MASJID AL-FATIH

MASJID AL-FATIH

 

Masjid al-Fatih atau dalam bahasa Turki disebut Fatih Camii, merupakan salah satu masjid megah yang dibangun pada masa Kesultanan Turki Utsmani. Masjid ini dibangun untuk mengenang jasa Sultan Muhammad al-Fatih ini terletak di Distrik Fatih, Istanbul. Masjid al-Fatih ini merupakan salah satu contoh terbesar arsitektur Turki-Islam di Istanbul dan mewakili tahap berpengaruh dalam perkembangan arsitektur Turki klasik.

Kompleks Masjid al-Fatih merupakan bangunan keagamaan dan Sosial yang belum pernah ada sebelumnya, dengan ukuran dan kompleksitasnya, kompleks yang dibangun antara tahun 1463- 1470 atas perintah Sultan Muhammad al-Fatih ini membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi. Mesjid ini dibangun pada situs bekas Gereja Rasul Suci Kekaisaran Bizantium, yang dulunya pernah mengalami kerusakan hebat akibat Perang Salib IV, kemudian sisa bangunannya dihancurkan untuk dibangun kembali menjadi Masjid al-Fatih. Masjid ini dibangun oleh seorang arsitek kenamaan Turki Utsmani, yaitu Atik Sinan.

Masjid al-Fatih merupakan proyek monumental pertama dalam Kesultanan Turki Utsmani di bidang Arsitektur. Kompleks asli masjid ini terdiri atas beberapa bangunan penunjang. Bangunan-bangunan tersebut sengaja dibangun untuk melengkapi fasilitas masjid. Di antara bangunan tersebut adalah madrasah, perpustakaan, rumah sakit, karavanserai, pasar, toilet, sekolah dasar dan dapur umum (imaret) yang menyajikan makanan bagi orang miskin.

Ketika pertama kali dibangun, kompleks masjid al-Fatih, meliputi wilayah seluas 325 meter, yang berada disepanjang sisi Golden Horn, di jalan Fevzivasa. Namun, pada tahun 1509 terjadi gempa yang cukup besar yang mengakibatkan kerusakan pada sebagian besar bangunan masjid, tidak lama setelah itu, masjid kembali diperbaiki. Dan pada tahun 1557 dan 1754, gempa kembali terjadi. Pemerintahan Turki Utsmani pun harus memperbaikinya agar bisa digunakan kembali. Gempa kembali mengguncang Turki tepat pada 22 Mei 1766, dan kubah utama Masjid al-Fatih rubuh dan dinding yang pernah diperbaikinya rusak parah. Sehingga, pada akhirnya Masjid ini dirobohkan dan dibangun kembali dengan rancangan yang sangat berbeda dari bangunan sebelumnya. Masjid ini diselesaikan pada tahun 1771, oleh arsitek bernama Mimar Mahmed Tahir, di bawah perintah Sultan Mustafa III.

Sebagaimana masjid-masjid Turki Utsmani lainnya yang terdapat di Istanbul, Masjid al-Fatih ini dirancang sebagai Kompleks dengan struktur bangunan yang mendekati fasilitas keagamaan dengan fasilitas sosial. Di kompleks Masjid ini, terdapat delapan bangunan madrasah (Universitas), empat di sebelah utara masjid dan empat sisanya di sebelah selatan. Tiap- tiap gedung yang berbentuk simetris ini dilengkapi dengan empat asrama mahasiswa. Jadi, total bangunan yang berada di dalam kompleks Masjid al-Fatih adalah sebanyak 18 bangunan. Oleh karena itu, Masjid al-Fatih mampu menampung mahasiswa sebanyak seribu orang.

Terdapat pemakaman (turbe) yang cukup luas tak jauh dari Masjid al-Fatih. Terdapat nama tokoh yang dimakamkan di pemakaman ini, di antaranya adalah Ibu dari Sultan Mahmud II, yaitu Naksh-i Dil Sultana. Terdapat pula pemakaman di belakang bangunan Masjid al-Fatih. Di antara tokoh yang di makamkan di pemakaman ini adalah Sultan Muhammad al-Fatih dan istrinya, Gulbahar Hatun. Makam Sultan Muhammad al-Fatih terlihat sangat indah dengan interior yang dihiasi dengan hiasan mewah. Sedangkan makam Gulbahar Hatun terlihat cukup sederhana. Selain itu, terdapat pula beberapa makam pejabat negara terkemuka, seperti Usman Nuri Pasya.

Bangunan lain yang terdapat di kompleks Masjid al-Fatih adalah perpustakaan yang dibangun pada tahun 1724. Perpustakaan ini dibangun dengan dua pintu utama, satu pintu dapat diakses melalui jalan, satu pintu lagi dapat di akhses melalui masjid. Dan sampai saat ini perpustakaan Masjid al-Fatih masih terus mengalami perbaikan. Koleksi buku di perpustakaan ini dikelola oleh perpustakaan Masjid Raya Sulaiman.

Penasaran sama masjid ini? yuk. ikut trip kami bulan April 2017. Umroh plus Turki bersama Ust. Agus Muhammad.

untuk info lebih lanjut bisa hubungi: Ust. Agus Muhammad 0821 2700 8844

819 total views, 18 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini