Menyusuri Gua Ashabul Kahfi, Yordania

Menyusuri Gua Ashabul Kahfi, Yordania

Cave of the Seven Sleepers, Yordania (pic source: travelawan.com)

Bismillah… Dear, sobat pecinta traveling. Mari menjelajah ke sebuah tempat yang sangat bersejarah, bahkan diabadikan dalam kitab suci kita. Ada yang bisa menebak? Tempat ini disebutkan dalam surat yang disunahkan bagi kita membacanya di hari Jum’at. Tentang kisah tujuh pemuda yang melarikan diri demi menyelamatkan imannya dari penguasa lalim. Ya, betul sekali sobat… Kisah ini kita kenal dengan kisah Ashabul Kahfi. Nah, tempat yang dimaksud tidak lain gua di mana peristiwa itu terjadi.

Allah SWT berfirman yang artinya, “(Ingatlah) tatkala pemuda-pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa: Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).” (QS Al-Kahfi:10)

Ada banyak versi yang menyatakan di mana lokasi keberadaan gua yang dimaksud pada ayat tersebut. Ada yang menyebutkan Gua Ephesus di Anatolia, Turki; Gua Damsyik, Suriah; gua di Amman, Yordania; dan masih banyak versi lainnya di tempat yang berbeda. Lalu para ulama klasik maupun kontemporer melakukan penelitian di tempat-tempat tersebut dan mencocokkannya dengan keterangan dalam Al-Qur’an. Kesimpulan yang didapat yakni bahwa gua Ashabul Kahfi yang dimaksud terletak di Amman, Yordania.

Salah satu alasan yang memperkuat hasil penelitian tersebut yakni keterangan yang disebutkan dalam ayat 17 Surat Al Kahfi yang berbunyi,”…matahari cenderung ke kanan dari gua mereka dan terbenam di sebelah kiri. Sedang mereka berada dalam tempat yang luas dalam gua itu.”

Lokasi gua Ashabul Kahfi di Amman, Yordania memiliki lubang di bagian atas gua sehingga cahaya dapat masuk dan bentuk fisiknya yang sangat luas, lapang dan tidak dalam. Lokasi gua tersebut tepatnya berada di kota Abu Alanda (Jordan), di sebuah perkampungan yang bernama Al-Rajib atau dalam Al Qur’an disebut Al-Raqim, terletak sekitar 10 km sebelah timur ibukota Amman. Tempat ini dikenal pula dengan Cave of The Seven Sleepers.

Yordania merupakan sebuah negara yang berbentuk kerajaan, lengkapnya Kerajaan Hayimiyah Yordania (al-Mamlakah al-Urduniyah al-Hasyimiyah) dan salah satu negara di Timur Tengah. Kerajaan ini didirikan oleh Amir Abdullah pada tahun 1922 berdasarkan mandat yang diberikan oleh penguasa Inggris yang menguasai sebagian besar kawasan Timur Tengah saat itu, setelah mengalahkan Kesultanan Turki Utsmaniyyah bersama kekuatan Eropa lainnya. Pada tahun 1946, negara ini secara resmi bergabung dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai negara merdeka.

Secara geografis berbatasan dengan Suriah di sebelah utara, Arab Saudi di timur dan selatan, Irak di timur laut, dan Palestina (Tepi Barat) di sebelah barat. Selain gua Ashabul Kahfi, Yordania juga memiliki tempat-tempat bersejarah lain seperti Wadi Rum, Laut Mati, Teluk Aqaba, Petra, Gereja Byzantium, Hercules Temple, Masjid Umayyad, dan lain-lain.

Demikian ya sobat, sedikit review tentang gua Ashabul Kahfi di Amman, Yordania. Satu referensi wisata reliji jika kelak insyaa Allah kita bisa berziarah ke sana… 🙂

132 total views, 3 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini