Mari Menyambung Ukhuwah, Agar Lebih Dekat dengan Baitullah

Mari Menyambung Ukhuwah, Agar Lebih Dekat dengan Baitullah

Sobat Rihaal – Seperti yang kita ketahui jika manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Karena dalam kehidupan sehari-hari manusia selalu hidup dalam keadaan saling membutuhkan. Agama Islam pun sangat memerhatikan hal ini, dengan menganjurkan untuk senantiasa berbuat baik dan menyambung tali silaturahmi.

Banyak cara untuk untuk menyambung tali silaturahmi. Bisa dengan cara berziarah, saling memberi hadiah, berkunjung ke rumah saudara, atau dengan yang lain. Meskipun saat ini kita juga sudah dimudahkan dengan kecanggihan teknologi berupa smartphone, yang hanya dengan chatting, video call, dan telfon kita sudah bisa terhubung dengan saudara kita dimanapun mereka berada. Tetap saja, akan terasa berbeda ketika kita bisa bertemu langsung, dan saling mengobrol.

Mengapa Silaturahmi itu Penting?

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah dia menyambung hubungan silaturahim.” (HR. Bukhari no. 5787). Dari hadits diatas, bisa disimpulkan jika salah satu keutamaan dari silaturahmi adalah sebagai bentuk keimanan kita.

Kemudian, dengan silaturahmi kita juga bisa mendapatkan keberkahan umur dan rezeki. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Barangsiapa yang senang diluaskan rizqinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung hubungan silaturahim.’” (HR. Bukhari no. 5986 dan Muslim no. 2557)

Pada pertengahan tahun 1970-an, sosiolog Harvard bernama Mark Granovetter mempublikasikan karyanya mengenai cara orang mendapatkan pekerjaan. Yaitu mayoritas orang mendapat pekerjaan melalui koneksi pribadi. Umumnya koneksi tersebut bukan teman atau saudara dekat, tetapi lebih ke teman atau saudara jauh yang efektif dalam memberi informasi pekerjaan. Nah, salah satu cara kita mendekatkan teman atau saudara jauh tersebut, tentu saja dengan bersilaturahmi.

Rihaal Go to Indonesia Raya

Dilatarbelakangi dengan keutamaan dari silaturahmi itulah, yang kemudian membuat Rihaal terinspirasi untuk membuat acara “Rihaal Go To Indonesia Raya”. Tujuannya adalah untuk menyambung ukhuwah dengan seluruh sahabat Rihaal di Indonesia. Tidak hanya itu, silaturahmi ini juga diharapkan mampu mendekatkan kita dengan Baitullah.

Rencananya, Rihaal akan berkunjung ke seluruh daerah di Indonesia, yang mana daerah tersebut merupakan lokasi dari duta-duta Rihaal. Seperti daerah di sekitar Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, dan lainnya. Kapan? Insha Allah akan segera dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan bulan Agustus.

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Chat di WhatsApp