Mau Umroh? Yuk Catat 5 Antisipasi Perubahan Cuaca Selama Disana

Mau Umroh? Yuk Catat 5 Antisipasi Perubahan Cuaca Selama Disana
sumber : info haji

Sahabat, saat ingin melakukan ibadah umroh ke Tanah Suci tentu harus menyiapkan berbagai hal, termasuk persiapan untuk mengantisipasi perubahan cuaca yang ada disana. Di Arab Saudi, suhu dapat berubah ekstrem antara siang hari dan malam. Dan bahkan suhu udara juga bisa jauh berbeda antara musim panas dan musim dingin.

Oleh karena itu, persiapan yang matang untuk memgantisipasi perubahan cuaca tersebut perlu sobat lakukan. Tujuannya agar para jamaah tidak kaget ketika sudah berada disana. Nah, kira-kira apa saja yang perlu sobat persiapkan? Yuk simak info berikut ini.

Cuaca di Mekkah Madinah

Dilansir dari berbagai sumber, suhu rata-rata di Arab Saudi berada di kisaran 40 derajat celcius. Sedangkan di malam hari, suhu udaranya bisa turun drastis hingga di bawah 10 derajat celcius. Belum lagi hembusan angin kering yang cenderung tak berhenti sepanjang hari.  Perubahan cuaca lebih ekstrem terjadi antara musim panas dan musim dingin.

Musim panas terjadi pada setiap bulan April sampai Agustus. Selama musim panas, suhu udara pada siang hari di Arab Saudi bisa mencapai kisaran 55 derajat Celcius. Dan terkadang disertai dengan angin kering dan debu yang berterbangan. Sebaliknya pada musim dingin, suhu udara berada di kisaran 20 derajat Celcius pada siang hari. Musim ini biasanya berlangsung antara bulan ktober hingga Januari.

Persiapan yang Perlu Dilakukan

  1. Olahraga

Olahraga merupakan latihan fisik yang wajib kita lakukan sebelum pergi umroh. Tujuannya agar stamina tubuh tetap fit dan prima menghadapi perubahan cuaca ekstrem disana. Selain itu, latihan fisik juga mempermudah kita dalam menjalankan serangkaian ibadah umroh seperti thawaf dan sa’i. Pilihan olahraga yang bisa dilakukan ialah jogging, lari cepat, gym dan berenang. Latihan fisik tersebut bisa dilakukan minimal 3 beberapa bulan sebelum keberangkatan.

  1. Asupan Makanan

Bagi sobat yang akan umroh, sebaiknya mulai mengkonsumsi makanan yang bergizi dengan kandungan karbohidrat dan protein tinggi. Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup. Tujuannya agar tubuh kita tidak mudah terserang penyakit dan tetap fit saat berangkat maupun selama menjalankan ibadah umroh.

  1. Pakaian

Saat umroh, jamaah laki-laki menggunakan pakaian ihrom dan perempuan menggunakan mukena. Antisipasi saat ada perubahan cuaca ialah bisa memilih kain ihrom yang menyerap keringat dan terasa adem. Kemudian saat city tour ke tempat-tempat disekitar mekkah madinah, sahabat bisa menyiapkan sejumlah pakaian yang nyaman dipakai selama perjalanan. Seperti jaket, syal, kaus kaki, dan lainnya.

  1. Obat-obatan

Bagian yang tidak boleh terlewatkan sebelum berangkat umroh ialah obat-obat pribadi. Bisa juga sebelumnya berkonsultasi dengan dokter terkait kesehatan kita dan obat apa saja yang perlu untuk dibawa. Siapkan juga pelembab untuk mencegah muka dan bibir mengelupas dan juga body lotion.

  1. Pemilihan Travel

Nah tidak kalah penting juga dengan poin-poin diatas. Pemilihan biro perjalanan umroh pun perlu diperhatikan. Pastikan biro umroh tersebut amanah dan terpercaya. Sobat, bisa meminta detail perjalanan seperti tanggal keberangkatan, maskapai, lokasi singgah, hingga hotel yang digunakan. Kemudian, sobat bisa cek berapa jarak hotel dengan lokasi-lokasi lain disekitar sana. Hal ini berguna untuk mempersiapkan kondisi fisik kita dengan jarak hotel yang mungkin jauh. Selain itu, hal diatas juga mencegah kita tertipu oleh biro umroh palsu. Karena itu, agar umroh sahabat lancar, pastikan sobat memilih Rihaal. Biro Umroh yang aman dan terpercaya J

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp