Makkah Royal Clock Tower, Proyek Raksasa di Sebrang Pintu Abdul Aziz

Makkah Royal Clock Tower, Proyek Raksasa di Sebrang Pintu Abdul Aziz

Sobat Rihaal – Saat berada di Kota Mekkah, pasti ada satu bangunan yang akan mencuri perhatian kita. Apa itu? Ialah Makkah Royal Clock Tower. Sebuah jam terbesar dan letaknya tertinggi se-jagad raya mengalahkan jam Big Ben di Inggris. Jam raksasa di atas gedung pencakar langit tertinggi dari Abraj Al-Bait dan terbuat dari tinta emas. Penasaran bagaimana sejarahnya? yuk simak penjelasannya dibawah.

Mekkah Royal Clock Tower

Merupakan sebuah jam raksasa di atas gedung pencakar langit tertinggi dari Abraj Al-Bait. Simbol utama dari proyek pembangunan tujuh tower ini resmi berfungsi pada awal Ramadhan 1431H. Makkah Clok Tower ini berfungsi untuk menggantikan posisi Greenwich Mean Time (GMT) yang telah berusia 126 tahun dan sebagai acuan dari 1,6 milyar penduduk muslim di seluruh dunia.

Fakta Menarik

Sebagai pengetahuan, lebar jam depan dan belakang dari Mekkah Clock Tower ini mencapai 43 meter sedangkan dua sisi lagi sekitar 43 dan 39 meter. Total berat jam tersebut adalah 36.000 ton. Untuk frame, menggunakan besi seberat 12.000 ton. Dan sebagai penggerak, menggunakan sekitar 21 ton motor penggerak.

Apabila di malam hari, jam raksasa ini akan terlihat berwarna hijau dari jarak 17 km, sedangkan di siang hari nampak berwarna putih, yang terlihat sampai jarak 11-12 km. Pasalnya, terdapat 21 ribu lampu dengan warna hijau dan putih.

Pendirian Burj Al-Bait

Bangunan Burj Al-Bait merupakan wakaf atas nama Raja Abdul Aziz, raja pertama pemerintahan Arab Saudi, dalam rangka mengenang jasa-jasa beliau dalam membangun Pemerintahan Arab Saudi. Bangunan Hotel setinggi 350 meter ini merupakan proyek atas perintah Raja Abdullah Aziz sebagai kontraktornya adalah Perusahaan lokal Saudi yaitu Bin Laden Grup.

Tujuan pembangunannya adalah sebagai sarana komersial yang keuntungannya digunakan untuk operasional Masjidil Haram. Gedung ini terdiri 160 lantai, tetapi yang dapat dihuni hanya sampai lantai 95. Terdiri dari empat lantai pertama merupakan pusat perbelanjaan, dan ruang konferensi, selanjutnya lantai ketujuh adalah hotel.

 

sumber : Ensiklopedia Peradaban Islam Makkah

114 total views, 6 views today

Komentar

Tutup Menu

Assalamualaikum, Silahkan bertanya informasi yang ada perlukan kepada kami.

Dapatkan Info Seputar Umroh Disini