Puasa Tidak Sahur Dulu, Bagaimana Hukumnya?

Puasa Tidak Sahur Dulu, Bagaimana Hukumnya?

Sobat Rihaal – Salah satu hal yang dianjurkan apabila akan menjalankan ibadah puasa Ramadhan yaitu menyantap sahur. Nah, ada satu pertanyaan tentang sahur yang banyak tersebar di masyarakat, yaitu tentang bagaimana hukum berpuasa tanpa sahur.

Hukum Sahur

sumber : google

Sebetulnya menyantap sahur sifatnya adalah dianjurkan bukan sesuatu yang wajib. Adapun tujuan dari menyantap sahur yaitu agar tubuh kita mempunyai energi dan tidak lemas saat menjalankan rutinitas sehari-hari.  Namun ada sebagian dari masyarakat yang berpendapat jika tidak sahur, maka puasanya tidak sah, dan kemudian ia membatalkan puasanya. Padahal membatalkan puasa wajib tanpa alasan yang dibenarkan, termasuk dosa besar.

 

 

Rasulullah SAW tidak pernah mengajarkan bahwa diantara syarat sah puasa adalah makan sahur. Karena itu, puasa seseorang tetap sah sekalipun paginya tidak sahur. Dalail tegas yang menunjukkan hal ini adalah dari ummul mukminin Aisyah radhiallahu ‘anha menceritakan:

“Rasulullah SAW berkata kepadaku di suatu hari: Wahai ‘Aisyah apakah kamu memiliki sesuatu (makanan)? Aku menjawab : Wahai Rasulullah. Kita tidak memiliki apa-apa. Maka beliau berkata: Saya akan puasa.” (HR. Muslim)

Dari hadits diatas dijelaskan bahwa Rasulullah pada saat itu bertanya kepada Aisyah apakah dirumah ada makanan. Kemudian Aisyah menjawab jika dirumah tidak ada makanan. Mengetahui hal itu akhirnya Rasulullah pun memutuskan untuk berpuasa.

Keutamaan Sahur

Jika kita dapat simpulkan, bahwa Nabi juga pernah menjalankan puasa tanpa melakukan sahur terlebih dahulu. Maka dari itu, sangat keliru apabila kita beranggapan jika sahur merupakan inti dari puasa. Akan tetapi melihat manfaat sahur yang sangat banyak, alangkah baiknya jika kita menyempatkan untuk sahur walaupun hanya seteguk air.  Sesungguhnya sahur itu mendatangkan keberkahan. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW “Bersahurlah kalian karena sesungguhnya dalam sahur itu ada berkah.” (HR. Bukhari).

99 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini