Pilihan Oleh –Oleh Umroh Dan Haji Yang Perlu Sahabat Tahu

Pilihan Oleh –Oleh Umroh Dan Haji Yang Perlu Sahabat Tahu

Oleh-oleh umroh dan Haji-  Setiap yang pergi pasti akan kembali.  Kemana ? Ya kerumah sendiri. Nah bertepatan dengan kepulangan para jemaah Haji. Selain dari jemaah haji sendiri yang diharapkan kembali, Ada juga loh oleh –oleh yang dinanti.

Ngomongin masalah oleh-oleh, sahabat pasti langsung terngiang oleh-oleh kekinian?. Yup oleh-oleh yang masih diminati oleh sebagian remaja. Mungkin bagi sederet remaja ini beranggapan, bahwa belum kekinian jika mereka belum membeli oleh-oleh artis kekinian. Dan benar saja, rata-rata pengunjung yang rela antri dalam sebuah antrian panjang di toko oleh-oleh kekinian didominasi oleh kaum remaja yang notabene-nya adalah netizen (Online) yang haus akan sebuah eksistensi. Kenapa booming? Kenapa diminati? Mungkin karena oleh-oleh ini dimiliki  oleh sederet para artis yang mereka kagumi. Untuk rasa? Ya, coba saja sahabat rasakan sendiri.

Adapun beberapa artis yang ikut dalam bisnis oleh oleh ini di antaranya adalah: Zaskia Sungkar dan Irwansyah, Tengku Wisnu dan Shiren, Dude Herlino, Okie Setyana Dewi dan Ria Ricis, Saskia Adya Mecca dan Hanung B, dan masih banyak lagi sederet artis lainnya. Oiya, oleh-oleh kekinian ini ternyata bernaung dalam satu manajemen loh sahabat. Dan jumlahnya, kini sudah ada lebih dari 20 an jenis oleh-oleh kekinian yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.  Waw

Oke, kita kembali ke laptop.  karena bukan oleh-oleh artis kekinian ini yang akan kita bahas. Next…

Bagi kita yang hanya menanti kedatangan para jemaah haji, mungkin hanya dipusingkan dengan persiapan-persiapan menyambut kedatangan mereka saja. Berbeda  dengan para jamaahnya sendiri. Mereka akan direpotkan dengan banyaknya titipan-titipan kita, tak hanya doa, tapi buah tangan yang bejibun mintanya. Belum lagi jika sudah dibelikan. Mereka bingung,  bagaimana untuk mengepack nya. Dan bagaimana semua titipan kerabat dan keluarga terbawa semua. hahaha

Menjawab Masalah tersebut, Rihaal Edukasi mencoba untuk memberikan sedikit informasi dan sedikit berbagi terkait oleh-oleh umroh dan haji apa saja si yang layak untuk dibeli?

Oleh- Oleh Umroh Dan Haji

Oleh –oleh umroh dan haji memang bukan merupakan kewajiban atau bahkan tuntutan bagi umat muslim yang pergi ke Tanah Suci baik dalam niat umroh maupun niat berhaji. Namun, mempersiapkan semua ini. Baik di negara kita, maupun negara lainya, sudah menjadi sebuah tradisi yang tidak bisa kita pungkiri. Tapi tiada salahnya memberikan buah tangan kepada sanak kerabat sendiri. Dengan niat menyenangkan hati mereka yang diberi, ini sudah bernilai sebuah ibadah tersendiri.

Sering kali, jemaah haji kebingungan apa saja sih buah tangan yang layak untuk dibagi-bagi. Sebenarnya banyak sekali loh sahabat, jenis buah tangan yang bisa kita beri kepada sanak famili. Beberapa di antaranya:

Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah pasti akan menjadi prioritas pagi jemaah haji sebagai buah tangan yang akan dibagi. Tapi saran mimin nih. Belilah perlengkapan ibadah yang khas dari tanah suci. Misalkan, jika sahabat ingin membeli al-Quran belilah al-quran yang benar benar cetakan Saudi. Atau ingin beli tasbih, pastikan bukan negeri tirai bambu yang memproduksi. Paling tidak, carilah tasbih yang diproduksi di Timur Tengah. Tasbih qoqa misalnya. Begitupun dengan sajadah, mukena, peci Atau Gamis Pria.

Namun, jika sahabat ingin membeli dalam jumlah besar. Sahabat tak perlu  jauh-jauh pergi dan membeli di sana. Cukuplah sahabat pergi ke Tanah Abang di Jakarta, atau Kampung Arab, di Jalan Ampel suci, Surabaya, atau beberapa toko penyedia oleh- oleh  haji di kota-kota sahabat.

Coklat dan snack bercitarasa Kurma.

Jika kurma sudah terlalu mainstream buat sahabat untuk dibagikan kepada sanak famili. Sahabat boleh loh beralih untuk membeli coklat kurma, Kurma almond atau bahkan snack local dengan citarasa kurma. Tapi saran mimin, tetaplah beli kurma-kurma asli dari tanah suci. Sebagai pelengkap belilah coklat dan snack snack tadi.

(baca juga: Ia Menyembuhkan dan Menghalau Penyakit)

Dimana si belinya? Kalau ini, sahabat tidak usah khawatir. Banyak kok toko atau tempat yang menjajakan makanan makanan tadi. Makkah, Madinah dan Jeddah semua pasti ada toko yang menjajakan makanan- makanan jenis ini.

Untuk harga? Harga yang ditawarkan tentu beragam. Tapi, jika sahabat ditawarkan lebih murah dari toko atau tempat lainnya. Jangan mudah untuk bersenang hati. Coba sahabat tawar lagi. Bisa jadi, harga nya dapat dikurangi lagi. Hehehe

Sebagai referensi, untuk kurma Nabi (Ajwa) harga yang ditawarkan biasanya mulai dari 30 real (+- Rp. 90.000: jika Kurs Real =Rp 3000 / 1 Real)/ kilonya, hingga 100 real/ kilo. Kalau mimin pernah dapat harga 40 real perkilo dan sudah ada tempatnya.

Bagaimana dengan coklat kurma? Kurma Almond? Dan snack lokal?. Coklat kurma biasa dijajakan dalam berat 500 gram perbungkus dengan harga mulai 25 Real. Harga ini tak jauh beda dengan kurma almond. Sedangkan untuk snack lokal, mimin dapatkan di harga 5 real – 10 real per kardus kecil dengan isi 10 -15 pieces.

Kismis dan Kacang Arab

Jika Sudah ada Kurma, maka kurang lengkap jika tak ada kismis dan Kacangnya. Ketiganya selalu wajib ada untuk menemani zamzam dalam jamuan tamu-tamu kita. (Baca juga: Kisah Sumur Zamzam dan Keistimewahannya)

Sama dengan yang lainnya ( oleh-oleh umroh dan haji )kacang dan kismis tidaklah sulit untuk ditemukannya. Untuk harga, kacang Arab jenis futsuk yang dibanderol harga Rp150.000,00 per kg. Kacang ini, Selain rasanya gurih dan manis, juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil. Namun jika sahabat ingin membeli kacang lainnya, disana juga tersedia kacang almond dan sejenisnya. Harga kacang almond yang tersedia di toko-toko Arab adalah sekitar Rp105.000,00 per 500 gram. Jika kacang almond terlalu mahal buat sahabat, kacang Arab jumbo juga bisa jadi pilihan sahabat selanjutnya, dengan harga Rp60.000,00 per 500 gram. Jadi untuk kacang-kacangan sahabat pilih yang mana nih?

Sedangkan untuk harga kismis per kilogramnya dibandrol dengan harga +- Rp170.000,00.

Tapi jika sahabat tidak ingin ribet beli terpisah. Saat ini, sudah ada beberapa paket oleh-oleh haji yang berisi kismis, kacang Arab, kurma, air Zam-Zam dan bonus gelas cantik. Jika sahabat ingin mendapatkan paket oleh-oleh haji yang cukup praktis dan efisien, sahabat dapat memilih bentuk paket tersebut.

Parfume dan Kosmetik Arab

Last but not least, barang yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh umroh dan haji adalah parfume dan kosmetik. Tentu banyak sekali jenis parfume yang dijajakan disana. Begitu pula dengan aromanya. Inilah yang membuat sahabat pusing untuk menentukannya. Yang pasti, semua ini sangat mudah dicari ketika sahabat berkunjung ke sana.

Oiya sahabat, kalau mimin boleh saran, pilihlah parfume yang tanpa alkohol dan murni 100 % tanpa campuran. Meskipun lebih mahal tapi ini akan tahan lebih lama, dibandingkan dengan jenis parfume yang sudah ada campurannya. Untuk harga parfume murni tanpa campuran, biasa dimulai dengan harga 5 – ratusan Real/ botol, tergantung dari ukuran botol dan jenis aromanya. Kalau sudah di harga ratusan Real. Jangan lupa ditawar loh sahabat. Jika perlu tawar lebih dari setengah harganya.

Dari pengalaman mimin, mimin pernah dapat harga parfume yang dijajakan seharga 600 Real jadi 150 Real dan harga 350 Real jadi 120 Real. Wow kan sahabat?. Bagaimana caranya? Kok bisa? Dateng aja ke kantor Rihaal. Nanti mimin kasih tips dan triknya.

Demikianlah oleh-oleh anti mainstream yang dapat sahabat pilih. Semua oleh-oleh di atas bisa dibeli di pertokoan di sana. Atau jika sahabat ingin membeli secara grosir dengan harga yang lebih murah. Sahabat bisa mendapatkan oleh-oleh haji di Tanah Abang Jakarta, Pasar Bong Surabaya, atau di pasar-pasar di kota sahabat. dan perlu sahabat ingat, bahwa tidak semua ada di Indonesia.

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp