Meraih Seribu Pahala Shalat di Masjid Nabawi

Meraih Seribu Pahala Shalat di Masjid Nabawi

Sobat Rihaal – Apa yang terbesit dalam benak kita semua ketika ditanya ‘apakah ingin berkunjung dan beribadah di Raudhah?’ tentulah sebagian Muslim akan menjawab ‘sangat ingin’. Itulah kesempatan yang sedang dirasakan oleh jamaah Trip I’tikaf Rihaal pada Ramadan tahun ini. Betapa bahagianya mereka, karna bisa solat berjamaah di Masjid Nabawi, meskipun bukan di depan Raudhah.

Yup, siapa yang tidak ingin dan bersemangat jika diberi kesempatan untuk beribadah di Raudhah. Apa Sebenernya Raudhah itu? Keistimewaan apa saja yang dimilikinya, sehingga banyak orang yang berbondong-bondong untuk mendatangi dan beribadah di tempat itu?

Secara bahasa “raudhah” berarti kebun atau taman. Sedangkan yang dimaksud Raudhah di sini adalah suatu tempat yang berada di antara mimbar dan makam Muhammad. Tempat ini selalu digunakan oleh Nabi Muhammad untuk melakukan shalat sampai akhir hayat beliau. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Tempat di antara kubur dan mimbarku ini adalah Raudhah (kebun) di antara beberapa kebun surga.”

Raudhah merupakan sentral yang menjadi perhatian kaum Muslim yang berkunjung ke Madinah khususnya di Masjid Nabawi ini. Begitu banyaknya orang berlomba untuk berada di dalamnya agar bisa shalat dan berdoa sehingga para askar (penjaga keamanaan Masjid) sangat sibuk mengatur jamaah agar tidak terjadi desak-desakan dan keributan.

Keutamaan Solat di Masjid Nabawi

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi SAW bersabda, “Tidaklah pelana itu diikat yaitu tidak boleh bersengaja melakukan perjalanan (dalam rangka ibadah ke suatu tempat) kecuali ke tiga masjid: Masjidil Haram, Masjid Rasul SAW dan Masjid Aqso.” (HR. Bukhari 1189 dan Muslim no. 1397)

Kemudian Nabi SAW bersabda, “Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik dari 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Haram” (HR. Bukhari no. 1190 dan Muslim no. 1394, dari Abu Hurairah)

Begitu banyak keutamaan yang akan didapatkan jika dapat beribadah di ketiga masjid tersebut. Begitu pula jika di Masjid Nabawi dan di Raudhah nya, bisa dibayangkan kita akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat. Sungguh Maha Besar Allah atas segala Kuasa-Nya….

 

 

sumber : Ensiklopedia Peradaban Islam Madinah

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp