Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan

Nggak kerasa ya… Sebentar lagi Ramadhan Datang. Loh kok tau???

Zaman dulu, untuk mengetahui ciri-ciri kedatangan bulan Ramadhan mungkin hanya mengandalkan ru’yatul hilal (atau melihat bulan) sebagai penentu masuknya bulan baru, ataudalam hal iniadalah bulan Ramadhan. Demikianlah yang dilakukan oleh Rasulullah Saw, sahabat, tabi’in, tabi’ at-tabi’in dan para ‘alim penerusnya. Namun pada perkembangannya, aroma kedatangan Ramadhan sudah tidak lagi sulit untuk dirasakan, kedatangannya sudah dapat dirasa bahkan satu bulan sebelumnya, meskipun metode dengan menggunakan ru’yatul hilal dalam menentukan awal Ramadhan masih digunakan. Dan metode ini tentunya akan terus digunakan, karena inilah yang diperintahkan.

إذا رأيتم الهلال فصوموا, وإذا رأيتموه فأفطروا, فإن غم عليكم فاقدرواله

Artinya: “Jika kalian melihat hilal (bulan Ramadhan), maka berpuasalah. Jika kalian melihat hilal (bulan Syawal), maka berbukalah (berhari rayalah). Jika tidak terlihat, maka genapkan lah (bulan Sya’ban menjadi tiga puluh hari). (HR. Bukhari dan Muslim)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa dengan kemajuan dan perkembangan segala aspek, identifikasi akan datangnya bulan Ramadhan sudah tidak lagi sulit, sudah tak perlu lagi menunggu sampai penentuan awal bulan. Hanya dengan mengamati sekitar insyallah sudah dapat memastikan bahwa sebentar lagi Ramadhan datang. By the way bukan pak haji Ramadhan loh yang lagi kita bicarakan. Tapi Bulan Suci Ramadhan yang dinantikan oleh umat muslim sejagad alam. Hehhee

Setiap daerah atau bahkan Negara tentu mempunyai cirinya masing-masing dalam menyambut kehadiran bulan Ramadhan. Dan untuk di Negara kita Indonesia ini, ciri –ciri atau indikator yang menunjukkan bahwa sebentar lagi akan tiba bulan Ramadhan adalah sebagai berikut:

  1. Masuknya Musim Panas

Tidak bisa dipastikan apakah Ramadhan akan selalu tiba tepat saat terjadinya musim panas di suatu negara atau daerah. Namun, di Indonesia sendiri, Ramadhan sering kali terjadi dengan masuknya musim panas. Memang sih, puasa saat musim panas itu istimewah perjuangannya. Karena akan sangat terasa pengorbanannya. Tidak hanya terik matahari yang menyengat, tapi juga waktu siang akan semakin panjang dan rasa dahagapun tak terelakkan. Akan tetapi, pengorbanan ini tentunya tak akan pernah sia-sia… lihat saja nanti hasilnya. 😀

  1. Iklan sirup dan berbagai makanan dengan tema puasa atau berbuka

Nah ini, hal yang pasti dan berulang di setiap tahunnya adalah iklan sirup dari berbagai merek akan bermunculan, bagai kelelawar yang mulai berkeliaran saat siang berganti petang. Hehehe…

Ya… seperti inilah kurang lebih gambaran iklan sirup, bahan baku makanan serta makanan-makanan cemilan yang bermunculan ketika puasa akan datang. jangan sampai tergoda loh ya…. dan tahan mental.

Pokoknya nggak perlu disebutkan mereknya satu-satu, nanti disangka iklan (mending kalo diendorse). Lagi pula kalian juga tau kan? heheh

  1. Buah kurma, baju muslim, dan perlengkapan ibadah sudah mejeng di pusat pusat perbelanjaan

Ketika kita berkunjung ke pusat-pusat perbelanjaan di hari-hari biasa atau bulan biasa pasti sulit untuk menemukan tenant di pusat pembelanjaan yang menyediakan kurma, baju-baju muslim, atau perlengkapan ibadah. Kecuali kita pergi ke toko yang memang khusus menjual produk yang disebutkan tadi.

Nah…kesulitan tadi, tak berlaku lagi ketika akan tiba bulan Ramadhan. Dihampir seluruh pusat pembelanjaan pasti banyak tenant-tenant yang menyediakan produk-produk tersebut. Bahkan beberapa brand fashion tertentu (dan tidak sedikit) sengaja membuat dan melaunchingkan collection fashion muslim khusus bulan Ramadhan.

  1. Mulai bermunculan lagu dan sinetron religi

Dan yang terakhir, yang sering ditunggu oleh ibu-ibu sebagai teman memasak atau menunggu waktu berbuka adalah sinetron religi. Selain sinetron banyak artis pop juga yang merelease single religinya menjelang Ramadhan.

Sebagian memang memprodusenya karena untuk keperluan soundtrack sinentron dan film, sebagian lagi sengaja untuk meramaikan saja. 😀

Dan tak sedikit pula bermunculan ustadz gaul muda, yang juga mungkin merelease single religi atau ikut main sinetron religi. No offense loh ya…

Seringnya sinetron ini dimulai dari sebelum berbuka sampai waktu isya tiba. Boleh-boleh saja untuk menyaksikannya, tapi jangan sampai terlena ya, sampai-sampai meninggalkan shalat taraweh (yang hanya dapat dilakukan di bulan Ramadhan) dan ibadah-ibadah lainnya. sangat disayangkan kalau ini terlewatkan.

Inilah sebagian dari ciri-ciri yang dapat menjadi indikator akan tibanya bulan Ramadhan. Nah kalau mau ditambahin, tambahin di kolom komentar ya…..

 

1,393 total views, 3 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini