitu positf dan negatif. Dari mulai anak-anak hingga orang tua, semua ikut merasakan dampak teknologi tersebut. Baru-baru ini, ada suatu dampak dari teknologi yang menjadikan munculnya istilah baru di masyarakat  yang disebut  “Phubbing”. Apa itu phubbing? Simak informasi berikut

Pengertian Phubbing

Phubbing ialah istilah sibuk dengan gadget hingga mengabaikan orang disekitar kita. Hal ini dilatarbelakangi dengan semakin canggihnya smartphone yang kita miliki. Ada banyak aplikasi seperti game, jejaring sosial, yang membuat orang betah berlama-lama memegang smartphone.

Sebetulnya, bukan tidak diperbolehkan kita memiliki hp, akan tetapi kita pun harus bijak dalam menggunakannya. Jangan sampai, penggunaan hp menjadikan kita seorang yang anti sosial, lupa ibadah, dan bermalas-malasan.  Terlebih jika kita sedang berada di sebuah perkumpulan, akan lebih baik jika kita simpan gadget kita terlebih dahulu dan saling mengobrol dengan teman.

Dalam Al Qur’an pun  telah dijelaskan, “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (QS. Al Hujurat : 13)

Beberapa Tips Untuk Stop Phubbing

  1. Menahan Diri Untuk Menyimpan Hp Saat Berkumpul

Ketika sedang berkumpul hendaknya hp dikumpulkan atau disimpan di tas masing-masing. Atau bisa dengan memberikan aturan tambahan. Misalnya, dengan siapa saja yang tidak tahan dan mengambil gadgetnya terlebih dahulu maka akan dikenai hukuman seperti mentraktir atau yang lainnya.

  1. Menahan Diri Untuk Tidak Update Dimana dan Kapan Saja

Langkah selanjutnya apabila ingin menghentikan kebiasaan phubbing ialah dengan berhenti update. Rasa selalu ingin melihat handphone saat bersama orang lain biasa terjadi setelah kita membuat status di jejaring sosial. Biasanya kita akan penasaran sudah berapa like yang muncul, komentar apa saja yang masuk dan sebagainya. Alhasil, kita akan lebih tertarik untuk bermain hp daripada ngobrol.

  1. Menyibukkan Diri Dengan Kegiatan Sosial

Langkah terakhir ialah mencari kesibukkan dengan ikut oranisasi dakwah, datang ke kajian-kajian dan aktif dalam berpendapat. Ketika kita berkumpul dan membahas suatu obrolan yang menyenangkan, otomatis pikiran kita akan terfokus ke pembicaraan tersebut dan melupakan hp. Terlebih jika yang dibahas adalah tentang keagamaan yang lebih mendekatkan kita kepada Allah SWT.

Sahabat, yuk mulai perbaiki diri kita dengan sedikit demi sedikit meninggalkan hal yang tidak baik. Jangan sampai, handphone yang kita beli dengan hasil keringat kita, justru memisahkan kita dengan orang-orang yang kita sayangi. Bahkan menjauhkan kita pula dengan Rasulullah SAW.

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp