Ramadhan Hampir Usai, Sahabat Jangan Lupa Bayar Zakat Fitrah

Ramadhan Hampir Usai, Sahabat Jangan Lupa Bayar Zakat Fitrah

Sahabat, tak terasa bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini sebentar lagi akan berakhir. Bagaimana dengan amal ibadah kita di bulan ini? Apakah sudah maksimal? Atau justru kita telah menyia-nyiakan kesempatan untuk bertaubat di bulan yang pahanya berlipat-lipat ganda ini?

Semoga kita senantiasa diberi kemudahan dalam memperbaiki diri dan juga berbuat baik. Salah satu kebaikan atau amalan yang harus kita lakukan menjelang akhir-akhir di bulan Ramadhan ini ialah membayar zakat fitrah.

Pengertian Zakat Fitrah

Zakat Fitrah merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat Muslim di bulan puasa, dan harus dilakukan sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri. Orang-orang membayar zakat fitrah dengan menggunakan bahan makanan (beras) atau dengan uang.

Dari Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah dengan satu sho’ kurma atau satu sho’ gandum bagi hamba dan yang merdeka, bagi laki-laki dan perempuan, bagi anak-anak dan orang dewasa dari kaum muslimin. Beliau memerintahkan agar zakat tersebut ditunaikan sebelum manusia berangkat menuju salat ‘ied” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hukum Zakat Fitrah

Zakat Fitrah hukumnya wajib ditunaikan bagi setiap muslim yang mampu. Besar zakat fitrah yang harus dikeluarkan sebesar satu sho’ yang nilainya sama dengan 2,5 kilogram beras, gandum, kurma, sagu dan sebagainya atau 3,5 liter beras yang disesuaikan dengan konsumsi per-orangan sehari-hari.

Ketentuan diatas berdasarkan pada hadits sahih riwayat Imam Ahmad, Bukhari, Muslim dan Nasa’I dari Ibnu Umar bahwa Rasulullah telah mewajibkan membayar zakat fitrah satu sho’ kurma atau sho’ gandum kepada hamba sahaya, orang yang merdeka, laki-laki, perempuan, anak-anak, dan orang dewaa dari kaum muslim.

Tata Cara Membayar Zakat Fitrah

Zakat fitrah dapat disalurkan melalui Lembaga Amil Zakat terpercaya di Indonesia. Atau biasanya jika di desa-desa, zakat fitrah dikumpulkan di masjid dan kemudian disalurkan ke masyarakat sekitar yang membutuhkan. Zakat fitrah dapat dikeluarkan sebelum waktu solat idul fitri di hari-hari terakhir bulan suci Ramadhan. Rasulullah SAW bersabda,

“ Barangsiapa yang menunaikan zakat fitri sebelum salat ‘ied maka zakatnya diterima dan barangsiapa yang menunaikannya setelah salat ‘ied maka itu hanya dianggap sebagai sedekah di antara berbagai sedekah.” (HR. Abu Daud)

Selanjutnya, dalam menunaikan zakat fitrah diawali dengan membaca niat sebagai berikut:

 

 

Artinya : “Saya niat mengeluarkan zakat atas diri saya dan atas sekalian yang saya wajibkan memberi nafkah pada mereka secara syari’at, fardhu karena Allah ta’ala”

 

 

sumber: globalzakat.id

131 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini