MASJIDIL HARAM DAN KEISTIMEWAHANNYA

MASJIDIL HARAM DAN KEISTIMEWAHANNYA

Masjidil Haram terletak disebuah lembah Makkah.Saat ini, luasnya lebih dari satu juta meter persegi, yang terdiri dari tiga lantai, dan memiliki sembilan buah menara yang menjulang tinggi. Majidil Haram merupakan masjid terbesar di dunia diikuti dengan Masjid Nabawi di kota Madinah. Di hari biasa, Masjid ini dapat menampung lebih dari 730.000 jamaah setiap shalat berjamaah, dan lebih dari satu juta jamaah di musim haji.

Masjidil Haram tidak hanya dikenal sebagai masjid terluas dan terbesar. Namun, juga dikenal dengan keagungan dan keistimewahan. keagungan dan keistimewahannya dapat terlihat sebagaimana Allah menyebutkan kata “Masjidil Haram” di dalam al-Qur’an dan Hadits. Kata “Masjidil Haram” disebutkan di dalam al-Quran sebanyak 13 kali. Di antaranya disebutkan pada surat al-Isra’: 1:

سُبۡحَٰنَ ٱلَّذِيٓ أَسۡرَىٰ بِعَبۡدِهِۦ لَيۡلٗا مِّنَ ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡحَرَامِ إِلَى ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡأَقۡصَا ٱلَّذِي بَٰرَكۡنَا حَوۡلَهُۥ لِنُرِيَهُۥ مِنۡ ءَايَٰتِنَآۚ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلۡبَصِيرُ ١

Artinya: “Maha suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya[847] agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.” (Q.S. al-Isra’[17]: 1)

Masjidil Haram pada masa sebelum Islam merupakan tanah kosong yang sangat luas. Adapun batasan bangunan Ka’bah, meliputi rumah-rumah penduduk sekitar. Dan di masa Rasulullah Saw. pada saat Fathul Makkah, Rasulullah Saw. tidak merenovasi masjid ini, beliau hanya menyingkirkan patung-patung yang berada di sekitar Ka’bah. Perenovasian Masjidil Haram di masa Islam pertama kali dilakukan pada masa Umar bin Khattab ra. dengan melakukan perluasan lokasi masjid karena tuntutan kondisional, dimana jumlah jamaah haji yang semakin meningkat. Tidak hanya perluasan, Umar bin Khattab ra. juga membangun dinding- dinding di sekeliling Masjidil Haram, membuat pintu-pintu masuk, dan melapisi lantai tempat thawaf dengan batu-batu krikil. Renovasi tersebut diperluas sekitar 840 meter persegi, sehingga luas Masjidil Haram di masa Umar bin Khattab mencapai 2.840 meter persegi dari luas asal (di zaman Rasulullah Saw.) sekitar 2000 meter persegi.

Di masa Khalifah Utsman bin Affan ra. (tahun 26 H/ 696 M), dilakukan renovasi kedua, dengan memberi atap pada bangunan masjid dan diperluas sekitar 2.040 meter persegi, sehingga luas Masjidil Haram mencapai 4.880 meter persegi. Dan perenovasian dan perluasan bangunan Masjidil Haram terus menurus dilakukan dari masa ke masa. Bahkan hingga saat ini perluasan dan perenovasian masih dilakukan.

Keistimewahan Masjidil Haram

Masjidil Haram mempunyai keistimewahaan dibandingkan dengan masjid-masjid di seluruh dunia. Adapun keistimewahan Masjidil Haram, di antaranya adalah:

  1. Rumah Pertama Yang Dibangun Di Bumi

إِنَّ أَوَّلَ بَيۡتٖ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكٗا وَهُدٗى لِّلۡعَٰلَمِينَ ٩٦

Artinya: “Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia.”

  1. Sholat Di Masjidil Haram Lebih Utama 100 Ribu Kali

Sebagaimana sabda Nabi Saw. bahwa shalat di Masjidil Haram memiliki keutamaan yang sangat istimewah.

“Shalat di Masjidil Haram lebih utama 100 ribu kali shalat yang dilakukan di masjid-masjid lainnya” (HR. Ibnu Majah)

  1. Tempat Yang Lebih Utama Dikunjungi

Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah Saw. yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, bahwa:

“Janganlah suatu perjalanan (Rihaal) diadakan, kecuali ke salah satu dari tiga masjid berikut: Masjidil Haram, Masjid al-Aqsha, dan Masjidkku (Masjid Nabawi). (HR. Bukhari)

yuk akhuna fillah, sebelum berjalan-jalan ke bumi Allah yang lainnya. Rihaal dulu ke bumi Allah yang paling disayanginya. agar dapat merasakan keistimewahannya.

untuk info lebih lanjut dapat menghubungi: Ust. Agus Muhammad 0812 2700 8844

45 total views, 1 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini