Mau Pergi Haji, Umroh, Atau Tempat Lainnya ? Ini Nih Bekal Terbaik Saat Bepergian.

Mau Pergi Haji, Umroh, Atau Tempat Lainnya ? Ini Nih Bekal Terbaik Saat Bepergian.

Berbicara tentang haji atau umroh tidak melulu loh kita membahas tentang ritual pelaksanaan haji dan umrohnya saja. Banyak hal dari haji dan umroh di segala sisinya yang perlu dibahas sehingga ritual haji dan umroh dapat benar-benar terlaksana dengan baik. Nah apa sih yang layak untuk diperbincangkan terkait masalah haji dan umroh selain dari ritual itu sendiri? Ada banyak pembahasan tentunya, dan di antaranya seperti: persiapan haji maupun umroh, apa yang perlu dibawa agar tidak terlalu menyulitkan, situasi dan kondisi di Saudi Arabia, memahami budaya lokal dan masih banyak lagi. Tak terkeculali pembahasan mengenai bekal kesehatan calon jemaah haji dan umroh.

Kenapa kesehatan penting untuk dibahas? Ya… karena ini salah satu bekal utama dalam pelaksanaan haji atau umroh. Untuk Hajim sebagaimana yang telah kita ketahui… Haji itu diwajibkan bagi yang “MAMPU“.  Definisi mampu itu seperti apa sih dalam melaksanakan haji? Yaitu…mampu secara financial sebagai bekal calon jemaah dan keluarga yang ditinggalkan dan mampu secara kesehatan bagi yang akan melaksanakan ibadah haji tersebut.

Nah maka dari itu… jangan pernah sepelekan unsur kesehatan ya…:)

Kalau saja unsur kesehatan disepelekan pasti akan banyak hambatan bagi jemaah itu sendiri. Dari mulai kelelahan, gampang terserang penyakit (dikarenakan kondisi tubuh yang kurang fit), bahkan hingga kematian. Semua kondisi ini sangat memungkinkan. Yap… sebagaimana diinformasikan nih sahabat. Setidaknya per tanggal 6 Agustus 2017 dikabarkan bahwa  sedikitnya ada 10 Jamaah (dr total jamaah Indonesia sekitar 55.993 jamaah yang telah tiba di Tanah Suci) telah meninggal dunia. Adapun penyebab dari meninggalnya saudara-saudara kita, tak lain karena penyakit. Atau jika dipersentasikan jumlahnya mencapai 95 % kalau mereka meninggal karena serangan jantung.

Semoga peristiwa ini dapat mengingatkan kita  semua ya sahabat…. untuk terus menjaga kesehatan kita. Karena bagaimanapun, tubuh kita juga merupakan titipan Allah Swt yang harus terus dijaga.

Ada sedikit tips kesehatan dari admin buat sahabat yang hendak menunaikan ibadah haji atau umroh. Beberapa di antaranya:

  1. Rutinkan minum air putih sebelum dan sesudah tidur. Air dalam kondisi hangat lebih baik.
  2. Rutinkan bangun lebih awal setidaknya 30 menit sebelum shubuh untuk melakukan sholat malam.
  3. Jangan biasakan tidur setelah shubuh. Rutinkan tilawah / membaca minimal 15 menit setelah sholat shubuh dan jalan pagi atau lari pagi setidaknya 30 menit setiap hari.
  4. Usahakan 5 sholat wajib di awal waktu
  5. Jangan lewatkan sarapan, makan siang dan makan malam. Diusahakan setiap yang dimakan mengandung tinggi serat dan gizi serta rendah gula dan karbo.
  6. Penuhi asupan mineral harian agar terhindar dari dehidrasi
  7. Usahakan jam tidur malam maksimal pukul 10 malam.

Nah. Kalau sudah ini diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Insyallah, kemampuan secara kesehatan terpenuhi.

Kalau sudah mampu secara financial dan kesehatan bekal lain yang tak kalah penting sebelum menunaikan ibadah Haji, Umroh atau dalam melakukan perjalanan lainnya adalah Takwa. Inilah sebagaimana yang ditunjukkan Allah dalam FirmanNya untuk seluruh umatNya. Agar nantinya kesempurnaan dalam melaksanakan ibadah haji maupun umroh dapat tercapai.

اَلْحَجُّ أَشْهُرٌ مَّعْلُوْمٰتٌۚ فَمَنْ فَرَضَ فِيْهِنَّ الْحَجَّ فَلَا رَفَثَ وَلَا فُسُوْقَ وَلَا جِدَالَ فِى الْحَجِّۗ وَمَا تَفْعَلُوْا مِنْ خَيْرٍ يَّعْلَمْهُ اللّٰهُۗ وَتَزَوَّدُوْا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوٰىۖ وَاتَّقُوْنِ يٰأُولِى الْأَلْبَابِ )١٩٧

Artinya: “(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji Segala yang baik yang kamu kerjakan, Allah mengetahuinya. Bawalah bekal, karena  sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. Dan bertakwalah kepada-Ku wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat(QS al-Baqarah: 197)

Kira-kira begitu sahabat bekal yang harus perlu diingat, dan dipersiapkan sebelum menunaikan Rukun Islam ke Lima. Untuk perbekalan lainnya… ya disesuaikan saja sesuai kebutuhan sahabat-sahabat. hehehe

Oiy, kalau Rihaal Umroh dan Edukasi biasanya mengadakan One Day Training sebagai bentuk pembekalan jemaahnya. Umumnya One Day Training diadakan sepekan sebelum keberangkatan jamaah. Adapun kontent yang dibahas di dalamnya tidak hanya pembekalan spiritual dan edukasi saja, namun juga banyak membahas terkait hal-hal teknis di lapangannya.

 

162 total views, 2 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini