Negeri Seribu Menara

Negeri Seribu Menara

Sejarah panjang negeri ini, telah berlangsung sejak sekitar 7000 tahun yang lalu. Sehingga, membuat negeri ini layak menyandang gelar “Bumi Peradaban”. Pada setiap jengkal tanahnya, seolah mengisahkan sejarah tersendiri bagi kita yang menapakinya. Berjalan di negeri ini, seperti menelusuri sebuah museum raksasa yang menyimpan ribuan peninggalan sejarah dari berbagai peradaban. Mulai dari peradaban kuno hingga peradaban Islam. Inilah Mesir, Negeri seribu menara. Negerinya para Ulama, dan Ummu Dunya (ibunya dunia).

Sejarah mencatat, telah terjadi pergumulan antarperadaban di negeri ini. Imperium-imperium besar seperti Bizantium, Persia, Yunani, dan Romawi saling merebutkan negeri ini. seakan memperlihatkan betapa istiwemah dan berartinya tanah ini.

Khazanah peradaban masa lalu telah mengangkat Negeri Mesir ke pentas dunia. Bahkan tidak sedikit kalangan yang menganggap Mesir layak untuk di sebut Mahd al Hadarat, induk dari segala peradaban. Negara yang berada di sudut timur Benua Afrika ini sekilas tampak biasa, layaknya negara berkembang lainnya. Namun menjadi luar biasa karena kekayaan budaya dan warisan sejarah yang dimilikinya.

Oleh karena itu, mesir selalu menarik perhatian bagi siapapun yang mendengar dan mengenalnya. Peradaban yang dikandungnya telah menjadi magnet bagi warga dunia untuk mengunjunginya. Tercatat, bahwa kunjungan wisatawan ke Mesir tahun 2010 mencapai 14,7 Juta wisatawan, dengan pendapatan negara mencapai 12,5 juta USD. Ini berarti, bahwa  Mesir masuk dalam urutan teratas dari deretan negara-negara yang menjadi tujuan wisata dunia. Piramida dan sphinx, yang telah ada dan berdiri kokoh sejak ribuan tahun silam tak hanya menjadi icon negeri ini, tapi juga menjadi salah satu keajaiban dunia. Keduanya mempunyai magnet dan daya tarik tinggi bagi para wisatawan yang mengunjunginya.

Setidaknya ada 10 Destinasi populer di negeri ini. Berikut di antaranya:

  1. Piramida dan Sphinx di Giza.
  2. Kairo dan seisinya
  3. Alexandria dan Mediterania
  4. Laut Merah
  5. Luxor
  6. Sungai Nil
  7. Hurghada
  8. Sharm el-Sheikh
  9. Karnak
  10. Gunung Sinai

Adapun untuk bangunan-bangunan bersejarah setidaknya terdapat 15 bangunan terpopuler yang dapat wisatawan kunjungi. 12 bangunan di antaranya adalah bangunan masjid yang bernilai sejarah dan bernilai arsitektur tinggi. Berikut di antaranya:

  1. Masjid Al Azhar
  2. Masjid Amru bin Ash
  3. Masjid Ahmad Ibn Thulun
  4. Masjid Husain
  5. Masjid Sultan Hasan dan Rifa’i
  6. Masjid, Sekolah dan Rumah sakit Qalawun
  7. Masjid Babul Zoewila dan Muayyad
  8. Masjid Qait Bey
  9. Masjid Al-Azraq
  10. Masjid Alabaster (Masjid Muhammad Ali)
  11. Masjid Imam Syafi’i
  12. Masjid Shalahuddin Al-Ayyubi
  13. Museum Nasional Mesir
  14. Perpustakaan Iskandaria (Alexandria)
  15. Benteng Qait bey
  16. Taman Muntazah

Itulah sebagian nama tempat dan bangunan yang bersejarah di Mesir, masih banyak lagi tempat yang bisa dikunjungi di Negeri ini. Seperti makam-makam ulama bahkan nabi, ataupun tempat tempat perbelanjaan.

Semoga di lain waktu dan kesempatan, kami dapat membahas beberapa destinasi wisata yang telah disebutkan di atas secara terperinci. Insyallah.

Sumber : Encyclopedia of Islamic Civilization: Mesir , dan Wikipedia.

Rihaal Umroh

www.sekolahumroh.com

257 total views, 7 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini