Penting Diketahui! Dengan Siapa Sebaiknya Kita Bersahabat?

Penting Diketahui! Dengan Siapa Sebaiknya Kita Bersahabat?

Sobat Rihaal – Bisa berteman dengan banyak orang, memang suatu hal menyenangkan. Apalagi jika teman tersebut sudah sangat memahami dan mengerti kita. Akan tetapi, ketika akan memilih seorang sahabat, setiap muslim diharuskan memilih sahabat yang baik dan juga seiman. Pasalnya, kehadiran seorang sahabat berpengaruh besar terhadap kehidupan kita nantinya. Mengapa? Simak penjelasannya dibawah ini:

Bagaimana Memilih Sahabat?

Seorang muslim boleh berteman dengan siapapun, tapi untuk bersahabat pastikan dia beriman. Allah berfirman dalam surat Al-Maidah ayat 51;

“Jangan jadikan orang yahudi dan Nasrani (tidak berislam) sebagai Auliya (sahabat, pemimpin, wali, orang kepercayaan).”

Dalam sebuah hadits dikatakan pula, “Orang itu tergantung agama temannya. Maka lihatlah siapa teman kalian. (Abu Daud dan Tirmidzi).

Banyak juga yang mengatakan jika ingin mengenal seseorang, maka tanyakan dengan siapa ia berteman. Dari teman, kita juga bisa mengetahui kepribadian seseorang. Jika dia berteman dengan orang-orang baik, maka besar kemungkinan dia juga baik dan pantas untuk dijadikan teman akrab.

Bahaya Tidak Mempunyai Sahabat

Untuk menggambarkan betapa pentingnya memiliki sahabat, Rasullullah SAW memerintahkan kita agar tidak sendirian saat bepergian jauh/safar termasuk umrah. Hendaklah kita mencari seseorang untuk menemani kita.

لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي الوَحْدَةِ مَا أَعْلَمُ، مَا سَارَ رَاكِبٌ بِلَيْلٍ وَحْدَهُ

“Seandainya orang-orang tahu bahaya sendirian sebagaimana aku mengetahuinya, niscaya mereka enggan pergi sendirian malam-malam.” (Al-Bukhari).

Manfaat Memiliki Sahabat

Salah satu manfaat atau keberkahan yang akan kita dapatkan jika mempunyai sahabat yang baik ialah, bisa menjadi alarm (pengingat) kebaikan bagi kita. Dikatakan pula kelak orang-orang yang tersesat meratapi nasibnya pada hari kiamat. “Dan tiadalah yang menyesatkan kami kecuali orang-orang berdosa. Maka kami tidak mempunyai pemberi syafa’at seorangpun dan tidak pula mempunyai teman yang akrab.” (Surah Asy-Syu’ara (26) : 99-101)

Selain itu, sahabat yang baik juga akan mengajak kita kepada kebaikan pula. Seperti halnya, mengajak kita untuk solat berjamaah, berpuasa, dan bahkan pergi umroh bersama. Bayangkan, betapa serunya jika kita bisa beribadah dengan sahabat kita sendiri. Pasti sebuah momen langka yang jarang terjadi bukan?

Yuk, mulai cari sahabat yang baik dan ajak mereka untuk merencanakan umroh bersama Rihaal.

Hub. Septri Rihaal : 0822-5000-0762

22 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini