Perbuatan Apa Sajakah Yang Membatalkan Itikaf?

Perbuatan Apa Sajakah Yang Membatalkan Itikaf?
sumber: pinterest

Sobat Rihaal – Memasuki 10 malam terakhir di bulan Ramadan, kini saatnya bagi kita untuk memperbanyak ibadah kita, khususnya pada malam hari. Seperti yang disampaikan oleh Ummul mukminin, Aisyah menceritakan tentang kondisi Nabi SAW ketika memasuki 10 hari terakhir Ramadan, “Beliau (Rasulullah) jika memasuki 10 hari terakhir Ramadan, mengencangkan ikat pinggang, menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya.”

Hal itu dikarenakan di 10 terakhir ini merupakan penutupan bulan Ramadan, sedangkan amal perbuatan itu tergantung pada penutupannya atau akhirnya. Rasulullah SAW berdoa, “Ya Allah, jadikanlah sebaik-baik umurku adalah penghujungnya dan jadikan sebaik-baik amalku adalah pemungkasnya. Dan jadikan sebaik-baik hari-hariku adalah hari dimana saya berjumpa dengan-Mu kelak.”

Oleh sebab itu, 10 hari terakhir Ramadan merupakan pamungkas bulan ini, sehingga hendaknya tiap manusia mengakhiri bulan puasa Ramadan dengan kebaikan dengan memperbanyak ibadah.

Itikaf itu sendiri merupakan salah satu ibadah yang biasa dilakukan seorang Muslim dengan niat untuk berdiam diri di masjid. Itikaf bertujuan untuk memburu malam Lailatul Qadar yakni malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Hal yang Membatalkan Itikaf

Akan tetapi ketika kita sedang beritikaf, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui terkait apa saja yang bisa membatalkan I’tikaf. Yaitu,

  1. Meninggalkan masjid dengan sengaja tanpa tujuan
  2. Hilang akal, karena gila atau mabuk
  3. Haidh
  4. Nifas
  5. Berjima’ (bersetubuh)

 

sumber : islampos.com

1 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini