MELIHAT KEINDAHAN KOTA KONYA DARI ATAS BUKIT ALADDIN

MELIHAT KEINDAHAN KOTA KONYA DARI ATAS BUKIT ALADDIN

 

Turki merupakan destinasi wisata yang paling diminati wisatawan pada saat ini. Ada banyak destinasi yang bisa kita kunjungi disana. Salah satu adalah Kota Konya.

Kota Konya berada di sebelah selatan kota Turki.

Kota ini sudah dihuni sejak 3000 tahun sebelum masehi. Sebelumnya dikenal dengan nama Ikonium. Konya sempat menjadi pusat penyebaran agama Kristen sebelum datangnya Seljuk Turki di tahun 1069. Penduduk kota ini berjumlah 742.690 jiwa.
Konya merupakan kota yang identik dengan tokoh Sufi besar – Mevlana. Salah seorang tokoh yang terkenal dan menjadi ikon utama kota ini yaitu Maulana Jalaluddin Al-Rumi. Jalaluddin Al-Rumi adalah ulama dan sufi besar dari tanah Persia yang hidup di masa Kesultanan Seljuk.

Terkenal akan tradisinya yang kental, kota ini menjadi tempat yang konservatif dan religius. Terdapat juga Museum Arkeologi yang di dalamnya terdapat koleksi berbagai peninggalan dari zaman neolotik hingga romawi kuno yang menarik untuk di kunjungi. Karena lokasinya berada di tengah-tengah padang tandu Anatolia, kota ini juga menjadi salah satu pusat perdagangan penting di Jalur Sutera.
Banyak wisatawan yang mengatakan jika akses untuk menuju kota ini sangat mudah, sehingga banyak turis yang memilih untuk berkunjung ke Konya. Selain wisata religinya, di Konya juga banyak terdapat tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

•Bukit Alaaddin

 

 

 

 

 

 

 

 

Bukit Aladdin berada di dekat makam syamsi Tabriz. Bukit Aladdin menjadi saksi sejarah Kesultanan Seljuk.
Aladdin merupakan nama salah satu sultan yang memerintah di Kesultanan Seljuk. Di atas bukit inilah dahulu dibangun istana Kesultanan Seljuk
Letaknya yang strategis dan berada di ketinggian yang sesuai untuk mempermudah pengawasan terhadap kota Konya.
Selain istana, juga terdapat masjid peninggalan abad ke-13 dan masih digunakan hingga saat ini sebagai tempat untuk beribadah. Di sisi belakang masjid terdapat Sembilan makam dari para sultan Kesultanan Seljuk. Saat ini sedang dilakukan pengembangan dengan melakukan penggalian untuk mencari sisa-sisa peninggalan istana. Dari atas Aladdin Hill ini juga kita dapat melihat pemandangan Afra Kulesi (Afra Tower).
Bukit Aladddin menjadi salah satu wisata yang menarik juga untuk rekreasi keluarga, karena di bukit ini memiliki suasana yang nyaman, pepohonan yang sejuk, dan bunga-bunga bermekaran yang menghiasi jalan-jalan setampak menuju masjid. Hal ini yang membuat Aladdin Hill cocok untuk berlibur dan melepas penat.

• Museum Mevlana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seperti dijelaskan di paragraph sebelumnya jika salah satu yang menjadi daya Tarik kota Konya adalah Tarian Sufi. Dikisahkan seorang pujangga Turki yang terkenal yaitu Jalaluddin Muhamad Rumi atau biasa dipanggil sebagai Mevlana diundang ke Kota Konya oleh Sultan Seljuk. Kemudian Mevlana ini menyebarkan aliran Sufi kepada masyarakat Kota Konya.
Ciri khas dari Mevlana ini dalam menyampaikan ajarannya adalah dengan menggunakan tarian.
Tarian tersebut melambangkan keikhlasan seorang manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan dan bagaimana seorang manusia berputar melawan jarum jam sambil melafalkan kalimatullah agar bias mencapai kesempurnaan dalam setiap doa yang dilafalkan di dalam hati dan pikirannya.
Di museum dan sekaligus masjid ini kita dapat melihat makam yang sangat terawat dengan baik. Dapat juga melihat Al-Quran kuno dengan tinta emas, dan puisi-puisi Mevlana yang disimpan di dalam kotak kaca.
Sementara di beberapa bangunan museum, terdapat juga patung lilin yang dibuat menyerupai para Sufi waktu itu dengan tarian Sufinya.

Berikut penggalan puisi Mevlana yang terkenal :

Para raja menjilat bumi tempat pecan raya terjadi,
Karena Tuhan telah bercampur dalam bumi yang berdebu
Seteguk keindahan tercecap dari cawan pilihan-Nya
Inilah dia, cinta terkasih bukan bibir tanah liat ini
Yang kau ciumi dengan ratusan kenikmatan
Lalu kau bayangkan apa yang mesti terjadi bila dirimu suci.

 

Artikel Terkait : Yuk, Cari Tahu Cuaca yang Tepat untuk Berkunjung ke Turki

318 total views, 3 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini