[Renungan] Jangan Jadikan Siangmu Sibuk dan Malam Sia-sia

[Renungan] Jangan Jadikan Siangmu Sibuk dan Malam Sia-sia

Sobat Rihaal – Salah satu bukti cinta kepada Allah SWT adalah dengan menghidupkan malam. Bukan tanpa melakukan hal apapun, akan tetapi menjadikan sepertiga malam terakhir kita untuk lebih dekat dengan Allah SWT. Jangan sampai, kita menjadi salah satu hamba-Nya yang menghabiskan malam dengan hal yang sia-sia.

Peringatan Allah SWT

Dalam Al Qur’an surat Al-Muzzammil ayat 1-7 telah dijelaskan bahwa, “(1) Wahai orang yang berselimut (Muhammad). (2) Bangunlah (untuk solat) pada malam hari, kecuali sebagian kecil, (3) (yaitu) separuhnya atau kurang sedikit dari itu, (4) atau lebih dari  (seperdua) itu, dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan. (5) Sesungguhnya Kami akan menurunkan perkataan yang berat kepadamu. (6) Sungguh, bangun malam itulebih kuat (mengisi jiwa) dan (bacaan di waktu itu) lebih berkesan. (7) Susungguhnya pada siang hari engkau sangat sibuk dengan urusan-urusan yang panjang. “

Sudah sangat jelas perintah dari Allah SWT kepada kita. Bagaimana kita akan menjadi salah satu hambanya yang masuk surga, jika untuk bangun malam saja kita masih belum sanggup. Saat siang, kita sudah sibuk dengan bekerja, kemudian malamnya kita terlalu nikmat dengan tidur.

Yang hebatnya lagi, ada yang rela siang sibuk dengan bekerja, kemudian malam harinya begadang menonton bola. Dan berlanjut tidur hingga lewat waktu subuh. Sobat, pernahkah terifikirkan bagaimana jika suatu ketika kita sedang bersorak hore..hore.. kemudian datanglah malaikat maut dan mencabut nyawa kita. Naudzubiilahi min dzalik..

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi SAW beliau bersabda, “ Di antara kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat.” (HR. Tirmidzi no. 2317)

Tanda Naiknya Iman Seorang Muslim

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِنَّ مِنْ أَكْمَلِ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا وَأَلْطَفُهُمْ بِأَهْلِهِ ».

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anhu ia berkata bahwa, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya di antara tanda kesempurnaan iman seseorang ditunjukkan dengan kebagusan akhlaq dan sikap lemah lembut pada keluarga.” (HR. Tirmidzi no. 2612)

164 total views, 2 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini