MUSLIMAH, MENGAPA KITA HARUS MENJADI IBU BERKUALITAS SEPERTI SITI HAJAR?

MUSLIMAH, MENGAPA KITA HARUS MENJADI IBU BERKUALITAS SEPERTI SITI HAJAR?

“Anak-anak yang tangguh berasal dari orang tua yang hebat. Mengharapkan anak sekualitas Ismail maka belajarlah menjadi Ayah sehebat Ibrahim dan Ibu sekualitas Hajar.” – Ust Bendri Jaisyurrahman

Sobat Rihaal, memiliki anak yang sholeh merupakan kebanggaan tersendiri bagi seorang Ibu.Salah satu sosok seorang Ibu yang patut untuk kita teladani ialah Ibunda Siti Hajar. Siapakah beliau? dan keteladanan seperti apa yang dimilikinya yang perlu kita contoh? simak penjelasannya di artikel berikut.. 🙂

Siapakah Ibunda Siti Hajar?

Ibunda Siti Hajar merupakan istri dari Nabi Ibrahim Alaihis Salam. Dari pasangan ini, dikaruniai anak bernama Nabi Ismail Alaihis Salam.

Siti Hajar adalah wanita yang begitu mulia, cantik jelita lagi penuh kesabaran juga ketegaran. Sebagai seorang istri, Siti Hajar begitu patuh pada suami. Ia juga merupakan seorang wanita yang tawakal dan beriman dengan sungguh-sungguh hanya kepada Allah semata. Wanita yang menjadi perantara munculnya mukjizat air zam-zam ini bahkan dikenal sebagai sosok yang taat beribadah, tak pernah mengeluh atau pun pantang menyerah dalam berbuat kebaikan.

Ingin berziarah ke makam-makan Nabi dan Rasul beserta para sahabatnya.. bisa ikut paket umroh ini yukk

Keteladanan Dari sosok Siti Hajar

Bentuk keteladan yang patut kita contoh dari Ibunda Siti Hajar dalam mendampingi sang suami (Nabi Ibrahim as) dan mendidik anaknya Ismail ialah :

a. Siti Hajar yang Peka Terhadap
Tahukah sahabat jika Siti Hajar merupakan istri kedua dari Nabi Ibrahim as. Ketika Nabi Ismail lahir, mulailah timbul kecemburuan dari istri pertama Nabi Ibrahim yaitu Siti Sarah. Siti Hajar yang perlahan mulai mengetahui kecemburuan yang dialami oleh Siti Sarah pun akhirnya Allah memberi putusan bagi Siti Hajar untuk berhijrah.. Allah memerintahkan Ibrahim untuk membawa Siti Hajar beserta puteranya Ismail untuk pergi dan berpindah dari daerah tersebut dan menempatkeduanya di dekat Baitullah di sisi pohon dauhah―pada bagian atas sumur Zamzam dan Masjidil Haram menurut perkiraan sekarang.

Baca juga :

Family Project Keluarga Nabi Ibrahim

b. Siti Hajar yang Tegar dan Taat Kepada Suami
Nabi Ibrahim meninggalkan Siti Hajar dan Ismail di tempat tersebut. Ketika Nabi akan pergi, Siti Hajar kemudian bertanya “Hendak kemanakah engkau wahai Ibrahim? Engkau meninggalkan kami di lembah yang tiada teman ini? ” Sampai Siti Hajar mengulang pertanyaannya, Nabi Ibrahim pun tak menjawab. Dan ketika ditanya lagi oleh Siti Hajar apakah Allah yang menyuruhnya demikian? seketika Nabi menjawab “Benar”
Setelah mendengar jawaban tersebut pun kemudian Siti Hajar berhenti bertanya dan mengikhkaskan keputusan Nabi Ibrahim

c. Siti Hajar yang Gigih
Sementara itu, Ibunda Siti Hajar menyusui Ismail kecil dan minum dari tempat perbekalannya. Setelah air itu habis, ia kehausan. Demikian pula anaknya. Dengan penuh cinta, ia beranjak pergi mendaki Bukit Shafa. Ketika tak menemukan apa yang dicarinya, ia menaiki Bukit Marwah. Terus-menerus seperti itu sebanyak tujuh kali, sampai datanglah pertolongan Allah. Tiba-tiba air keluar dari bawah kaki Ismail kecil yang menangis karena kehausan.
Hajar takjub dan berkata, ”Zamzam, zamzam. Berkumpul-berkumpul.” Ia segera membuat kolam kecil agar air Zam-zam tak kemana-mana.

sumber : Sygma Daya Insani

Majelis Rihlatulillah


Nah sahabat, untuk bisa meneladani kisah Nabi Ibrahim dan juga Siti Hajar lebih baik lagi maka dengan ini kami mengundang sahabat untuk hadir dalam agenda launching Majelis Rihlatul Lillah bersama Ust. Bendri Jaisyurrahman yang insyaa Allah dilaksanakan pada:

Ahad, 14 Oktober 2018
Pukul 09.00-11.00 WIB
Masjid Syuhada Jogja (Kotabaru)
HTM: Free | Siapkan infaq terbaik untuk Palu

Konfirmasi kehadiran:
Tashia 0822-5000-4064 atau klik https://wa.me/6282250004064 | Follow IG @majelisrihlatulillah

Info Paket Umroh Klik Disini

229 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini