Menilik Pesona Kusadasi

Menilik Pesona Kusadasi

Kota Kusadasi, Turki (source: cheria-travel.com)

Bismillah… Dear sobat traveler lover, back to Turkey again 😀

Pesona Turki memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Kali ini mari beranjak ke kota sebelah yang tak kalah populer dan mempesonanya, yakni Kusadasi. Sebuah kota yang akan memanjakan kita dengan pemandangan pantainya yang eksotis. Kota ini memiliki banyak destinasi wisata pantai dengan pasir putih seperti tepung, suhu dan air yang hangat, serta suasana yang nyaman dan damai untuk sejenak melepaskan penat. Juga memungkinkan para pelancong untuk memainkan berbagai macam fasilitas seperti selancar angin, ski air, berlayar, voli pantai atau sekadar berjemur menghangatkan badan sembari menunggu sunset tiba. Hmm, asyik banget ya…

Dari letak geografis, Kusadasi merupakan sebuah kota yang terletak di wilayah pantai barat (sekitar 90 kilometer dari kota Izmir), Provinsi Aydin di kawasan Aegena, Turki. Kota ini merupakan kota resor populer sebagai tujuan wisata pantai dan juga pelabuhan untuk penumpang kapal pesiar menuju  Kota Efesus (kota Yunani kuno). Terdapat sebuah pulau kecil yang bernama Guvercin Adasi atau Pigeon Island yang dapat diseberangi melalui jembatan penghubung pendek dari kota tersebut. Keunikan yang dimiliki pulau tersebut yakni terdapat bangunan yang berbentuk istana dengan gaya abad pertengahan. Di sana sobat akan mendapatkan suasana yang romantis nan memanjakan mata dengan taman bunganya yang indah.

Bagaimana akses menuju Kusadasi? Ada beberapa pilihan sobat…

Melalui pesawat udara, di kota ini terdapat dua bandara internasional utama, yakni Izmir International Airport (ADB) yang terletak sekitar 80 km dari Kusadasi dan Bodrum Airport (BJV) yang jauhnya sekitar 130 km. Pilihan yang tersedia menuju Kusadasi dari kedua airport tersebut yaitu dengan menggunakan jasa antar pribadi atau menyewa taksi setempat.

Adapun akses jalur darat antara lain bisa dengan mobil atau bus. Jalan yang bisa ditempuh ke Kusadasi dapat melalui jalan utama dari Istanbul, Cappadocia atau Antalya. Pilihan lainnya dapat pula dari Aydia lewat kota Soke di selatan  atau Izmir lewat Selcuk di utara. Sedangkan perjalanan dengan bus dapat ditempuh dari terminal bus manapun yang melayani banyak operator dari berbagai wilayah di Turki. Setiap harinya tersedia bus reguler yang melayani rute Izmir dan Kusadasi. Di musim dingin bus beroperasi setiap jam dan di musim panas setiap setengah jam sekali dengan lama perjalanan sekitar 1 jam 15 menit.

Selain itu, terdapat pula akses perjalanan dengan menggunakan kapal laut. Tentu ini sangat menarik sekali sobat, karena kita akan dimanjakan pemandangan yang memukau baik dari laut, pantai maupun daratan yang ada. Jalur kapal laut dapat ditempuh dari pulau Yunani – Samos dengan kapal layar atau feri. Tersedia dua feri setiap harinya dari Samos ke Kusadasi selama musim sibuk dengan jadwal berangkat pukul 08.30 pagi dan 17.00 sore. Jadwal keberangkatan dapat berubah tergantung musim, cuaca dan kondisi laut. Pastikan sobat mengecek jadwal keberangkatan sebelum bepergian.

Apa saja yang akan sobat dapatkan dengan mengunjungi kota ini selain wisata pantainya? Ada beberapa pilihan, antara lain main ke istana yang ada di pulau burung (Pigeon Island) dan menggali sejarah yang ada di sana, menikmati pemandangan kota yang memukau dengan pelayaran kapal pesiar, ada juga fasilitas snorkling atau diving dengan keindahan bawah lautnya, atau berbelanja oleh-oleh untuk orang terdekat di pasar tradisional yang ada dengan harga yang terjangkau. Eits, jangan lupa untuk selalu mengambil nilai positif dari apa yang sobat temukan di sana lalu sebarkan kebaikannya.

Menarik sekali bukan? Pastinya dong. Yukk, catet ya sobat…

Yups, yang pastinya patut sobat ketahui bahwa Kusadasi hanya salah satu ikon destinasi wisata dari sebuah negara maju yang bernama Turki. Para pelancongnya ramai dari kalangan Eropa dan Barat. Pokoknya jangan lewatkan pesona kota-kota yang ada di negara ini. Masih banyak yang lainnya loh. So, keep stay tune ya…

(Dari berbagai sumber)

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp