Mengapa Allah Merahasiakan Malam Lailatul Qadar

Mengapa Allah Merahasiakan Malam Lailatul Qadar

Sobat Rihaal – pernahkah terlintas di fikiran sahabat semua tentang kapan sebenarnya malam Lailatul Qadar itu? Kenapa Allah sengaja merahasiakan malam seribu bulan tersebut?

Di beberapa kitab disebutkan jika lailatul qadar jatuh pada tanggal gasal di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. Tetapi, ada pula yang menyebut malam lailatul qadar datang di awal-awal Ramadan.

Apa itu Lailatul Qadar?

Lailatul Qadar adalah malam terbaik dari seluruh malam-malam bulan Ramadan. Bahkan, dalam Al-Quran disebutkan bahwa malam lailatul qadar itu lebih baik daripada 1000 bulan. Pada malam tersebut, malaikat-malaikat termasuk Jibril turun dengan izin Rabb-nya untuk mengatur segala urusan.

Malam itu penuh kesejahteraan sampai pada terbit fajar. Atas dasar Al Quran itulah umat Muslim mengharap bisa menemukan malam yang lebih dari malam 1.000 bulan itu.

Pada malam itu, umat Muslim berlomba-lomba menunaikan ibadah terutama solat agar bisa mendapatkan berkah dari malam lailatul Qadar. Sayangnya mereka tidak akan pernah tahu kapan malam lailatul qadar jatuh pada tanggal berapa.

Rahasia malam Lailatul Qadar

Syaikh Syihabuddin dalam kitabnya Risalah Nawadirul Hikayah menerangkan, Allah sengaja merahasiakan malam terbaik dari seluruh malam itu karena suatu hal.

Salah satunya agar manusia tidak terfokus pada malam itu saja dan melupakan malam-malam pada bulan Ramadan lainnya. Dengan sebuah rahasia, maka manusia akan giat menjalankan ibadah hingga malam lailatul qadar.

Kesimpulannya, Allah merahasiakan malam Lailatul Qadar supaya manusia terus bersungguh-sungguh pada setiap malam bulan suci Ramadhan, tanpa harus mengesampingkan malam-malam lainnya.

Karena itu, Anda disarankan untuk selalu bersungguh-sungguh beribadah setiap hari, terutama setiap malam bulan Ramadhan. Sehingga pada suatu malam saat beribadah, kita bisa menemukan indahnya malam yang lebih baik dari 1.000 bulan.

Pada malam itu, umat Muslim yang berdoa dengan sungguh-sungguh dan berhasil meraih cinta-Nya, maka dosa akan diampuni, doa dikabulkan dan semoga diberi kelimpahan pahala. Amiin

 

 

sumber : islamcendekia.com

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp