Museum Kereta Api Anbariya. Tempat Paling Legendaris di Kota Madinah

Museum Kereta Api Anbariya. Tempat Paling Legendaris di Kota Madinah

Sebagaimana yang pernah kami bahas, bahwa Museum merupakan cerminan dari sejarah dan peradaban suatu bangsa. Museum menjadi penting bagi setiap daerah, baik negara maupun kota untuk menampilkan dan mendeskripsikan sejarah dan peradaban yang dimilikinya. Karena di tempat inilah, sisa peninggalan dari suatu peradaban dan sejarah terekam dan diabadikan. Pada setiap negara maupun kota, tentunya akan memiliki koleksi yang berbeda. Oleh karena itu, museum menjadi cerminannya.

Berbicara sejarah dan peradaban, kota Makkah dan Madinah merupakan kota yang penuh dengan peradaban dan sejarah, khususnya sejarah Islam. Di Kota Makkah, berdasarkan pada penyelenggaraannya, Museum dapat diklasifikasikan ke dalam tiga kategori, yaitu;Pertama, Museum Pemerintah( seperti  Museum Makkah al-Mukarramah lil Atsar Wa Turats dan Ma’radh Imaratul Haramain As-Syarifain), Kedua, Museum koleksi pribadi (seperti At-Turats Al-Insani, Dinar al-Islami, At-Turats AL-Makky, Muthaf Umm Qura’), dan Ketiga, adalah Museum Ilmiyah (seperti Museum Umm Qura’). Sedangkan Di kota Madinah al-Munawwarah minimum terdapat dua Museum terpenting yang dimilikinya. Pertama adalah Museum Multimedia dan kedua adalah Museum Kereta Api Anbariyah. Dan dua Museum inilah yang akan kita bahas di sini. InsyaAllah Bi Idznillah

1. Museum Multimedia

Sepertinamanya, Museum ini menawarkan kepada kita para pengunjung  sebuah perdaban dan sejarah yang telah dikemas dalam bentuk Media Audio Visual. Museum ini didirikan pada tahun 1419 H atau 1999 M, yang berada di jalan Raya Sittin. Museum ini terletak di lantai bawah tanah bagian depan Gedung Markaz Wakaf al-Dawudiyah. Letaknya tidak jauh dari gerbang Tsaniyah al-Wada’.

Museum ini menawarkan beberapa benda peninggalan bersejarah dan juga dokumentasi  dari tempat tempat bersejarah.  Dokumentasi yang diperlihatkan pada museum ini di antaranya seperti foto –foto Masjid Nabawi dari masa ke masa. Demikian pulafoto-foto Jabal Uhud, dan pegunungan pegunungan lainnya serta tempat bersejarah lainnya yang berada di sekitar kot Madinah ini.

Ingin Umroh tapi terkendala biaya? Daftar Umroh Super Promo aja..

Terdapat beberapa hal yang istimewah yang ditawarkan kepada pengunjung pada Museum ini, antara lain:

  • Adanya replika makam Rasulullah Saw dan Raudhah;
  • Replika Masjid Nabawi pada zaman Rasulullah Saw dengan dinding yang terbuat dari tanah liat, atap yang terbuat dari pelapah kurma, serta penerangan dari tangkai kurma yang dibakar;
  • Denah lokasi Perang Uhud, yang digambarkan secara detail lokasi pasukan Muslim dan kafir Quraisy;
  • Ruang Multi Media tentang serba-serbi Madinah.

Baca juga :

Fakta Menarik Masjid Biru (Blue Mosque) Turki yang Perlu Kita Tahu

Inilahh Keunikan Monumen-monumen di Sekitar Padang Arafah

2. Museum Kereta Api Anbariyah

Museum Kereta Api Anbariyah merupakan saksi bisu atas kedigdayaan khilafah Utsmaniyah dan mimpi besar dari Sultan Abdul Hamid II, untuk menyatukan dunia Islam dengan menyambungkan pusat khilafah di Istanbul dengan Pusat Islam Makkah dan Madinah.

Hijaz Railways atau Jalur kereta api Hijaz merupakan program terbesar dan termahal yang pernah dibangun Dinasti Utsmaniyah modern. Hijaz Railways membentang 1.230 km dari Damaskus, Yerusalem, Amman, Madaen Saleh hingga Madinah al-Munawarah dengan An-bariyah  sebagai stasiun utamanya. Rencana besar Sultan Abdul Hamid II dari anbariyah jalur kereta ini akan dilanjutkan hingga ke Makkah al-Mukarramah.

Pertama kali ide pembangunan Hijaz Railways ini muncul pada tahun 1864. Namun perealisasiannya, baru bisa dilakukan pada tahun 1900. Dan Hijaz Railways ini diresmikan kurang lebih 9 tahun setelah masa pembangunannya, yaitu pada tanggal 1  September 1908 bertepatan dengan hari naik tahtanya Sultan Abdul Hamid II.

Pembangunan ini sangat berarti bagi penduduk Syiria, Yordania dan Palestina yang hendak melakukan ibadah Umroh dan Haji. Karena dengan pembangunan ini, waktu jarak tempuh yang biasanya memakan waktu kurang lebih 1 bulan, dapat dipersingkat dengan 2 hari saja.

Namun sangat disayangkan infrastruktur monumental ini dihancurkan oleh para pemberontak Arab yang bersekongkol dengan pengkhianat dari Inggris yang bernama T.E. Lawrence ( yang dikenal dengan sebutan Lawrence the Arab). Hal ini karena keduanya tidak ingin jika Islam bersatu dan tersambungnya Istanbul, Damaskus, Makkah dan Madinah.

Sumber: Encyclopedia of Islamic Civilization

Info Paket Umroh Klik Disini

203 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini