PADANG, KOTA RELIGIUS YANG BERPRESTASI

PADANG, KOTA RELIGIUS YANG BERPRESTASI

Sobat Rihaal – Padang, menjadi kota tujuan pertama Rihaal Go To Indonesia Raya kali ini. Dengan semangat menyambung ukhuwah, perjalanan sejauh apapun Insha Allah akan tetap kami tempuh. Tahukah sobat jika Padang juga terkenal dengan kota yang kental dengan kereligiusannya. Nah, kira-kira ada fakta menarik apa yang akan kita dapatkan di kota Padang? Yuk simak penjelasannya dibawah.

Muslim di Padang

Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia. Dari sekitar 528 juta jiwa penduduk Indonesia, sekitar 87 persennya memeluk agama Islam. Dilansir dari Wikipedia, islam di Sumatera Barat adalah agama yang dipeluk oleh sekitar 98% penduduk Sumatera Barat. Prosentase pemeluk Islam di Sumatera Barat akan meningkat menjadi 99,6% jika kabupaten Kepulauan Mentawai tidak dimasukkan karena 1,4% dari 2% yang tidak menganut Islam merupakan penghuni kabupaten tersebut.

Masuknya Agama Islam

Agama Islam pertama kali memasuki Sumatera Barat pada abad ke-7, dimana pada tahun 674 telah didapati masyarakat Arab di pesisir timur pulau Sumatera. Selain berdagang, secara perlahan mereka membawa masuk agama Islam ke dataran tinggi Minangkabau atau Sumatera Barat sekarang melalui aliran sungai yang bermuara di timur pulau Sumatera, seperti Batang Hari.

Kota yang Religius

Sebagai salah satu bukti kota Padang dikenal sangat religius adalah banyaknya dai atau ulama di kota tersebut serta masjid-masjid yang berdiri kokoh dengan megahnya. Bahkan kota ini semakin terpandang setelah beberapa waktu lalu mengirimkan perwakilannya dan berhasil menyabet juara MTQ tingkat nasional. Bukan hanya seklai atau dua kali saja, tapi sudah sebanyak 23 kalinya. Ini jadi bukti jika pemerintah Padang memang sangat perhatian kepada hal-hal yang bersifat agama seperti itu.

Selain itu, pernah juga pada Ramadhan tahun 2016 yang lalu, kota Padang mewajibkan bagi para PNS untuk mengganti seragam kedinasan mereka dengan pakaian muslim, khususnya bagi yang beragama Islam. Sedangkan yang non-muslim dapat menyesuaikan pakaiannya.

Destinasi Muslim di Padang

Jika akan berkunjung ke Padang, seorang muslim wajib mengunjungi masjid yang ada disana. Salah satunya Masjid Raya Sumatera. Masjid terbesar di Sumatera Barat ini, terletak menghadap Jalan Khatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, kota Padang.

Masjid ini memiliki arsitektur yang sangat unik dan tahan gempa. Bangunan utama yakni masjid terdiri dari tiga lantai dengan denah seluas 4.430 meter persegi. Peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan yaitu pada 21 Desember 2007 oleh Gubernur Sumatera Barat Gamawan Fauzi.

Nah sobat, tak hanya indah tempat dan orangnya, tapi segala aspek yang ada juga membuat kota ini semakin menarik untuk dikunjungi. Oleh karena itu, Padang menjadi kota pertama yang akan dikunjungi oleh Pak Dir dan Bu Dir Rihaal terkait program Rihaal Go To Indonesia Raya.

Selamat berjumpa kawan-kawan Padang ^^

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp