Menjadi Tour Leader, Mengajarkan Banyak Hal Kepada Saya

Menjadi Tour Leader, Mengajarkan Banyak Hal Kepada Saya

“Mengajarkan banyak hal”

Mungkin itu ungkapan yg tepat utk menggambarkan perasaan mbak Widya saat
menjadi Tour Leader Trip Umroh VIP + Turki tgl 26 April 2018 kemarin. Tanpa pengalaman
sebelumnya, mbak Widya memberanikan diri utk menjawab “Bismilaah, siap.” ketika diminta
budir Rihaal (Ibu Rita) utk menjadi TL.

Perlu sahabat ketahui, mbak widya ini adalah Duta Rihaal utk wilayah Sleman, Yogyakarta yang sebelum ditunjuk menjadi TL di Trip 26 April itu, beliau memang sudah terdaftar sebagai peserta trip.

Pengalaman Berkesan “Wah, banyak sekali” kata wanita kelahiran Magetan, Jawa Timur ini ketika ditanya oleh tim rihaal tentang pengalamannya yg paling berkesan selama memimpin rombongan. “Mulai dari mengelola emosi dan situasi ketika ada hal-hal yg tidak berjalan sesuai rencana, belajar melakukan komunikasi positif dng jamaah, menjaga semangat agar tetap ceria ketika kelelahan mendera, hingga belajar utk tegas tapi tetap sopan ketika menghadapi perilaku jamaah yg berpotensi menghambat kelancaran perjalanan.

Namanya juga pergi dengan banyak orang dengan karakter yg berbeda-beda, sebagai TL memang kita harus tegas. Contoh paling sederhana, ketika ada jamaah yg hobi swafoto, harus sering kita ingatkan agar tidak lupa waktu. Atau ada jamaah yg perfeksionis tapi gerakannya lambat, harus kita ingatkan agar tetap melihat jam ketika dia akan melakukan sesuatu” tuturnya.

“Lelah gak mbak ?” tanya tim rihaal. “Banget ! Tapi semua itu terbayar dengan keindahan destinasi yg kita kunjungi selama di Turki. Tour Guide lokal yg sangat profesional juga sangat membantu saya dalam mengelola peserta.

Saya hanya perlu menguatkan kembali pengaturan-pengaturan yg beliau buat utk peserta, demi kelancaran perjalanan kami sendiri” Perlu sahabat ketahui, rombongan 26 april ini adalah rombongan pertama dari Rihaal yg berhasil menaiki Hot Air Balloon di Cappadocia. Alhamdulillah…akhirnya, setelah sekian banyak trip, akhirnya ada yg berhasil juga ! ^-^

Kapok jadi TL ?

“Sama sekali tidak . Malah semakin bersemangat utk jadi TL lagi. Tentu saja pengalaman kemarin menjadi input yg sangat berharga bagi saya agar bisa semakin baik lagi dalam melayani jamaah”

Pesan utk sahabat rihaal :

“Yuk, ikutan trip-trip yg dipersembahkan oleh Rihaal. In Syaa Allah, semua indah ! Apalagi trip

Turki ya… saya aja pingin balik lagi kesana. Masih banyak yang belum saya kunjungi. Doainyaa….sahabat semua, moga-moga kita bisa bareng-bareng mengeksplore keindahan ciptaan Tuhan di Turki, dan menjadikannya sebagai sebuah momentum untuk menjadi hamba yg

pandai bersyukur” tutup mbak widya. Waaaah….Amiin ya Mbak !

177 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini