Mevlana Museum, Primadona Konya Yang Tersembunyi

Mevlana Museum, Primadona Konya Yang Tersembunyi
sumber: unspalsh.com

Sobat Rihaal – Konya merupakan kota yang identik dengan tokoh sufi besar dunia. Kota ini juga merupakan, kota yang dihuni pertama kali dalam sejarah umat manusia. Tanahnya yang subur di sekitar kota menjadikan Konya pusat dari industri gandum di Turki, dengan skala industri pertanian yang besar. Kental akan tradisi, kota ini adalah tempat paling konservatif dan religius di Turki dan terkenal sebagai rumah dari Jalaludin Rumi, sufi mistis yang menemukan Whirling Dervish (Tarian Darwis).

Jika kita telusuri jejaknya jauh ke belakang lagi, Konya mulai dihuni oleh manusia dari tahun 3000 Sebelum Masehi dan termasuk salah satu kota tertua di dunia. Konya dulu dikenal dengan nama Ikonium (bahasa Latin. Banyak wisatawan yang mengatakan jika akses untuk menuju kota ini sangat mudah, sehingga banyak turis yang memilih untuk berkunjung ke Konya. Selain wisata religinya, di Konya juga banyak terdapat tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi salah satunya yaitu:

Mevlana Museum

sumber: google.com

Bangunan Mevlana Museum sebelumnya merupakan asrama bagi pengikut Tarekat Mevlevi yang didirikan Jalaludin Rumi pada abad ke-13. Museum ini juga merupakan kompleks makam (mausoleum) Jalaluddin Rumi dan murid-muridnya. Bangunan mausoleum Jalaluddin Rumi didirikan pada 1274, didanai oleh pembesar-pembesar Bani Seljuk kala itu. Bagian-bagian pada Mevlana Museum menampilkan perpustakaan, dapur, ruang pertemuan, dan semahane, yakni ruangan khusus untuk menggelar sema atau tarian sufi. Di museum dan sekaligus masjid ini kita dapat melihat makam yang sangat terawat dengan baik. Dapat juga melihat Al-Quran kuno dengan tinta emas, dan puisi-puisi Mevlana yang disimpan di dalam kotak kaca. Sementara di beberapa bangunan museum, terdapat juga patung lilin yang dibuat menyerupai para Sufi waktu itu dengan tarian Sufinya.

2 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini