Menjelajahi Zaman Batu di Kapadokia

Menjelajahi Zaman Batu di Kapadokia

Menikmati Kota Batu Cappadocia dengan balon udara (pict source: commons.wikimedia.org)

Dear sobat pecinta perjalanan… Jalan-jalan ke Turki rasanya tidak lengkap jika tidak singgah ke kota satu ini. Pemandangan alamnya yang khas lagi unik dijamin akan memuaskan sobat semua.

Cappadocia (bahasa Inggris) atau Kapadokya (dalam bahasa Turki yang artinya Land of Beautiful Horses, negeri dengan kuda-kuda yang indah) merupakan daerah bersejarah di Anatolia Tengah, Provinsi Nevsehir, Turki. Sebuah kota yang terletak sekitar 200 mil di selatan Ankara, ibukota Republik Turki; atau sebelah barat daya kota besar Kayseri, yang dapat ditempuh dengan jalur udara dan kereta api ke Ankara dan Istanbul.

Cappadocia (1)

Rumah dan bangunan yang terbuat dari batu, Cappadocia (Source: Google)

Menurut Herodotus, Bapak Sejarah yang hidup pada abad ke 5 SM (sekitar tahun 484-425 SM), wilayah Kapadokia meliputi daerah dari pegunungan Taurus ke wilayah Euxine (Laut Hitam) dengan batas wilayah bagian selatan yakni rangkaian pegunungan Taurus yang memisahkannya dari daerah Kilikia; batas utara Pontus; batas barat Likaonia; dan batas timur hulu sungai Efrat dan dataran tinggi Armenia. Kota ini pertama kali diukir oleh bangsa Het dari kerajaaan Hittites lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Kerajaan Hittites merupakan salah satu imperium termaju di dunia kuno yang berkuasa dari 1700 SM hingga 1190 SM.

Kapadokia adalah daerah yang memiliki keajaiban alam dengan lanskap unik, khususnya fairy chimney atau cerobong peri yang berbentuk seperti topi kerucut. Erupsi gunung-gunung merapi yang terjadi 2 milyar tahun lalu menghasilkan lapisan tuff lunak yang terbentuk dengan ketebalan 150 m oleh lava, menutupi lembah yang terkukung pegunungan. Sungai-sungai yang meluap membanjiri lereng bukit serta angin kencang mengikis formasi geologis batuan tuff di dataran tinggi ini sehingga lapisan tuff tersebut menjadi lapisan-lapisan yang menghasilkan bentuk aneh seperti cerobong peri menyerupai jamur yang runcing.

Cappadocia4

Fairy Chimneys – Cappadocia (source: onenationtravel.com)

Daerah ini merupakan tujuan wisata populer dimana banyak sekali tempat dengan ciri geologi, sejarah dan budayanya yang memukau seperti kota-kota bawah tanah, rumah-rumah besar yang terbuat dari batu, dan gua-gua bersejarah. Daerah dengan lembah, ngarai, dan formasi bebatuan unik yang terbentuk akibat hujan dan angin yang mengikis permukaannya selama ribuan tahun silam. Daratan yang tertutup lava berlokasi di antara Erciyes, Melendiz dan Hasan dimana para penduduk di masa itu memahat batu-batu dan menggali tanah untuk dijadikan tempat tinggal yang menghasilkan pemandangan yang sangat memanjakan mata.

Kota-kota dan tujuan wisata penting di Kapadokia antara lain Urgup, Goreme, Ihlara Valley, Selime, Guzelyurt, Uchisar, Avanos dan Zelve. Adapun kota-kota bawah tanah yang bagus untuk dilihat yakni Derinkuyu, Kaymakli, Gaziemir dan Ozkanak. Sementara rumah-rumah besar dan gua-gua bersejarah terbaik bagi para pelancong yaitu di Urgup, Goreme, Guzelyurt dan Uchisar.

Sebagai gambaran, salah satu kota bawah tanah yang populer yakni Ozkonak Underground City. Kota bawah tanah tersebut memiliki kedalaman hampir 11 tingkat ke bawah. Mayoritas bangunan di daerah tersebut terbuat dari batu yang sengaja dipahat pada zaman dulu kala. Tercatat penduduk yang tertampung di kota bawah tanah tersebut sebanyak 50.000 orang.

derinkuyu 1

Layout kota bawah tanah Derinkuyu, Cappadocia (source: costadelsolmagazin.com)

Keunikan daerah dan bangunan-bangunan gua yang terbuat dari batu ini membuat Kapadokia masuk dalam salah satu situs warisan dunia UNESCO lho sobat… Maha Besar Allah yang menciptakannya demikian.

Jika ingin menikmati puncak musim dingin dimana wilayah ini diselimuti oleh salju, sobat dapat berkunjung pada bulan Januari. Namun jika ingin menikmati seutuhnya, datanglah di puncak musim panas di bulan Juni, dimana pada saat ini kawasan ini akan sangat ramai sekali dengan pengunjung, karena merupakan musim liburan sekolah.

cappadocia-balloon

Musim dingin di Cappadocia (Source: Google)

Gimana sobat? Kece banget kan… Serunya lagi, penjelajahan ‘zaman batu’ dan pemandangan menakjubkan di daerah ini dapat kita nikmati dengan naik balon udara. Hmm… bersiaplah dengan pengalaman yang tak terlupakan dan bakal bikin ketagihan.

(Dari berbagai sumber)

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp