Ramadhan Berakhir, Saatnya Rayakan Hari Kemenangan

Ramadhan Berakhir, Saatnya Rayakan Hari Kemenangan

Sahabat, bulan Ramadhan sebentar lagi akan segera berakhir, berganti dengan bulan kemenangan bagi umat Muslim, yaitu Hari Raya Idul Fitri. Hari Raya Idul Fitri adalah satu hari yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Muslim di dunia. Mengapa? Karena hari itu, Allah menghapus semua dosa-dosa sehingga sucilah orang itu layaknya bayi yang baru lahir.

Ada beberapa ayat dan hadits yang berkaitan tentang Idul Fitri. Salah satunya pada Al Qur’an surah Al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi, “Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangan (hari terakhir Ramadhan 30 hari) dan kamu mengagungkan Allah (bertakbir raya) atas petunjuk-Nya yang dianugerahkan kepada kamu agar kamu menjadi orang-orang yang bersyukur.”

Ada 2 perbedaan makna Idul Fitri. Yaitu,

  1. Idul Fitri diterjemahkan dengan kembali kepada fitrah atau esucian, karena telah ditempa dengan ibadah sebulan penuh di bulan Ramadhan. Dan karenanya ia mendapatkan ampunan dan maghrifah dari Allah SWT.
  2. Idul Fitri diterjemahkan dengan hari raya berbuka, dimana setelah sebulan penuh ia berpuasa karena Allah SWT, pada hari Idul Fitri ia berbuka dan tidak berpuasa sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT.

Apa yang kita lakukan?

Biasanya di hari raya idul fitri, pagi harinya orang-orang akan berbondong-bondong datang ke masjid untuk menjalankan ibadah solat Ied. Setelah itu, barulah mereka berkumpul dan saling bermaaf-maafan. Ada juga yang datang ke tiap-tiap rumah untuk bermaafan. Sungguh momen yang indah dan jarang terjadi pastinya..

Semoga setelah berakhirnya bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, kita bisa benar-benar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Dan terakhir, kami segenap Keluarga dari Rihaal Umroh dan Edukasi mengucapkan “Taqabbalallaahi minna wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyakum minal ‘aaidzin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair.”

Mohon Maaf Lahir dan Batin Sahabat semua.

Selamat mudik ~

138 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini