Mengenal Bursa: Kota Kecil Bersejarah Nan Mempesona

Mengenal Bursa: Kota Kecil Bersejarah Nan Mempesona

Ikon Kota Bursa, Masjid Ulu Camii (Source: gezipgordum.com/bursa-ulu-camii)

Bismillahdear sobat pecinta perjalanan, kemanapun perginya kaki kita, jadikan bermakna di setiap langkahnya. Jadikan perjalanan itu kaya makna, menangkap segala fenomena yang ada sebagai hikmah dan pelajaran sehingga dapat terus menambah kebaikan. Sebarkan manfaat yang didapat, semoga kelak menjadi syafa’at

Kali ini mari menjelajah ke belahan bumi Allah di mana kekhalifahan Islam pernah berdiri di sana dan sobat tentu sudah tidak asing lagi, yakni Negara Turki. Mari mulai penjelajahan kita di Bursa. Sebuah kota yang mempesona, salah satu destinasi utama para travel lover yang berkesempatan berkunjung ke sana. Kota ini terletak di bagian barat Turki dan merupakan kota yang terdekat dari ibukota Ankara. Warga setempat sering menyebut kota ini dengan Green Bursa karena banyak tanaman-tanaman hijau yang tumbuh menghiasi wilayah tersebut. Hal ini karena Bursa juga terletak di dataran tinggi.

Dilihat dari sisi sejarahnya, kota Bursa didirikan oleh Prusias, yaitu Raja Bythania pada tahun 230-192 SM. Nama Bursa diambil dari nama sang raja (orang yang pertama berkuasa di wilayah tersebut) setelah lepas dari kekuasaan Persia, Yunani, Romawi dan Byzantium.

Kota Bursa memiliki posisi penting dalam sejarah Kekhalifahan di Turki. Kota ini ternyata pernah menjadi ibukota pertama Kesultanan Utsmaniyah pada tahun 1326-1365 M. Sebelum Konstantinopel direbut oleh Sultan Mehmed II atau Muhammad Al Fatih pada tahun 1453 M, Dinasti Utsmaniyyah memiliki ibukota lain yakni Bursa dan Edirne. Bursa menjadi ibukota pertama setelah Orhan, putra Osman Gazi (sang pendiri dinasti) merebutnya dari Kekaisaran Byzantium pada tahun 1326 M. Menjadikannya salah satu dinasti kekhalifahan Islam yang paling berpengaruh di tiga benua selama enam abad lamanya.

Apa saja yang menarik di Bursa? Hmm, mari kita gali…

Di jantung kota Bursa terdapat sebuah masjid yang bernama Ulu Camii. Masjid ini terletak di bagian barat Ataturk Caddesi yang tepat berada di kawasan pusat kota Bursa. Bangunannya berbentuk persegi dan memiliki 20 kubah dengan gaya arsitektur Seljuk yang menjadi sultan pertama di Turki. Ciri utama gaya Seljuk yaitu tampak cukup sederhana dari luar namun memiliki ukuran yang luas didalamnya. (Masyaa Allah, bisa kita ambil filosofinya nih sobat…) Masjid yang beratapkan kubah ditopang banyak pilar lalu di bagian atas tengahnya terdapat sebuah jendela kaca agar cahaya matahari dapat masuk ke dalam ruangan.

Bursa-Ulu-Camii-3

Desain interior Masjid Ulu Cami, Bursa (source: gezipgordum.com/bursa-ulu-camii)

Selain masjid Ulu Camii, terdapat pula masjid lainnya yakni Yesil Camii yang artinya masjid Hijau. Masjid ini didirikan oleh Sultan Mehmed I pada tahun 1424 M. Arsitekturnya tak kalah menarik dari masjid Ulu Camii yakni memiliki keramik yang berwarna hijau kebiruan yang akan membuat kita terpukau saat melihatnya. Tepat di teras masjid tersebut terdapat tangga yang menghubungkan langsung dengan kamar Sultan Ottoman, namun akses masuknya tidak dibuka untuk publik.

Selanjutnya, tidak jauh dari masjid Yesil Camii (tepat di belakangnya) terdapat Bursa Turkish dan Islamic Art Museum. Bangunan museum dan sekolah tersebut masih dalam kompleks masjid Yesil Camii. Di museum ini sobat akan menemukan benda-benda seni yang bernilai sejarah.

Adapun di sebelah timur masjid Yesil Camii terdapat kompleks Masjid Emir Sultan. Masjid ini dibangun pada tahun 1805 M ketika Sultan Selim III memimpin wilayah tersebut. Pekarangannya dihiasi marmer dan terdapat pula kolam air mancur yang terbuat dari berbagai jenis bebatuan. Masjid sederhana ini dikelilingi tanaman yang memberi suasana sejuk dan damai.

yesil-turbe-1

Masjid Yesil Camii, Bursa (source: thalestour.com/en/turkei/bursa)

Tidak jauh dari kawasan hijau masjid, terdapat bangunan yang bernama Green Tomb (Yesil Turbe) yang berisikan makam. Di dalamnya terdapat makam Sultan Mehmed I dan Sultan ke 5 Dinasti Utsmaniyyah.

Selain masjid, destinasi wisata lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi di Bursa yakni kawasan puncak Gunung Uludag (disebut pula dengan Sublime Mountain) yang dapat dicapai dengan naik teleferik (cable car). Kawasan ini merupakan salah satu pusat olahraga musim dingin di Turki. Dijuluki Winter Wonderland yang menjadi pusat kegiatan musim dingin favorit masyarakat setempat maupun wisatawan untuk menikmati ski, snowboarding dan snowmobiling. Wahh… kebayang banget asyiknya ya sobat… 😀

10BURSA-ULUDAĞ

(Pict source:  www.myvillaturkey.com)

Sekitar 10 kilometer dari pusat kota, terdapat situs warisan dunia yang bernama Cumalikizik. Sebuah desa yang telah berumur lebih dari 700 tahun. Bangunan bergaya arsitektur Ottoman terbaik yang akan memukau sobat traveler semua. Selain itu, desa ini juga memiliki tradisi menjamu setiap pengunjung yang datang. So, pastikan sobat datang ke sana dalam keadaan perut kosong ya… 😀

Nah, sobat… Demikian sedikit gambaran pesona kota Bursa. Kebayang banget kan serunya… Sebenarnya banyak sekali hal yang bisa kita eksplor di kota ini. Tapi rasanya akan lebih seru jika kita langsung jelajahi ke sana. Iya kan? Iya dong, hehe… Bahkan sisa-sisa peradabannya saja betapa sedemikian mengagumkan, bagaimanakah jika kita benar-benar merasakan kehidupan di masa itu? Oh, Turki Utsmani… :’D

1,050 total views, 2 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini