Preparation to Face of Ramadhan

Preparation to Face of Ramadhan

Ketika kita akan melakukan perjalanan, hal terpenting yang harus kita lakukan adalah persiapan. Persiapan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran perjalanan yang akan dilakukan. Bentuk dari persiapan sendiri sangat beragam, jika berbicara perjalanan maka persiapan yang diperlukan adalah seperti ittinerary, tiket akomodasi (spt penginapan dan transportasi), kecukupan materi, perlengkapan pakaian, perlengkapan mendesak (spt obat-obatan), dan lain-lain. Tanpa adanya persiapan ini bias jadi sesuatu itu akan kacau.

Persiapan sejatinya tidak hanya diperlukan bagi orang yang akan melakukan sebuah perjalan. Melainkan diperlukan untuk segala hal, seperti persiapan ujian sekolah, persiapan mengajar, persiapan menulis dan persiapan lainnya. Tak terkecuali persiapan dalam penyambutan bulan suci Ramadhan.

Kenapa persiapan menjadi penting? Lah wong dengan persiapan yang matang saja terkadang masih tidak sesuai harapan, kacau, gagal,dan jauh dari ekspektasi….apalagi yang tanpa persiapan…???!

Bagai persiapan untuk penyambutan bulan suci Ramadhan?

Minimal ada tiga hal yang perlu dipersiapkan dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini, yaitu:

  1. Persiapan Ruh dan Jasad.

Gimana Caranya?

Dengan cara mengkondisikan diri pada bulan Sya’ban (bulan sebelum Ramadhan) yang jatuh tepat pada hari ini tanggal 27 April 2017, dengan banyak melakukan puasa sunnah dan amalan-amalan mahmudah. Sehingga ketika kita telah berjumpa dengan bulan suci Ramadhan, kita sudah terbiasa dengan berpuasa dan melakukan aktivitas ibadah lainnya. Dan membuat kondisi ruhiyah dan jasadiyah kita membaik.

Hal ini pula yang membuat kondisi ruhiyah imaniyah kita meningkat, dan kondisi jasadiyah kita sudah siap, karena terlatih. Insyallah….

Lebih lanjut, persiapan ini juga dapat digunakan sebagai proses penyesuaian kondisi dari segala aspek. Karena tidak semua orang siap dengan kondisi yang tiba-tiba, ada sebagian orang yang tidak pernah berpuasa selama setahun, tiba-tiba berpuasa, hal ini terkadang akan membuat orang tersebut dalam keadaan shock condition, seperti: lemah, letih, lesu, demam, panas dingin dan sebagainya. Jika sudah seperti ini, pemaksimalan ibadah jadi berkurang.

Oleh karena itu, persiapan untuk memperbanyak puasa di bulan sya’ban sangat dianjurkan sebagai wujud persiapan. Hal ini sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah Saw yang terekam dalam sebuah periwayatan hadits Bukhari dan Muslim, sebagai berikut:

“‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha berkata: ”Rasulullah saw ber puasa, sampai-sampai

kami mengiranya tidak pernah meninggalkannya”. (HR. Bukharidan Muslim)

Dalam riwayat lain dikatakan bahwa: ”Beliau melakukan puasa sunnah bulan Sya’ban sebulan penuh, beliau sambung bulanitu dengan Ramadhan”.

  1. Persiapan Materi.

Bulan Ramadhan merupakan bulan muwaasah (bulan santunan). Sangat dianjurkan memberi santunan kepada orang lain,berapapun jumlahnya.

Rasulullah saw pada bulan Ramadhan ini sangat dermawan, sangat pemurah. Digambar kan bahwa sent uhan kebaikan dansantunan Rasulullah saw kepada masyarakat sampai merata, lebih merata ketimbang sentuhan angin terhadap benda-bendadi sekitarnya.

Hal ini sebagaimana diceritakan oleh Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu: ”Sungguh, Rasulullah saw saat bertemu denganmalaikat Jibril, lebih derma dari pada angin yang dilepaskan”. (HR Muttafaqun ‘alaih).

Santunan ini tentu tidak dapat dilakukan dengan baik kecuali jauh sebelum Ramadhantelah ada persiapan-persiapan materi yang memadai.

  1. Persiapan Fikri (Persepsi).

Minimal persiapan fikri ini meliputi dua hal, yaitu:

a.    Mempunyai persepsi yang utuh tentang Ramadhan dan keutamaan bulan Ramadhan.

b. Dapat memanfaatkan dan mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan yang secara logis dan konkritmengantarkan kepadapencapaian ketaqwaan.

Demikian sebagian dari persiapan yang bisa dilakukan untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan… sebenarnya masih banyak lagi hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambutnya. tapi setidaknya tiga hal tersebut di atas dapat mewakili persiapan-persiapan lainnya.

#perjalanansejutamakna

130 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini